Penyebab Tumbuhnya Rambut Uban

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
Penyebab Tumbuhnya Rambut Uban

Meskipun masih berusia terlalu muda, dan belum tergolong tua renta, seringkali seseorang mendapatkan dirinya telah memiliki sejumlah rambut memutih di kepala. Mengapa hal ini terjadi?

Rambut uban tidak tumbuh dengan sendirinya. Rambut hitam yang terdapat di kepala Andalah yang berubah warna menjadi lebih putih. Rambut uban hadir akibat adanya perubahan warna dari pigmen rambut yang dikenal sebagai melanin.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Perubahan tersebut terjadi akibat kurangnya asupan oksigen yang diterima batang rambut. Batang rambut menerima sari-sari makanan dari ujung-ujung pembuluh darah dan zat yang dihisap tersebut kekurangan oksigen. Itulah mengapa susunan rambut menjadi tidak baik, kemudian mempengaruhi melanin rambut dan terjadilah uban.

Melanin diproduksi sel melanosit dalam folikel rambut. Para peneliti menemukan bahwa melanosit bertahan dari kerusakan kumulatif secara bertahun-tahun, yang akhirnya membuat melanosit tidak mampu memproduksi melanin.

Penelitian telah menyebutkan kerusakan DNA dan penumpukan hidrogen peroksida dalam folikel sebagai kemungkinan penyebab gangguan ini dalam produksi melanin. Tanpa melanin, rambut baru yang tumbuh di tidak memiliki pigmen, yang membuatnya tampak abu-abu, putih, atau perak.

Memiliki uban merupakan faktor keturunan. Perhatikan kedua orangtua Anda, apakah mereka juga mengalami rambut uban? Jika hal tersebut terjadi, maka rambut uban pun dapat Anda miliki, termasuk jika usia Anda masih cukup muda (dibawah 25 tahun). Tak hanya itu, iklim, pengaruh pikiran/stress, serta obat-obatan dari dalam dan luar tubuh juga dapat mempengaruhi terjadinya uban. Sementara itu jika uban tumbuh pada usia tua (diatas 40 tahun), hal tersebut memang dipengaruhi faktor usia yang mengharuskan pigmen rambut berhenti memproduksi warna.

Hingga saat ini uban memang belum dapat dihilangkan secara permanen. Penggunaan pewarna rambut yang dipercaya dapat menghilangkan uban pun bukan menjadi solusi terbaik untuk menghilangkan uban. Pewarna rambut hanya mampu memberikan warna lain pada rambut uban, dan bersifat sementara. Sementara itu, zat pewarna rambut dipercaya dapat merangsang pertumbuhan uban, sehingga mampu memperbanyak jumlah rambut uban pada kepala.

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Zayed A, et al. (2013). Smokers’ hair: Does smoking cause premature hair graying? DOI: (http://www.idoj.in/article.asp?issn=2229-5178;year=2013;volume=4;issue=2;spage=90;epage=92;aulast=Zayed)
Why does hair turn gray? (2017). (http://kidshealth.org/en/kids/gray-hair.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app