Doctor men
Ditulis oleh
MELIANTY IPARDJO
Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA
Kesehatan Fisik

Penyebab Mual Pada Mata Silinder dan Cara Mengatasinya

Update terakhir: NOV 12, 2019 Tinjau pada NOV 12, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.083.011 orang

Penyebab Mual Pada Mata Silinder dan Cara Mengatasinya

Untuk mengetahui apakah kamu mengalami mata silinder atau astigmatisme, kamu dapat membuat garis di atas kertas putih tanpa menggunakan penggaris. Jika garis yang kamu buat tidak lurus, ada kemungkinan kamu mengalami mata silinder. 

Penderita mata silinder biasanya penglihatan ke sekitarnya berbayang. Akibatnya penderita akan sering mengalami sakit kepala dan mual. Artikel berikut akan membahas penyebab mual pada mata silinder dan cara mengatasinya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Domperidone if 10mg tab 1

Mata silinder adalah gangguan penglihatan yang disebabkan oleh bentuk kornea atau lensa mata yang kurang cembung. Akibatnya adalah penderita sering melihat sekitar dengan kondisi berbayang. Kondisi tersebut menyulitkan penderita membaca tulisan berukuran kecil dan jauh. Jika dipaksakan, mata akan menjadi lelah, kepala pusing dan mual

Mendeteksi mata silinder pada anak-anak ternyata cukup sulit. Namun jika anak Anda tiba-tiba merasa mudah lelah dan pusing saat membaca dan sangat sensitif dengan sinar sorot yang diarahkan ke mata, Anda patut curiga anak Anda menderita astigmatisme. 

Setelah mengenal gejala dari astigmatisme mari kita cari tahu penyebab dan cara mengatasi astigmatisme.

Penyebab Sakit Kepala dan Mual pada Mata Silinder

Pada beberapa kasus astigmatisme biasanya terjadi sejak bayi baru lahir. Astigmatisme biasanya terjadi sejak usia bayi dan bayi memiliki berat tubuh rendah. Sebagian berpendapat bahwa astigmatisme merupakan kelainan yang bersifat turun menurun.

Terdapat dua jenis astigmatisme jika dibedakan dari letak terjadinya cacat mata yaitu astigmatisme korneal dan lentikular. Astigmatisme korneal adalah kelainan atau cacat mata yang terletak pada kornea. Sementara kelainan pada lensa disebut astigmatisme lentikular. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Domperidone if 10mg tab 1

Selain itu kelainan juga dibedakan berdasarkan jenis kelainannya yaitu astigmatisme regular dan irregular. Astigmatisme reguler terjadi apabila kelainan terjadi pada satu sisi kornea sementara pada astigmatisme irregular terjadi bila kelainan terjadi pada hampir seluruh bagian kornea

Alat bantu yang dapat digunakan untuk penderita astigmatisme reguler adalah menggunakan kacamata,lensa kontak dan pembedahan sedangkan pada astigmatisme irregular hanya dapak dikoreksi dengan lensa kontak .

Belum terdapat penyebab pasti dari kelainan ini namun jika dilihat dari sisi eksternal, kerusakan mungkin terjadi akibat cedera pada mata, benjolan pada kelopak mata dan komplikasi dari operasi mata. 

Dari sisi internal, kelainan dapat diakibatkan dari keratoconus dan keratoglobus. Kedua kondisi tersebut membuat kornea mengembang dan mengempis.

Penderita mata silinder sering mengalami sakit kepala dan mual. Hal ini dapat disebabkan oleh penggunaan alat bantu penglihatan yang kurang cocok. Beberapa penderita biasanya memilih pemeriksaan dengan komputer dibandingkan dengan pemeriksaan manual. Pastinya karena berpikir bila hasil pemeriksaan komputer lebih akurat. 

Padahal pemeriksaan manual juga tidak kalah baik. Kelebihan pemeriksaan manual dalam memilih kacamata untuk mata silinder adalah kamu bisa mencoba dan memilih alat bantu penglihatan mana yang sebaiknya kamu pilih dan nyaman ketika digunakan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Domperidone if 10mg tab 1

Setelah mendapatkan kacamata atau lensa kontak yang cocok ada baiknya kamu memeriksa kesehatan mata pada dokter spesialis mata. Kamu dapat mengetahui cara merawat mata silinder dengan baik sehingga kamu tidak mudah merasa sakit kepala dan mual.

Cara mengatasi sakit kepala dan mual pada mata silinder

Setelah mengetahui beberapa penyebab mual dari mata silinder, kamu pasti ingin tahu cara mengatasi sakit kepala dan mual yang cukup mengganggu aktivitasmu. Berikut adalah beberapa cara mengatasi sakit kepala dan mual pada mata silinder.

  • Menggunakan kacamata untuk mata silinder

Kacamata silinder berbeda dengan kacamata minus atau plus. Biasanya kamu akan diperiksa untuk mengetahui minus atau plus berapa, memiliki mata silinder atau tidak dan ditawarkan untuk mencoba beberapa lensa yang kiranya nyaman kamu pakai. Dengan kacamata silinder maka penglihatan kabur dapat dikoreksi. Kornea atau lensa mata dapat meneruskan cahaya tepat pada satu titik retina.

  • Menggunakan lensa kontak sesuai kebutuhan

Bagi kamu suka dengan kepraktisan, kamu bisa menggunakan lensa kontak. Sebaiknya kamu berkonsultasi dahulu dengan dokter spesialis mata agar kamu tahu sebaiknya menggunakan lensa kontak seperti apa.

  • Photorefractive keratectomy

Prosedur penyembuhan ini adalah dengan cara menghilangkan lapisan epitel pada kornea. Prosedur ini jarang digunakan saat ini semenjak adanya operasi LASIK dan LASEK.

  • Operasi LASIK

Prosedur mengubah lapisan kornea dengan membuka lapisan teratas kornea (biasa disebut flap). Lapisan bagian bawah kornea diratakan dengan sinar laser. Setelah selesai kornea mata dikembalikan. Prosedur ini menggunakan alat khusus yang disebut keratom.

  • Operasi LASEK

Prosedur ini lebih canggih daripada prosedur sebelumnya. Dokter akan melakukan teknik flap namun dengan lapisan yang lebih tipis pada bagian terluar (epitel).

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit