Apa Perbedaan Body Lotion, Body Butter, dan Body Serum?

Dipublish tanggal: Nov 27, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Apa Perbedaan Body Lotion, Body Butter, dan Body Serum?

Wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang membutuhkan perawatan khusus untuk tetap terlihat cerah dan sehat. Namun tidak hanya wajah yang membutuhkan perawatan, tetapi seluruh bagian kulit tubuh juga membutuhkan perawatan supaya terjaga kesehatannya. Anda bisa merawat kulit baik dari dalam maupun dari luar dan salah satu cara paling sederhana untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan menggunakan pelembab.

Namun ternyata ada beberapa jenis produk perawatan tubuh yang berfungsi untuk melembabkan kulit, antara lain body serum, body lotion, dan body butter. Ketiga jenis produk pelembab tersebut memiliki fungsi dan karakteristik yang berbeda, termasuk tipe minyak, kombinasi air, dan emolien atau pengencer yang juga berbeda satu sama lain. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Baca juga: Dari 5 Jenis Kulit, Jenis Kulit yang Manakah Anda?

Sebelum memilih jenis produk perawatan tubuh yang tepat, ada baiknya Anda sesuaikan dengan kondisi dan jenis kulit Anda. Perhatikan pula beberapa hal seperti tingkat kelembaban kulit, bagian tubuh yang paling membutuhkan pelembab, dan kondisi iklim tempat tinggal. 

Perbedaan Body Lotion, Body Butter dan Body Serum

Berikut ini penjelasan mengenai perbedaan dari body lotion, body butter, dan body serum:

Body Lotion

Body lotion memiliki tekstur paling encer dibandingkan dengan jenis pelembab kulit lainnya, terutama body butter. Apabila ingin mengaplikasikan pelembab ke seluruh bagian tubuh, body lotion merupakan pilihan yang paling tepat untuk digunakan. Apabila memiliki kulit kering ataupun normal dan tidak memiliki masalah kulit, Anda bisa menggunakan body lotion untuk melembabkan kulit. Lotion yang baik tidak terlalu berminyak dan dapat dengan cepat menyerap di kulit sehingga cocok digunakan di cuaca panas maupun lembab.

Body Butter

Body butter merupakan jenis pelembab dengan tekstur sangat pekat sehingga mirip seperti tekstur mentega. Body butter juga umumnya memiliki tekstur lebih berminyak dan mengandung lebih banyak emolien dibandingkan dengan body lotion. Body butter dibuat dengan bahan dasar seperti kacang-kacangan maupun buah-buahan. Selain itu, biasanya body butter juga berasal dari bahan-bahan dengan kandungan minyak tinggi, seperti minyak zaitun (olive oil), minyak kelapa (coconut oil), jojoba oil, dan shea butter. 

Body butter cocok digunakan pada bagian tubuh yang sangat kering dan pecah-pecah, misalnya di bagian siku, tumit, dan lutut. Apabila ingin menggunakan body butter, sebaiknya Anda menggunakannya pada malam hari sebelum tidur supaya saat bangun tidur di pagi harinya kulit akan kembali lembab karena penyerapan body butter pada kulit membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar beberapa jam. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Apabila sedang dalam masa kehamilan, ibu hamil sangat disarankan untuk menggunakan body butter terutama pada bagian perut, paha, dan pinggang karena body butter dipercaya dapat mencegah munculnya stretch mark akibat kehamilan.

Baca juga: Tips Mencegah dan Mengobati Stretch Marks

Body Serum

Body serum memiliki formula yang paling ringan bila dibandingkan dengan body lotion dan body butter, karena body serum cepat meresap ke kulit karena memiliki konsentrasi molekul aktif yang lebih tinggi. Body serum juga mampu mengatasi secara langsung ke bagian kulit yang bermasalah. Pada umumnya, body serum terbuat dari bahan berbasis air atau water-based sehingga memudahkan proses penyerapan berbagai kandungan yang terdapat di dalamnya, seperti antioksidan, vitamin, glycolic acid (asam glikolat), dan lactic acid (asam laktat). Kandungan glycolic acid dan lactic acid bekerja sama untuk mencegah kulit menjadi kasar dan kering. 

Apabila Anda memiliki jenis kulit super kering dan kurang suka dengan rasa lengket dari body lotion, body serum merupakan pilihan yang tepat untuk melembabkan dan menutrisi kulit Anda karena tidak lengket dan cepat diserap kulit. 

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Kulit Kering

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Why Using Body Serum Is Absolutely Worth The Extra Step For Crazy Soft Skin. Bustle. (Accessed via: https://www.bustle.com/articles/78617-why-using-body-serum-is-absolutely-worth-the-extra-step-for-crazy-soft-skin)
Which Works Best: Body Butter, Lotion, or Oil?. The Healthy. (Accessed via: https://www.thehealthy.com/beauty/face-body-care/difference-between-body-butter-lotion-and-oil/)
The Best Body Lotions and Body Butters to Buy in 2020 — Reviews. Allure. (Accessed via: https://www.allure.com/gallery/best-body-lotion-for-moisturizing-dry-skin)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app