Tips Memberitahu Orangtua Agar Berhenti Merokok

Berhenti merokok bisa menjadi sangat sulit bagi seseorang yang sudah kecanduan rokok, dan meyakinkan orang tua untuk berhenti merokok bisa terasa sangat canggung dan menakutkan. Berikut beberapa tips untuk membantu orang tua Anda berhenti merokok untuk selamanya.
Dipublish tanggal: Jul 13, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Tips Memberitahu Orangtua Agar Berhenti Merokok

Setiap tahunnya asap rokok telah menyebabkan lebih dari enam juta kematian di seluruh dunia, dari kematian tersebut, 600.000 diantaranya disebabkan oleh perokok pasif. Asap rokok juga kemungkinan penyebab dari 25 penyakit berbeda. 

Jika Anda adalah anak dari seorang perokok, maka ada alasan untuk mendorong orang tua Anda untuk berhenti, baik untuk kesehatan dan kesejahteraan mereka, serta untuk kebaikan Anda sendiri. 

Iklan dari HonestDocs
Dermal Fillers Treatment di Reface Clinic

Dermal Filler merupakan perawatan wajah yang berfungsi untuk memperbaiki area tertentu yang memang diperlukan. Misalnya, untuk membantu mengatasi kerutan, garis halus atau cekungan yang disebabkan penuaan, meratakan tekstur dan menghaluskan kulit, hingga menghilangkan bekas luka. Perawatan wajah ini dilakukan dengan menyuntikan cairan seperti asam hialuronat atau kolagen, maupun zat sintesis kebagian wajah yang bermasalah, Contohnya pipi,hidung,bibir,rahang,dagu,area sekitar muka, dan lainnya. Perawatan dermal filler akan menjadikan wajah menjadi lebih berisi sehingga keriput atau garis-garis halus jadi tersamarkan.

Dermal fillers treatment di reface clinic

Selain itu, seseorang yang telah memutuskan untuk berhenti merokok jauh lebih mungkin untuk berhenti ketika mereka mendapat dukungan dari teman dan keluarga.

Berhenti merokok bisa menjadi sangat sulit bagi seseorang yang sudah kecanduan rokok, dan meyakinkan orang tua untuk berhenti merokok bisa terasa sangat canggung dan menakutkan. Berikut beberapa tips untuk membantu orang tua Anda berhenti merokok untuk selamanya.

Minta orang tua Anda untuk berhenti merokok.

Langkah pertama dalam meyakinkan orang tua Anda untuk berhenti merokok adalah memberitahu mereka bahwa Anda ingin mereka berhenti merokok.

Meskipun keputusan untuk berhenti harus berasal dari perokok itu sendiri, namun mengetahui bahwa Anda berharap mereka untuk berhenti merokok maka mulailah berdialog dengan orang tua Anda.

Berikan alasan spesifik kepada orang tua Anda mengapa Anda ingin mereka berhenti, katakan jika Anda peduli dengan orang tua Anda dan ingin orang tua tetap sehat.

Ajak orang tua beraktivitas untuk mengalihkan pikiran dari merokok.

Undanglah orang tua Anda keluar bersama-sama yang dapat membantu mengalihkan pikiran mereka dari merokok. 

Iklan dari HonestDocs
Derma Filler Wajah Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk meninggikan hidung, membentuk dagu supaya lebih Vshape, membentuk bibir supaya lebih menawan, dan menghilangkan kantung mata. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Derma filler wajah di genese clinic

Pergilah bersepeda, berbelanja, makan di restoran baru, menonton film bersama, dan sebagainya, melakukan kegiatan yang menyenangkan yang Anda berdua dapat menikmati dapat memusatkan perhatian orang tua Anda jauh dari merokok.

Buat rumah Anda bebas asap rokok.

Dilarang merokok di bagian mana pun di rumah Anda, dan singkirkan segala sesuatu dari rumah yang dapat menyebabkan orang tua Anda ingin merokok seperti, rokok, baki abu, korek api, dan sebagainya. 

Cobalah untuk menghilangkan aroma asap rokok dari rumah Anda juga. Bersihkan pakaian, seprai, gorden, karpet, dan bahan lain yang dapat menyerap asap.

Tetap memberi semangat jika orangtua Anda kambuh setelah mencoba berhenti.

Sebagian besar perokok membutuhkan beberapa upaya sebelum berhenti merokok untuk selamanya, dan kambuh kembali ke pola merokok bukan merupakan suatu hal yang aneh. Tetap positif dan mendukung orang tua Anda jika kekambuhan terjadi. 

Biarkan orang tua Anda tahu bahwa Anda bangga pada mereka karena telah berusaha berhenti. Pastikan orangtua Anda tahu bahwa mereka tidak gagal, tetapi melakukan percobaan pertama yang mengesankan. 

Imbau Lah mereka untuk belajar dari pengalaman yang dapat membantu orang tua Anda untuk melihat bahwa mereka akan lebih siap pada saat mereka berusaha untuk berhenti merokok kembali.

Iklan dari HonestDocs
Derma Filler Wajah Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk meninggikan hidung, membentuk dagu supaya lebih Vshape, membentuk bibir supaya lebih menawan, dan menghilangkan kantung mata. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Derma filler wajah di genese clinic

 Tetap positif. Beri tahu orang tua Anda bahwa Anda percaya bahwa mereka memiliki kekuatan untuk berhenti merokok, bahkan jika mereka telah berusaha sebelumnya dan belum berhasil. Beri tahu orangtua bahwa Anda selalu ada untuk memberikan lebih banyak dorongan ketika dalam keadaan yang sulit.

Rayakan momen setiap orangtua Anda berhenti merokok

Setiap hari, minggu, atau bulan di mana orang tua Anda bebas rokok, beri tahu orang tua Anda betapa terkesannya Anda bahwa mereka dapat berhenti merokok. 

Untuk menunjukkan penghargaan tersebut, berikan orangtua Anda hadiah atau ajak orang tua Anda keluar kota sebagai hadiah atas prestasi mereka.

Hadiah-hadiah kecil sebagai dorongan dapat membantu orang tua Anda untuk mulai melihat berhenti merokok sebagai suatu langkah positif dalam hidup mereka. 

Dorongan bisa datang dalam berbagai bentuk seperti, kata-kata terima kasih, sebuah kartu ucapan, bunga, makan di restoran favorit mereka, nonton ke bioskop, dan sebagainya.

Carilah bantuan dari luar

Beberapa orang tua akan mengalami kesulitan serius untuk berhenti, apakah karena kebiasaan yang sudah mendarah daging, kecanduan yang mendalam, atau alasan emosional. 

Jika orang tua Anda ingin berhenti merokok, tetapi menghadapi hambatan sulit dalam melakukannya, cari bantuan dari luar untuk membantu mereka mengatasi masalah tersebut. Opsi yang dapat dilakukan mungkin termasuk:

  • Program berhenti merokok. Program tersebut dapat dilakukan secara langsung, online dan melalui telepon. Periksakanlah ke dokter, unit kesehatan setempat atau asosiasi kesehatan paru-paru.
  • Grup pendukung. Mintalah dokter untuk merekomendasikan kelompok pendukung perokok, atau tanyakan pada unit kesehatan setempat atau asosiasi paru-paru.
  • Gunakanlah sejumlah aplikasi untuk berhenti merokok yang tersedia di ponsel, tablet, dan perangkat orang tua Anda.

 

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Helping a Parent Who Smokes (for Kids). Nemours KidsHealth. (https://kidshealth.org/en/kids/folks-smoking.html)
How Do I Convince My Mom to Quit Smoking? - Smoking Cessation Center. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/specialists/behavioralhealth/binks/qa/mom-to-quit-smoking/index.aspx)
So Long, Cigarettes: How to Quit Smoking. Parents. (https://www.parents.com/parenting/moms/healthy-mom/quit-smoking/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app