Kesehatan Anak

Posisi Tubuh yang Baik untuk Anak

Dipublish tanggal: Mar 9, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Agu 23, 2019 Waktu baca: 3 menit
Posisi Tubuh yang Baik untuk Anak

Begitu kamu membaca judul dari artikel ini apa yang segera terlintas di pikiran kamu ? 

Ya untuk kamu yang belum memiliki anak mungkin artikel ini tidak begitu menarik saat kamu membacanya, namun untuk para calon orang tua ataupun untuk mereka yang sudah menjadi orang tua, tentunya artikel ini akan sangat berguna dan dapat menjadi panduan untuk tahu bagaimana cara menjaga agar postur tubuh anak tetap baik dan posisi tubuh apa saja yang baik untuk anak. 

Nah untuk kamu yang tadinya merasa artikel ini kurang menarik, sebaiknya kamu tetap menyimak artikel satu ini karena suatu hari kelak mungkin akan berguna loh buat kamu atau bisa juga untuk menambah ilmu pengetahuanmu.

Apa yang dimaksud dengan Postur Tubuh Baik untuk anak ?

Postur tubuh ialah sebuah posisi dimana posisi tersebut akan menahan tubuh si anak baik ketika si anak mencoba untuk bergerak, berbaring, berbalik maupun ketika si anak berdiri.

Untuk memiliki postur tubuh yang baik, maka kamu perlu untuk selalu waspada dan memperhatikan bagaimana cara anakmu untuk menjaga posisi punggung dan tulang belakangnya agar tetap lurus. 

Postur tubuh bisa dikategorikan sebagai postur tubuh yang baik dapat ketika tulang dan otot ligamen semua dalam posisi yang seharusnya sehingga otot dapat digunakan dengan baik, badan tidak mudah pegal dan lelah serta tidak ada rasa nyeri dan sendi pada tulang sehingga anakmu dapat menggerakan badannya secara bebas dan tanpa hambatan.

Posisi Tubuh yang Baik untuk Menjaga Postur Anak

Lalu posisi tubuh seperti apa saja yang baik untuk menjaga postur anak tetap pada standard nya ? Berikut ini akan kita bahas lebih lanjut.

Posisi Berdiri

Walaupun berdiri pasti bisa dilakukan oleh setiap anak, tapi perlu beberapa cara agar mendapatkan posisi berdiri yang tepat dan baik untuk menjaga postur tubuh anak seperti angkat dan arahkan kepala dan dagu si anak lalu arahkan tatapan lurus ke depan.  

Posisi bahu juga harus tegap ke belakang, posisi perut yang dimasukkan atau ditahan sehingga perut idak maju kedepan. Posisi kaki juga harus lurus, tidak bengkok bengkok. 

Selama posisi berdiri, atur nafasmu maupun nafas anakmu sehingga sistem pernafasan berjalan lancar sehingga kamu maupun si anak merasakan lebih relax pada posisi bahu. Jangan lupa untuk juga mengarahkan posisi dadamu lurus kedepan. 

Pada awal awal pasti si anak akan merasakan lelah dalam menerapkan posisi tepat dalam berdiri seperti ini, kamu bisa mengakalinya dengan menyuruh si anak untuk mengangkat satu kaki sesaat, lalu tukar dengan mengangkat kaki satunya lagi, kamu juga dapat menyuruh si anak untuk berpindah posisi dan tidak hanya berdiri di satu tempat saja sehingga si anak tidak bosan dan mau untuk terus berlatih

Posisi duduk

Ketika anakmu sedang dalam posisi duduk, pastikan anak duduk secara tegap dengan posisi tulang belakang yang juga tegap dan lurus. Bila kursi si anak ada sandaran, sebaiknya tulang belakang si anak bersandar lurus ke kursinya. 

Posisi lutut kakipun harus lurus dan seimbang dengan posisi tubuh, kaki si anak sejajar atau dapat menyentuh lantai sehingga kaki anak tidak bergelantungan di kursi. 

Dan yang paling penting jaga posisi kaki anak agar tidak duduk bersila dalam jangka waktu lama. Bila anakmu sedang dalam posisi belajar, posisikan juga tangan agar sejajar dan tidak menekuk saat membaca buku. 

Ingat untuk selalu berdiri setelah 30 menit si anak duduk di kursinya agar peredaran darah pada sendi dan tulang juga lancar dan tubuh anak tidak kaku.

Posisi mengangkat barang

Dalam posisi ini, sebaiknya anak jangan pernah untuk mengangkat barang yang bobotnya satu per empat beratnya dari bobot si anak itu sendiri. 

Bila barang tersebut sangat berat, sebaiknya siapkan trolley atau koper dengan roda sehingga si anak dapat dengan mudah memindahkan barang. 

Ingat untuk selalu mengangkat barang dengan tangan menghadap kebawah, bukannya angkat barang menghadap keatas atau posisi barang sejajar dengan kepala si anak agar otot yang bekerja maksimal ialah otot tangan bukannya otot bahu.

Demikianlah beberapa posisi dasar yang harus dipelajari anak dan diterapkan bagi anak agar postur badannya tetap terjaga baik. Semoga informasi ini berguna untuk Anda sekalian.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app