Tips Jitu Agar Tidak Tergoda Kembali Merokok Setelah Berhasil Berhenti

Dengan sedikit pendidikan tentang apa yang diharapkan ketika kita berhenti merokok dan bantuan dari tenaga medis profesional, semua perokok dapat mendapatkan kebebasan dari ketagihan nikotin dan terbebas sepenuhnya dari kebiasaan tersebut. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda praktekan, jika Anda merupakan seorang perokok yang berniat untuk mematikan rokok Anda selamanya.
Dipublish tanggal: Jul 13, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 23, 2019 Waktu baca: 3 menit

Bagi sebagian besar perokok, pasti menginginkan untuk berhenti merokok. Bagi perokok yang sudah memulai untuk berhenti merokok, tidak jarang mereka tidak bisa mempertahankan kebiasaan berhenti merokok dan pada akhirnya kembali pada kebiasaan buruk tersebut.

Dengan sedikit pendidikan tentang apa yang diharapkan ketika kita berhenti merokok dan bantuan dari tenaga medis profesional, semua perokok dapat mendapatkan kebebasan dari ketagihan nikotin dan terbebas sepenuhnya dari kebiasaan tersebut. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda praktekan, jika Anda merupakan seorang perokok yang berniat untuk mematikan rokok Anda selamanya.

1. Kuncinya adalah sabar

Seseorang yang baru akan berhenti merokok mungkin berharap dapat mengatasinya dalam waktu sebulan. Walaupun terdengar sangat bagus, tetapi kenyataannya tidak seperti itu. 

Ketika kita berhenti merokok, kita mencoba untuk melepaskan kebiasaan yang telah dilakukan oleh kita selama bertahun-tahun. 

Kebiasaan yang telah dibangun bertahun-tahun akan sangat sulit untuk dihilangkan apalagi gejala sistemik dan mental yang dihasilkan oleh rokok yang dapat membuatnya menjadi jauh lebih sulit. 

Oleh karena itu, Anda harus bersabar untuk mencapai tujuan yang Anda inginkan.

2. Jangan terlalu memikirkan masa depan

Gejala penarikan nikotin akan muncul setelah kita mulai berhenti merokok. Jika Anda baru saja berhenti merokok, mungkin Anda akan berpikir mengenai merokok sepanjang waktu, dan Anda mungkin akan merasa khawatir bahwa Anda akan kehilangan rokok selama-lamanya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Ini disebut "pemikiran pecandu," dan hal ini sangat wajar dialami oleh semua orang yang merokok.

Jangan biarkan pemikiran seperti ini dengan mudah menyebabkan Anda kembali pada kebiasaan merokok. Jika Anda merasa panik tentang masa depan Anda yang bebas asap rokok, pusatkan perhatian hanya pada hari di depan Anda.

3. Jangan selalu berpikiran negatif

Dikatakan bahwa rata-rata orang memiliki sekitar 66.000 pemikiran pada satu hari tertentu dan bahwa dua pertiga dari pikiran tersebut adalah pikiran negatif. Mungkin tidak akan mengejutkan jika kita mengarahkan banyak dari pikiran negatif itu secara langsung pada diri kita sendiri. 

Mulailah memperhatikan pikiran Anda, dan singkirkan pikiran-pikiran yang dapat mengganggu Anda. Berhentilah meratapi hal-hal yang tidak dapat Anda ubah, seperti tahun-tahun yang Anda habiskan untuk merokok.

4. Rawatlah diri sendiri

Saat Anda memulai untuk berhenti merokok, Anda harus memperhatikan aspek hidup sehat yang lain, seperti :

1. Mengkonsumsi makanan yang seimbang

Tubuh Anda membutuhkan bahan bakar berkualitas baik untuk mengeluarkan racun yang terkandung dalam rokok dari sistem tubuh Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

2. Beristirahat Cukup

Kemungkinannya, efek penarikan nikotin akan membuat Anda merasa lelah selama beberapa minggu. Jika Anda lelah, jangan melawannya. Tidur lebih banyak jika Anda bisa.

3. Minum banyak air mineral

Air Mineral sangat membantu bagi seseorang yang ingin berhenti merokok. Banyak minum air dapat membantu Anda melakukan detoksifikasi lebih cepat dengan menjaga diri Anda tetap terhidrasi, Anda akan merasa lebih baik secara keseluruhan.

4. Berolahraga setiap hari

Olahraga bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental, dan ini merupakan cara lain yang baik untuk menghindari keinginan untuk merokok. Berjalan adalah latihan aerobik intensitas rendah yang merupakan pilihan yang baik bagi kita yang menjalani kehidupan yang tidak aktif. 

Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum memulai regimen olahraga baru.

5. Minumlah multi-vitamin setiap hari

Rokok menghabiskan banyak nutrisi bagi tubuh kita, jadi beri diri Anda suplemen multi-vitamin yang baik untuk beberapa bulan pertama saat berhenti merokok. Minum multivitamin setiap hari dapat membantu Anda mendapatkan kembali energi Anda lebih cepat.

5. Jangan berpikir “hanya satu batang”

Saat berhenti merokok, tubuh Anda akan mencoba untuk menipu Anda dengan pikiran “ hanya satu batang”. Namun Anda diharapkan untuk tidak tertipu. Satu-satunya cara untuk mencegah binatang buas “nikotin” adalah dengan menjauhkan segala sumber nikotin dari sistem Anda. 

Jika Anda memutuskan untuk terus merokok dan hanya merokok satu batang, atau hanya untuk satu malam, kemungkinan Anda akan kembali pada kecanduan nikotin dalam waktu singkat. Anda bahkan mungkin lebih banyak merokok daripada biasanya.

6. Ingat motivasi mengapa anda ingin berhenti

Anda berhenti merokok karena suatu alasan. Jangan biarkan waktu dan jarak dari kebiasaan mengaburkan pemikiran Anda. Tetap fokus pada tujuan utama kenapa ingin berhenti. Berhenti merokok adalah sebuah perjalanan. 

Lalui hari demi hari, dan Anda akan menemukan bahwa apa yang awalnya sulit, akan segera menjadi tantangan yang menyenangkan.

Selain 6 tips utama di atas, ada beberapa tips tambahan yang perlu Anda ketahui untuk mempertahankan kebiasaan Anda. Diantaranya :

  • Jangan terlalu keras pada diri sendiri
  • Jangan ragu untuk meminta bantuan
  • Jangan minum alkohol

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Motivations toward smoking cessation, reasons for relapse, and modes of quitting: results from a qualitative study among former and current smokers. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4199752/)
Quitting Smoking: How to Be Successful...and Stay that Way. WebMD. (https://www.webmd.com/smoking-cessation/staying-smoke-free-after-you-quit#1)
What to do if you relapse after quitting. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/quit-smoking/what-to-do-if-you-start-smoking-again/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app