GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Tips Menghilangkan Mata Sembab Akibat Menangis

Dipublish tanggal: Agu 12, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 27, 2020 Waktu baca: 3 menit
Tips Menghilangkan Mata Sembab Akibat Menangis

Mengalami masalah dalam hidup seperti gagal lulus ujian, ditinggal pacar, atau diturunkan dari jabatan kantor dapat membuat seseorang mengalami kesedihan. Tidak peduli seberapa tangguh atau cengeng, maka seseorang bisa saja menangis untuk suatu hal. 

Menangis sendiri sebenarnya sangat bermanfaat bagi karena dengan menangis, maka tubuh akan melepas hormon adrenalin dan kortisol yang dapat meringankan stress menumpuk dalam sistem tubuh manusia. Setelah menangis biasanya seseorang akan merasa lega karena sudah melepas segala uneg-uneg dan emosi yang terpendam. Sehingga itulah saatnya untuk menghapus air mata dan kembali fokus untuk melanjutkan segala aktivitas sehari-hari. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Lalu, bagaimana caranya untuk menyiasati wajah yang membengkak, mata sembab, dan hidung merah berair? Biasanya kondisi tersebut akan terjadi sehabis menangis. Sebelum hal tersebut disadari oleh semua orang yang ada di sekitar dan menanyakan kondisi Anda, berikut ini beberapa tips cepat mengatasi mata sembab setelah menangis.

Tips mengatasi mata sembab setelah menangis

Sebagai tahap awal mengatasi mata sembab, lemaskan wajah dan biarkan sisa air mata yang mungkin masih tertahan mengalir. Tahan napas dan gerakkan berbagai ekspresi muka sedemikian rupa untuk menjaga agar tangisan tidak kembali kambuh, karena hal tersebut justru akan membuat wajah kemerahan dan sembab semakin parah.

Setelah tangisan sudah reda maka segeralah duduk tegak karena kalau membungkuk atau menutup wajah dengan tangan maka akan membuat cairan dan darah terkumpul di wajah. Selanjutnya, tarik dan hela nafas dalam-dalam dengan irama teratur. Seka sisa air mata yang ada di pipi, lalu buang ingus dengan kain lembut atau tisu.

1. Kompres dengan air dingin

  • Tuangkan air di dalam mangkuk sampai setengah, kemudian masukkan 4-5 buah es batu di dalam mangkuk tersebut
  • Ambil tisu atau kain dan celupkan ke dalam air es tersebut
  • Mulai kompres dari sudut bagian dalam mata, tekan ke bawah kulit sampai sudut luar mata. Pijat ringan selama 5 menit. 
  • Ulangi prosedur tersebut beberapa kali 

Anda dapat memijat dengan jari tangan atau menggenggam pecahan es batu kemudian pijat mata sembab dengan cara yang sama. Untuk mengurangi kemerahan pada mata, gunakan obat tetes mata generik. Gunakan 1 atau 2 tetes untuk masing-masing mata maka itu akan sangat ampuh dalam menghilangkan kemerahan di mata.

2. Kompres menggunakan teh

Teh celup dapat membantu menyempitkan pembuluh darah sehingga mampu mengurangi mata bengkak. Caranya hampir sama dengan mengompres dengan air dingin, yakni dengan menyelupkan dua kantong teh ke dalam air es kurang lebih selama sepuluh menit. Kemudian tekan ke kulit bawah mata sampai mencapai sudut luar mata. Silahkan pijat ringan selama 5 menit dan ulangi prosedur ini sampai beberapa kali. Kompres dengan kantung teh celup ini dapat membantu meringankan bekas sembab pada mata sehabis menangis karena kandungan kafein dalam teh.

3. Kompres dengan irisan kentang atau timun

Mengompres mata menggunakan irisan timun atau kentang merupakan cara klasik yang sudah turun-temurun dilakukan banyak orang. Potongan timun atau kentang segar ini ditempelkan di atas masing-masing mata. Biarkan kompresan irisan kentang atau timun tersebut berada pada mata selama 10-15 menit. Sama dengan teh celup, sensasi dingin dari timun akan mengencangkan pembuluh darah.

Timun juga mengandung antioksidan yang kuat yakni astrigen dan sifat hidrasi yang baik untuk kesehatan mata serta membantu mengurangi efek kantung mata. Sementara kentang mengandung enzim pencerah kulit yang disebut catecholase yang dapat mengurangi pembengkakan atau inflamasi yang terjadi pada mata sembap. Tetapi sebelum menempelkan irisan mentimun atau kentang, bersihkan dan cuci terlebih dahulu sampai bersih.

Baca Juga: Cara Mengobati Mata Bengkak Dengan Obat Rumahan

4. Kompres sendok

Apabila tidak memiliki waktu banyak dan tidak memiliki bahan di atas, maka sebelum kembali bertemu dengan orang lain setelah menangis, maka anda masukkan saja sendok bersih ke dalam freezer selama 10 menit. Lalu tekan sendok dengan lembut langsung ke mata, dimulai dari bagian dalam mata dan pijat mengarah bagian luar. Lakukan prosedur ini secara bergantian untuk setiap mata. Karena sendok yang dingin dapat membantu membuat pembuluh darah pada mata lebih rileks sekaligus membantu mengencangkan kulit di sekitar mata. 

27 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Use the nutrition facts label to reduce your intake of sodium in your diet. (2018). (https://www.fda.gov/food/nutrition-education-resources-materials/use-nutrition-facts-label-reduce-your-intake-sodium-your-diet)
Turbert D. (2019). What are eye allergies? (https://www.aao.org/eye-health/diseases/allergies)
Perry J. (2015). Eyelid bags and sags: Cosmetic rejuvenation for a more confident you. (https://my.clevelandclinic.org/health/transcripts/1742_eyelid-bags-and-sags-cosmetic-rejuvenation-for-a-more-confident-you)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app