Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kebiasaan Sehat

Tips Ampuh Berhenti Merokok, Hindari Alkohol dan Kafein

Update terakhir: NOV 14, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.550.833 orang

Tips Ampuh Berhenti Merokok, Hindari Alkohol dan Kafein

Berhenti merokok memang bukan perkara mudah. Namun bukan berarti Anda tidak bisa menjalaninya. Salah satu cara agar Anda tidak kecanduan rokok adalah menghindari penyebabnya. Alkohol dan Kafein merupakan pemicu seseorang terbiasa merokok. Menjauhi kedua hal tersebut, merupakan langkah awal yang baik untuk berhenti merokok. Anda membutuhkan proses panjang untuk mendapatkan hasil maksimal.

Keinginan untuk merokok akan berkurang setelah beberapa minggu. Awalnya akan terasa sulit, namun Anda akan menjalaninya dengan mudah. Dibutuhkan konsistensi tinggi. Seiring dengan berjalannya waktu, keinginan untuk merokok akan hilang sendirinya.

Lingkungan sekitar juga bisa mengembalikan keinginan untuk merokok lagi. Karena itulah, hindari situasi yang bisa memicu rasa ingin merokok. Milikilah pola pikir bahwa rokok bisa merusak kesehatan. Tanpa rokok, Anda bisa menjalani hidup dengan lebih baik.

Cara berhenti merokok untuk masing-masing orang tidaklah sama. Ada yang membutuhkan proses singkat, begitu juga sebaliknya. Banyak hal yang memicu kecanduan rokok, diantaranya adalah alkohol dan kafein. Jika kedua perkata tersebut yang menyebabkan Anda kesulitan berhenti merokok. Tenang saja, ada tips yang dapat dipraktikkan. Ulasan lebih jelasnya bisa Anda temukan dibawah ini.

Alkohol Memicu Rokok

Gaya hidup juga mempengaruhi kebiasaan merokok. Jika Anda suka nongkrong bersama teman, keinginan untuk berhenti akan tertunda. Teman yang merokok bisa memicu rasa ingin merokok juga. Tidak sedikit yang gagal berhenti merokok sebab berada di lingkungan yang salah.

Minuman beralkohol menjadi penyebab untuk sulit menghindari rokok. Alkohol membuat Anda tidak bisa mengontrol diri. Akibatnya konsistensi menjadi goyah. Minuman beralkohol yang disajikan saat pesta dapat mengacaukan niata Anda untuk berhenti. Namun jika memiliki niat yang kuat, masalah tersebut tidak akan mengganggu Anda. Keinginan untuk berhenti merokok bisa berjalan lancar.

Kopi dan Kafein Memicu Rokok

Kebiasaan merokok sering dikaitkan dengan kopi dan kafein. Banyak pecandu yang menikmati rokok sembari meminum kopi. Sebenarnya, tidak hanya kopi yang memicu keinginan merokok. Jenis minuman lainnya yang mengandung kafein juga menjadi penyebabnya. Ditambah lagi dengan suasana lingkungan yang mendukung seperti kumpul dengan teman-teman. Akan semakin sulit melepaskan Anda dari jeratan rokok.

Selain alkohol dan kafein, masih banyak lagi faktor yang memicu keinginan merokok. Untuk mengatasi candu rokok, memang tidak mudah. Harus diawali dengan keinginan dan kemantapan yang kuat dari dalam hati.

Tips Menghindari Pemicu Keinginan Merokok

Untuk berhenti merokok, Anda harus menghindari pemicunya. Rokok dan Alkohol menjadi dua hal yang perlu Anda waspadai. Agar bisa berhenti merokok dengan aman dan lancar, perhatikan tips dibawah ini.

  • Meminta dukungan teman untuk mendukung keinginan Anda untuk berhenti merokok
  • Mengurangi konsumsi alkohol dengan menggantinya dengan minuman non-alkohol. Awalnya akan terasa sulit, namun lama-kelamaan Anda akan terbiasa. Kurangi juga menghadiri acara yang melibatkan alkohol.
  • Meminta teman untuk mengingatkan berhenti merokok. Jika memiliki teman perokok, minta mereke untuk tidak menawari Anda rokok.
  • Menghindari kopi, teh, minuman lainnya yang mengandung kafein.
  • Mengganti kebiasaan minum kopi dengan minuman lainnya seperti cokelat hangat
  • Menghindari teman perokok untuk sementara waktu
  • Membuat ruangan bebas rokok
  • Memiliki keinginan yang kuat untuk berhenti merokok

Jika Anda bisa menghindari pemicu keinginan merokok, maka tujuan utama bisa tercapai. Hidup tanpa rokok tidak hanya menghindarkan Anda dari kematian. Manfaat lainnya adalah membuat kesehatan semakin meningkat dan bisa hidup lebih bahagia.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit