Tidak Suka Pasangan Kembali Merokok, Harus Bagaimana?

Dipublish tanggal: Jun 27, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 19, 2019 Waktu baca: 2 menit
Tidak Suka Pasangan Kembali Merokok, Harus Bagaimana?

Wajar apabila Anda merasa khawatir, mesas dan sedih ketika melihat pasangan kesayangan anda yang sebelumnya sempat berhenti merokok, kini mulai lagi merokok. Namun apabila Anda mengomeli pasangan, justru itu bukanlah solusi yang tepat untuk membawanya kembali ke jalan yang benar. 

Lantas usaha apa yang tepat untuk Anda lakukan demi menghentikan pasangan yang kembali merokok? Agar usaha anda tidak sia-sia dan efektif, silahkan ikuti beberapa tips berikut ini:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Apa yang dapat Anda lakukan apabila pasangan merokok kembali?

Mencari tahu alasan pasangan ingin merokok lagi

Walau seseorang sudah bulanan atau bahkan lebih setahun hidup bebas dari asap rokok, namun keinginan untuk kembali merokok kadang bisa muncul lagi dan bahkan bikin bimbang. Apalagi ketika seseorang sedang mengalami masalah dan stress berat. Apakah ini yang belakangan ini dikeluhkan oleh pasangan Anda?

Apabila belakangan ini pasangan anda mulai mencuri-curi kesempatan untuk merokok sebatang-sebatang dulu? Lebih baik Anda selidiki lagi lebih dalam apa yang membuat pasangan Anda tertarik untuk merokok lagi.

Bagi kebanyakan mantan perokok, merokok lagi merupakan sebuah cara mereka untuk mengusir stress atau untuk meredam amarah. Kemudian apa yang membuat pasangan Anda sampai stress dan marah? 

Apakah karena dia ada masalah pekerjaan di kantor, rumah tangga, atau karena ada masalah berat lainnya? Kalau Anda sudah tau apa yang membuat dia kembali merokok maka Anda dapat membicarakan dengan baik, dari hati ke hati. Anda sebagai kekasihnya hanya perlu mendengarkan jawabannya, tanpa harus menghakiminya.

Alihkan perhatiannya dari batang rokok

Mengalihkan perhatian merupakan salah satu cara yang lumayan efektif untuk membantu anda mengendalikan rasa ngidam merokok pasangan Anda. buatlah daftar hal-hal yang pasangan anda senangi dan silahkan lakukan kegiatan dari daftar tersebut. 

Salah satunya Anda dapat mengajak dia jalan-jalan, nonton film atau menjalankan hobinya seperti bersepeda keliling komplek.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Anda dapat membuat kegiatan anda semenarik mungkin dan hal ini dapat membantu pasangan Anda melupakan keinginan untuk merokok yang disebabkan oleh kebosanan atau stres yang mendalam.

Namun ketika Anda sudah mengetahui apa yang menjadi alasan mendasar pasangan Anda untuk kembali merokok, maka cobalah kuatkan pasangan Anda untuk selalu menghadapi masalah dan menyelesaikan bersama-sama.

Genjot lagi semangatnya untuk terus berhenti merokok

Walau rasanya dongkol melihat pasangan yang keras kepala ingin kembali merokok lagi, maka cobalah tunjukkan kekhawatiran anda dengan cara yang positif. Kalau anda melampiaskan dengan marah-marah, ceramah panjang lebar, dan menghakimi hanya akan membuat pasanganmu semakin tambah stress. 

Hal ini yang akan membuatnya semakin tinggi kembali untuk menghisap nikotin.

Sebenarnya dari sekian banyak perokok, dalam hati kecilnya sangat ingin berhenti. Mereka membenci perasaan ketergantungan dan kecanduan nikotin. Mereka sebenarnya juga menyadari dan mengkhawatirkan resiko penyakit yang terkait dengan kebiasaan merokok. Namun mereka tidak berdaya untuk menyingkirkan rokok dari hidupnya.

Anda sebagai pasangannya juga harus menyadari kalau untuk langsung berhenti dari kecanduan rokok ini memang susah-susah gampang. Hal ini tentunya membutuhkan proses yang lumayan lama serta harus memiliki niatan yang kuat dan tidak main-main. 

Maka dari itu, anda sebagai pasangannya harus berkomitmen untuk susah senang bersama dan jangan pernah berhenti untuk memberi motivasi dan dukungan penuh untuk dia kembali berhenti merokok.

Beritahu dia kalau sudah pernah berhasil berhenti merokok, jadi lanjut berhenti merokok bukanlah hal yang mustahil baginya. Bantu pasangan anda dan membuat rencana berhenti merokok. Apabila kurang yakin anda dapat mengajaknya konsultasi ke dokter.

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
12 tips to support your quitter. (n.d.)
Do I have nicotine withdrawal? (n.d.)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app