10 Tips Jitu Mengendalikan Emosi

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
10 Tips Jitu Mengendalikan Emosi

Mengendalikan emosi menjadi sangat penting bagi setiap orang mengingat akan berdampak fatal dengan munculnya masalah yang lebih besar jika emosi tidak dapat dikendalikan. Dari hubungan sosial dengan orang-orang terdekat Anda, tetangga atau teman kerja. 

Lebih parah lagi kesehatan Anda pun dapat terganggu akibat tidak dapat dikendalikannya emosi. Mengendalikan emosi memang butuh proses latihan, mengingat ada sebagian orang yang merasa sulit untuk mengendalikan emosi mereka. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Cara Mengendalikan Emosi

Beberapa tips berikut mungkin dapat Anda coba untuk membantu mengendalikan emosi.

1. Berpikirlah terlebih dahulu sebelum berbicara

Penting untuk memikirkan terlebih dahulu akibat dari kata-kata yang mungkin Anda keluarkan ketika sedang marah. Jangan sampai akibat dari kata-kata Anda ada orang yang kemudian tersakiti dan akan menjadi penyesalan Anda di kemudian hari. 

Coba untuk mengambil waktu sejenak untuk menempatkan diri Anda dalam kondisi rileks. Kemudian berpikirlah apakah kata-kata yang mungkin keluar dari mulut Anda akan berdampak panjang pada hubungan sosial Anda dengan orang lain.

2. Ketahui berawal darimana penyebab kemarahan

Seharusnya kemarahan memiliki penyebab yang menjadikan emosi Anda muncul. Cari terlebih dahulu akar dari kemarahan Anda. Akan lebih baik jika Anda sudah tahu akar dari permasalahan sehingga kemarahan bisa sedikir Anda hindari. 

Namun jika Anda merasakan kemarahan tanpa ada alasan sama sekali, coba untuk konsultasikan dengan dokter terkait masalah tersebut.

3. Cari solusi terbaik untuk menyelesaikan amarah Anda

Pertama yang perlu Anda ketahui bahwa kemarahan tidak memberikan solusi apapun, malah justru akan memperkeruh kondisi. Mencoba memikirkan solusi dari kemarahan Anda justru akan lebih bermanfaat untuk menghindari dampak buruk yang bisa saja terjadi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

4. Luapkan kemarahan Anda setelah kondisi hati tenang

Dalam kondisi hati yang tenang maka akan lebih mudah pula Anda berpikir secara jernih. Perhatikan dan teliti terlebih dahulu masalah yang menyebabkan Anda emosi. Jangan sampai karena emosi yang tak terkendali mengakibatkan Anda keliru dalam mengutarakan maksud dari emosi Anda. 

Ini dapat berakibat ucapan atau ekspresi kemarahan Anda menyakiti orang lain tanpa menemukan solusi dari masalah yang Anda alami.

5. Hilangkan dendam dalam diri Anda

Berpikirlah jernih apakah dengan menyimpan dendam dapat memberikan dampak positif pada diri Anda. Hilangkan sifat-sifat negatif pada diri Anda. Jadilah individu yang pemaaf agar beban-beban masa lalu dapat segera Anda hilangkan. 

Memang tidak mudah untuk memaafkan masa lalu, akan tetapi dengan melatih diri menjadi pribadi yang pemaaf, akan menjadi langkah positif kita dalam meningkatkan kualitas diri.

6. Humor bisa menghilangkan ketegangan

Gunakan humor untuk mengurangi emosi dalam diri Anda. Karena semua masalah akan lebih mudah dihadapi dengan senyuman dan perasaan bahagia sehingga membawa situasi menjadi lebih positif. 

Pribadi yang humoris juga akan memberikan kebahagian kepada orang-orang di sekitarnya, sehingga mereka akan lebih nyaman dibandingkan dengan pribadi yang temperamental.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

7. Biasakan diri untuk menghargai orang lain

Ketegangan dan amarah muncul bisa dipicu karena kebiasaan mengkritik atau bahkan menyalahkan orang lain dan menganggap diri Anda lebih baik. Instropeksi diri terlebih dahulu sebelum memberikan penilaian kepada orang lain. 

Munculkan sikap hormat dan sopan santun Anda kepada orang lain meskipun Anda sedang dalam kondisi emosi sehingga hubungan Anda dengan orang lain tetap baik.

8. Healthy life

Lakukan aktivitas fisik secara rutin untuk menghilangkan stress yang mungkin diakibatkan kondisi pekerjaan. Coba untuk berolahraga rutin setiap hari seperti, jogging, jalan santai atau sempatkan waktu pergi ke gym. 

Dengan melakukan aktivitas fisik, emosi yang diakibatkan karena kondisi pikiran yang stres dapat dikurangi.

9. Latihan relaksasi

Kondisi apa yang membuat Anda merasa rileks? Membaca buku mendengarkan musik atau menulis. Atau coba untuk melakukan aktivitas relaksasi seperti deep breathing atau meditasi untuk mendapatkan ketenangan. Sempatkan diri untuk rekreasi agar beban-beban pekerjaan Anda berkurang.

10. Carilah waktu yang tepat untuk mencari bantuan

Tak perlu malu untuk mencari bantuan dalam mengendaikan emosi Anda. Terkadang orang lain dapat memberikan saran yang tepat untuk masalah kepribadian Anda, dengan begitu emosi yang tak terkendali dapat secara maksimal Anda kurangi dengan beberapa saran dari teman Anda.

16 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Dealing With Anger (for Teens). Nemours KidsHealth. (Accessed via: https://kidshealth.org/en/teens/deal-with-anger.html)
Controlling anger: Tips, treatments, and methods. Medical News Today. (Accessed via: https://www.medicalnewstoday.com/articles/162035)
Anger Management Techniques and Tips. WebMD. (Accessed via: https://www.webmd.com/mental-health/anger-management#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app