Tips Ampuh Mengatasi Jerawat Membandel

Dipublish tanggal: Apr 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Agu 9, 2019 Waktu baca: 5 menit
Tips Ampuh Mengatasi Jerawat Membandel

Kulit Anda memiliki lubang kecil (pori-pori) yang dapat tertutup oleh minyak, bakteri, kulit mati dan kotoran. Jika hal ini terjadi, akan muncul komedo pada permukaan kulit Anda. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus, bisa jadi akan muncul jerawat di kulit Anda.

Menurut American Academy of Dermatology, jerawat adalah kondisi kulit yang banyak ditemui di Amerika Serikat. Meskipun bukan termasuk penyakit yang membahayakan, keberadaan jerawat yang parah dapat terasa sangat menyakitkan.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Munculnya jerawat dapat menyebabkan stress. Keberadaannya di wajah dapat mempengaruhi rasa percaya diri Anda. Jika dibiarkan dapat menyebabkan bekas jerawat berupa jaringan parut yang sulit dihilangkan.

Saat ini banyak pilihan perawatan untuk menghindari atau mengurangi komedo, jerawat dan bekas jerawat. 

Gejala

Jerawat ternyata bukan hanya ditemukan di wajah saja, namun di seluruh bagian tubuh. Umumnya jerawat ditemukan di wajah, punggung , leher, dada dan bahu.

Jika Anda memiliki jerawat, Anda mungkin bintik berwarna hitam atau putih di permukaannya. Kedua bintik hitam dan putih tersebut disebut dengan komedo.

Bintik hitam di permukaan kulit biasanya terbuka dan menjadi hitam karena mengalami oksidasi melanin (zat warna kulit) dengan udara. Sebaliknya bintik putih biasanya tertutup dan berada di bawah permukaan kulit sehingga warnanya tetap putih.

Ketika bintik hitam (komedo hitam) dan putih (komedo putih) merupakan lesi yang muncul pada jerawat, jenis lesi lain dapat terjadi juga. Lesi peradangan merupakan hal yang paling mungkin menyebabkan jaringan luka di permukaan kulit Anda. Berikut adalah beberapa jenis lesi peradangan:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31
  • Papula, benjolan berwarna merah yang disebabkan oleh peradangan atau folikel rambut yang terinfeksi;
  • Pustula, bintik merah kecil yang terdapat nanah pada ujungnya;
  • Nodula, benjolan padat kumpulan beberapa pustula yang menyakitkan di permukaan kulit Anda;
  • Kista, benjolan besar yang muncul di permukaan kulit dengan berisi cairan seperti nanah dan biasanya terasa nyeri.

Penyebab

Jerawat terjadi ketika pori-pori pada kulit Anda tertutup oleh minyak, kulit mati atau bakteri. Setiap permukaan pada kulit Anda yang terbuka disebut folikel. Folikel terdiri dari rambut dan kelenjar minyak.

Kelenjar minyak menghasilkan sebum atau minyak yang keluar melalui rambut dan permukaan kulit. Minyak atau sebum menjaga kult Anda tetap lembab dan lembut.

Jerawat disebabkan oleh satu atau lebih masalah pada pengeluaran minyak pada folikel. Hal ini dapat terjadi ketika:

  • Terlalu banyak minyak yang dihasilkan oleh folikel;
  • Kulit mati menumpuk dan menutup pori-pori;
  • Terdapat bakteri penyebab jerawat di dalam pori-pori.

Ketiga permasalahan ini berkontribusi pada munculnya komedo di permukaan kulit Anda. Komedo muncul ketika minyak terjebak di dalam pori-pori yang terinfeksi bakteri.

Beberapa orang percaya bahwa makanan seperti cokelat atau kentang goreng dapat menyebabkan jerawat. Namun tidak ada alasan ilmiah yang menjelaskan pernyataan ini. Terdapat beberapa factor yang menyebabkan munculnya jerawat yaitu:

  • Perubahan hormon yang diakibatkan oleh pubertas atau kehamilan;
  • Pengobatan tertentu, seperti penggunaan pil KB atau kortikosteroid;
  • Pola makan dengan gula tinggi atau karbohidrat, misalnya roti dan keripik;
  • Kedua orang tua juga memiliki jerawat.

Remaja merupakan yang paling beresiko menderita jerawat karena sedang dalam masa puber. Selama waktu tesebut, tubuh mereka sedang mengalami perubahan hormon yang drastis.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Perubahan ini memicu produksi minyak, yang meningkatkan resiko munculnya jerawat. Jerawat akibat perubahan hormonal dan berkaitan dengan pubertas biasanya akan mereda atau berkurang ketika menginjak dewasa.

Jika kamu memiliki gejala jerawat biasanya dokter akan mengonfirmasi diagnosa dengan memeriksa kulit Anda. Dokter Anda akan mengindentifikasikan jenis lesi dan tingkat keparahan untuk memberikan pengobatan yang tepat.

Perawatan

Perawatan sendiri di rumah

Anda dapat melakukan perawatan sendiri di rumah untuk mencegah terjadinya komedo dan jerawat. Perawatan jerawat tersebut dapat berupa:

  • Membersihkan kulit Anda setiap hari dengan sabun lembut untuk menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran;
  • Membersihkan rambut secara teratur dan menjaga agar tidak menutupi rambut;
  • Menggunakan makeup yang mengandung kadar air atau berlabel non komedogenic sehingga tidak menutup pori-pori;
  • Tidak memencet atau memegang komedo, hal ini dapat membuat bakteri dan kelebihan minyak menyebar;
  • Tidak menggunakan topi atau penutup kepala yang ketat;
  • Tidak menyentuh muka dengan tangan yang kotor.

Obat jerawat di apotik

Jika perawatan sendiri tidak cukup membantu mengatasi masalah jerawat, terdapat beberapa obat jerawat yang disediakan di apotek. Hampir semua obat jerawat mengandung zat yang dapat membunuh bakteri, membuka pori-pori atau mengurangi kadar minyak pada kulit Anda. Beberapa kandungan zat tersebut adalah:

  • Benzoil Peroksida, terdapat pada banyak krim dan gel obat jerawat. Zat ini digunakan untuk mengurangi peradangan dan mencegah munculnya komedo baru. Selain itu zat ini juga membunuh bakteri penyebab jerawat;
  • Sulfur, kandungan alami dengan bau menyengat yang ditemukan di beberapa losion, pembersih dan masker; sulfur mampu menyerap produksi minyak berlebih dan antibakteri.
  • Retinol, kadungan yang jarang ditemukan yang berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati;
  • Asam salisilat dan asam azelaic ;  biasanya terkadung dalam sabun jerawat. Zat ini mengandung anti bakteri.

Mencegah Timbulnya Jaringan Parut

Pada suatu waktu, gejala mungkin memburuk. Jika hal ini terjadi Anda mungkin akan mencari saran medis. Untuk mengurangi gejala dan mencegah timbulnya jaringan parut, dokter akan meresepkan obat sebagai berikut:

  • Antibiotik oral atau oles untuk membunuh bakteri penyebab komedo dan mengurangi peradangan. Biasanya, antibiotic hanya digunakan dalam jangka waktu tertentu ketika pertahanan tubuh Anda sedang kurang baik sehingga terjadi infeksi;
  • Krim oles seperti asam retinoid atau benzoil peroksida dengan formula yang cukup kuat. Obat ini berguna untuk mengurangi produksi minyak dan membuka pori-pori;
  • Wanita dengan jerawat yang disebabkan karena factor hormonal biasanya diberi pil KB atau spironolactone. Obat ini berfungsi untuk mengatur hormone yang menyebabkan jerawat dengan mengurangi produksi minyak;
  • Isotretinoin adalah obat yang mengandung vitamin A dan digunakan untuk merawat beberapa kasus jerawat nodular yang parah. Obat ini dapat menimbulkan efek samping dan digunakan ketika pengobatan lain tidak ampuh.

Terdapat beberapa prosedur tambahan yang mungkin direkomendasikan oleh dokte Anda untuk merawat jerawat parah dan mencegah jaringan parut. Prosedur ini bekerja dengan mengikis permukaan kulit yang rusak, mengurangi produksi minyak atau membuka pori-pori:

  • Terapi Fotodinamis, menggunakan obat dan sinar khusus atau laser untuk menguangi produksi minyak dan bakteri;
  • Dermabrasi, prosedur in mengikis permukaan kulit dengan sikat berputar dan paling baki digunakan untuk merawat jaringan parut. Mikrodermabrasi merupakan perawatan lebih ringan unuk memuka pori-pori dan menghilangkan jaringan parut ringan;
  • Chemical Peeling, cukup penting digunakan untuk mengikis permukaan kulit dan merangsang pertumbuhan kulit baru. Perawatan ini membantu membuka pori-pori dan merawat jaringan parut ringan.

Dokter Anda mungkin akan menyarankan untuk suntik kortison jika jerawat mengandung kista yang cukup besar. Kortison adalah steroid alami yang dihasilkan oleh tubuh Anda. Zat ini dapat mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan. Kortison biasanya digunakan bersamaan dengan obat jerawat lain. 

 

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app