GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Amankah Melakukan Filler secara Berulang?

Dipublish tanggal: Jan 18, 2021 Update terakhir: Jan 18, 2021 Waktu baca: 3 menit
Amankah Melakukan Filler secara Berulang?

Ringkasan

Buka

Tutup

    • Sejumlah efek tanda penuaan seiring bertambahnya usia biasanya mulai bermunculan seperti garis halus atau kulit keriput pada wajah
    • Ada beragam jenis perawatan wajah yang tersedia di klinik kecantikan seperti HIFU treatment, thread lift, laser wajah, botox, maupun filler
    • Suntik filler wajah dapat membantu menyamarkan garis halus atau kerutan pada wajah sehingga wajah terlihat lebih awet muda
    • Filler termasuk treatment kecantikan non-bedah yang bekerja dengan cara injeksi cairan tertentu seperti asam hialuronat dan kolagen
    • Filler biasanya digunakan untuk meningkatkan volume pada bagian tubuh tertentu, seperti filler hidung, dagu, pipi, dan bibir
    • Hasil perawatan wajah dengan filler biasanya bertahan selama 6-18 bulan, tetapi akan mulai memudar setelah 6 bulan pasca perawatan
    • Sebelum filler, ada baiknya untuk memastikan bahwa bahan aman digunakan serta dilakukan oleh dokter kecantikan di klinik kecantikan terpercaya
    • Bandingkan harga dan paket filler dan paket perawatan wajah lainnya di HDMall sekarang!

    Seiring bertambahnya usia, sejumlah efek tanda penuaan biasanya mulai bermunculan, seperti garis halus atau kulit keriput pada beberapa bagian wajah. Tentunya untuk menjaga penampilan agar tetap cantik dan terlihat awet muda, perawatan wajah sangatlah diperlukan. 

    Jika Anda membutuhkan treatment wajah tertentu, ada beragam cara merawat wajah yang mungkin bisa Anda jalani di klinik kecantikan, di antaranya HIFU treatment, thread lift, laser wajah, botox, maupun filler. 

    Iklan dari HonestDocs
    Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

    Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

    Standard facial 1x di reface clinic

    Baca juga: Cek Paket Perawatan Kecantikan Terbaik melalui HDmall

    Apa itu filler?

    Suntik filler pada wajah mungkin dapat menjadi salah satu pilihan untuk menyamarkan efek tanda penuaan seperti garis halus atau kerutan pada wajah sehingga wajah terlihat lebih awet muda.

    Jenis perawatan wajah ini termasuk dalam treatment kecantikan non-bedah yang bekerja dengan cara memberikan suntikan cairan tertentu yang umumnya mengandung asam hialuronat (Hyaluronic acid) serta kolagen pada bagian bawah permukaan kulit.

    Beberapa cairan lain yang bisa digunakan sebagai pengisi kulit adalah:

    • Calcium hydroxylapatite, senyawa menyerupai mineral yang ada pada tulang
    • Polyalkylimide, gel transparan yang kompatibel dengan tubuh
    • Polylactic acid, perangsang kulit untuk meningkatkan produksi kolagen  
    • Polymethyl-methacrylate microspheres (PMMA), pengisi yang bersifat semi permanen

    Filler bertujuan untuk meningkatkan volume pada bagian tubuh tertentu, seperti filler hidung, dagu, pipi, ataupun bibir. Selain itu, filler juga dapat digunakan untuk mengurangi kerutan pada dahi, bekas luka, maupun area lain yang membutuhkan 'pengisi' agar terlihat lebih halus dan kenyal.

    Hasil perawatan kecantikan dengan filler ini sendiri biasanya dapat bertahan lebih lama dibandingkan botox, yakni sekitar 6 sampai 18 bulan kemudian. Tetapi hal tersebut bergantung dari jenis bahan filler yang digunakan dalam mengatasi berbagai masalah efek penuaan pada kulit.

    Iklan dari HonestDocs
    Derma Filler Wajah Di Genese Clinic

    Perawatan ini berfungsi untuk meninggikan hidung, membentuk dagu supaya lebih Vshape, membentuk bibir supaya lebih menawan, dan menghilangkan kantung mata. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

    Derma filler wajah di genese clinic

    Baca juga: Sama-sama Bikin Cantik, Apa Bedanya Suntik Botox dan Filler?

    Selain diminati karena efek tampilan yang membuat wajah terlihat lebih awet muda, treatment wajah ini juga tidak memerlukan waktu yang lama dalam prosesnya sehingga Anda dapat segera kembali beraktivitas seperti biasa setelah menjalani suntik filler.

    Tak jarang, demi selalu terlihat awet muda dan ditambah pula dengan hasil perawatan wajah dengan filler ini terbilang cukup memuaskan, maka sebagian orang yang pernah menjalani perawatan filler mengalami 'ketagihan' untuk melakukan filler secara berulang. Tetapi bagaimana efeknya? Apakah aman bagi kulit?

    Memahami efek filler pada wajah jika dilakukan secara berulang

    Secara umum, hasil filler akan mulai hilang sejak 6 bulan pasca perawatan sehingga beberapa orang yang sudah terbiasa dengan bentuk wajahnya selama ini cenderung akan melakukan filler kembali karena sudah dianggap sebagai sebuah kebutuhan akan perawatan wajah yang mempesona.

    Meski filler dikenal sebagai salah satu metode perawatan wajah yang aman untuk dilakukan, sebelum melakukan filler secara berulang tentu Anda juga harus memperhatikan sejumlah efek samping yang mungkin timbul setelah treatment.

    Beberapa risiko dan bahaya efek samping yang mungkin perlu diperhatikan saat menjalani prosedur perawatan filler, antara lain:

    Iklan dari HonestDocs
    Oxygeneo 4 In 1 Facial di Genese Clinic

    Perawatan ini berfungsi untuk mengangkat sel - sel kulit mati pada wajah, mengecilkan pori - pori, membuat wajah lebih segar dan cerah, serta mengurangi garis kerutan halus akibat penuaan dini. Perawatan ini di lakukan oleh tenaga ahli dan di bawah pengawasan dokter.

    Oxygeneo 4 in 1 facial di genese clinic
    • Munculnya ruam, jerawat, atau gatal kemerahan pada kulit 
    • Timbul masalah baru seperti benjolan atau bentuk tidak proporsional
    • Kerusakan kulit yang menyebabkan luka, infeksi, atau jaringan parut
    • Terganggunya aliran darah di area suntikan akibat kematian sel kulit
    • Kehilangan penglihatan jika cairan masuk ke dalam pembuluh arteri

    Meskipun begitu, tidak semua orang akan mengalami efek samping di atas, karena umumnya bahan injeksi filler dengan kandungan asam hialuronat tidak menimbulkan reaksi alergi pada kulit sehingga Anda tidak perlu khawatir berlebihan jika ingin melakukan filler treatment

    Hanya saja sebelum menjalani metode perawatan wajah seperti filler, perlu dipastikan bahwa bahan yang digunakan tergolong aman bagi kulit dan dilakukan oleh dokter kecantikan profesional di klinik kecantikan yang terpercaya.

    Baca juga: Apa Saja Metode Perawatan Wajah yang Dapat Dilakukan oleh Dokter Kecantikan?


    4 Referensi
    Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

    Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

    Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
    (1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

    Tanya Dokter

    Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


    Lampirkan file (foto atau video)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    * Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

    Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

    Submit
    Buka di app