Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN
Kesehatan Anak

Perlukah Vaksin Bagi Anak-Anak

Update terakhir: NOV 18, 2019 Tinjau pada NOV 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 970.504 orang

Perlukah Vaksin Bagi Anak-Anak

Kekebalan tubuh adalah hal utama tubuh untuk memaksimalkan pertahanannya untuk melawan serangan infeksi virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit

Sistem kekebalan tubuh anak perlu ditingkatkan karena kekebalan tubuh anak belum sempurna sehingga perlu adanya kekebalan ekstra agar tidak mudah terkena penyakit. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Vaksinasi dibuat secara khusus untuk meningkatkan imunitas tubuh anak, dengan membentuk antibodi sehingga dapat melawan infeksi dan zat asing yang masuk ke tubuh. Selain dengan vaksin. 

Pertanyaan yang mendasari adalah seberapa perlunya vaksin bagi anak-anak. Mungkin ini menyorot kepada manfaat vaksinasi yang dilakukan bertahap.

Jadwal Vaksin

Sesuai Jadwal Imunisasi anak usia 0-18 Tahun dari Ikatan Dokter Anak Indonesia tahun 2017, terdapat bebrapa vaksinasi utama yang harus diberikan dengan waktu yang tepat dan berurutan. Vaksinasi wajib tersebut terdiri dari:

  • Hepatitis B
    Imunisasi hepatitis B diberikan sebanyak 4 kali, pertama pada 12 jam setelah bayi lahir, pada bulan ke-2, ke-3, dan ke-4. 
  • Polio
    Imunisasi polio diberikan pada bayi berusia 2 bulan, dilanjutkan pada usia 3 bulan dan 4 bulan. Vaksin booster dapat diberikan pada usia 18 bulan.
  • BCG
    Pemberian vaksin BCG diberikan pada usia 2 bulan. Vaksin ini berguna untuk mencegah tuberkulosis. 
  • DTP
    Vaksin DTP adalah jenis vaksin untuk mencegah difteri, tetanus, dan pertusis pada anak. Vaksin DTP diberikan pada usia 6 minggu, dilanjutkan pada usia 3 bulan dan 4 bulan.
  • MR
    MR adalah pemberian vaksin yang menggantikan vaksin MMR (Mumps, measles, dan Rubella). Vaksin MR mencegah virus campak dan rubella. Vaksin diberikan pada anak berusia antara  9 bulan hingga 15 tahun.

Manfaat Vaksinasi pada Anak

Vaksin telah menjadi kebutuhan umum bagi semua anak-anak, terutama di Indonesia. Ini merupakan kegiatan wajib untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak. 

Anak sangat rentan terkena penyakit, maka itulah antibodi membantu tubuh anak melawan dan mencegah infeksi yang datang. Beberapa manfaat dari vaksin untuk anak-anak antara lain:

  • Menjaga Organ Tubuh Anak
    Organ tubuh pada anak-anak seperti otak, paru-paru, dan jantung belum berkembang sempurna. Masa anak-anak perlu nutrisi yang adekuat sebagai manfaat bagi perkembangan organ-organ di dalam tubuh si anak.

    Dan bila infeksi menyerang organ di dalam tubuh si anak, yang terjadi adalah terhambatnya perkembangan sel-sel organ sehingga mengalami kerusakan dan terganggunya fungsi organ.

    Dengan vaksinasi, pembentukan antibodi mencegah datangnya dan sekaligus melawan infeksi yang masuk ke tubuh, guna menjaga perkembangan organ dalam. 
  • Vaksinasi Mengurangi Kematian Pada Bayi dan Anak-anak
    Menurut data Angka Kematian Bayi atau AKB, pemberian imunisasi memberikan penurunan kematian bayi dan dan anak-anak. Peran vaksin sebagai imunisasi aktif yang digagas departemen kesehatan meningkatkan angka dan kualitas hidup bayi.  
  • Terhindar dari Penyakit
    Pada anak-anak yang tidak divaksin, maka tubuh mereka akan rentan terkena penyakit atau kecacatan. Kita beri contoh difteri yang sempat mewabah pada tahun 2017 di berbagai provinsi di Indonesia.

    Ketidakwaspadaan keluarga terhadap penyakit difteri memungkinkan anak terkena penyakit dan membawa perjalanan penyakit tersebut menjadi dan mengakibatkan komplikasi serius.

    Difteri mudah tertular lewat udara (air droplet) dari batuk , liur, dan benda yang digunakan bersamaan dengan penderita difteri. Komplikasi berat difteri adalah miokarditis, polineuropati dan paralisis akibat rusaknya saraf, dan gangguan pernapasan (pneumonia).

    Dengan memberikan vaksinasi, antibodi yang telah terbentuk diyakini mampu melawan virus dan menekan penyakit dan komplikasi yang bisa terjadi. 
  • Memelihara Kualitas Hidup Anak
    Vaksinasi yang diyakini mencegah beberapa penyakit infeksi telah menjadi kebutuhan pokok dalam menunjang kesehatan anak. 

    Pemberian vaksin booster atau ulangan pada usia remaja dapat dilakukan untuk menambah antibodi yang sudah berada di dalam tubuh sebelumnya. Sehingga kekebalan tubuh tetap bertahan untuk melawan infeksi yang dapat menimbulkan penyakit. 
  • Menghemat Waktu dan Biaya
    Butuh penanganan dalam menyembuhkan suatu penyakit dan tentu bukan biaya yang murah untuk melakukan pengobatan dan segala materinya di rumah sakit.
    Dengan adanya vaksinasi, maka anak telah mendapat pencegahan awal. Dalam sisi ini, anda akan menghemat waktu dan biaya karena vaksin dapat diberikan secara gratis sebagai program pemerintah dalam kualitas kesehatan, dan proses vaksinasi tidak berlangsung.

    Hanya perlu suntikan atau tetesan dengan mengikuti jadwal berkala maka antibodi pada tubuh anak mulai terbentuk dan siap mengahadapi infeksi yang bisa saja datang menyerang tubuh anak. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit