Kaki Kapalan, Mungkin Anda Salah Pilih Alas Kaki

Penebalan kulit dan kapalan merupakan daerah kulit yang keras dan menebal. Hal ini dapat terjadi di bagian tubuh manapun namun biasanya ditemukan di daerah kaki Anda.
Dipublish tanggal: Apr 4, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Agu 12, 2019 Waktu baca: 4 menit
Kaki Kapalan, Mungkin Anda Salah Pilih Alas Kaki

Penebalan kulit dan kapalan merupakan daerah kulit yang keras dan menebal. Hal ini dapat terjadi di bagian tubuh manapun namun biasanya ditemukan di daerah kaki Anda. 

Penebalan kulit biasanya kecil dan bentuknya bulat pada kulit yang menebal. Mereka umumnya ditemukan di bagian atas dan samping jari dan pada telapak kaki. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Mereka sering muncul pada kaki yang bertulang yang jarang menggunakan alas kaki. Kapalan merupakan daerah kulit yang sangat keras dan kasar. Mereka biasanya ditemukan di tumit kaki Anda namun bisa juga di tangan dan telapak tangan. 

Kapalan biasanya lebih besar dari penebalan kulit dan berwarna kuning. Bentuk mereka tidak beraturan dan mungkin kurang sensitif dibandingkan bagian lain.

Gejala Penebalan Kulit

Penebalan dan kapalan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit namun bisa menimbulkan sakit di kemudian hari. Untuk mendapatkan penanganan yang tepat perlu diketahui penyebab dari penebalan dan kapalan. Berikut adalah beberapa gejala yang sebaiknya Anda katakan pada dokter saat pemeriksaan:

  • Jika Anda menderita diabetes, periksa masalah pada kaki secara teratur dan konsultasikan dengan dokter jika Anda menyadari mengalami penebalan atau kapalan
  • Seseorang dengan kondisi berbeda yang membuat mereka mudah mengalami luka atau infeksi sebaiknya juga memeriksakan diri ke dokter
  • Jika penebalan dan kapalan gagal sembuh dengan cepat, terinfeksi, nyeri, merah, panas dan keluar cairan sebaiknya segera periksakan diri ke dokter

Penyebab Penebalan Kulit

Kedua masalah kulit ini disebabkan oleh gesekan dan tekanan. Keduanya biasanya merupakan reaksi perlindungan tubuh untuk mencegah kerusakan lapisan kulit yang lebih dalam. penyebab paling umum dari penebalan dan kapalan adalah alas kaki yang kekecilan. 

Jika sepatu kekecilan, kemungkinan kulit akan sering mengalami gesekan. Terlalu lama berlari atau berjalan juga menyebabkan penebalan dan kapalan bahkan dengan menggunakan sepatu yang cukup untuk kaki Anda. 

Terlalu lama berdiri juga bisa menjadi penyebabnya. Penggunaan sepatu hak tinggi cukup sering menyebabkan penebalan pada bola tumit karena tekanan pada sendi ketika berjalan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Penyebab lainnya yaitu :

  • Bekerja dengan cara manual
  • Menggunakan kaos kaki atau barisan sepatu
  • Tidak menggunakan sepatu
  • Mengambil bagian kegiatan atletik yang memberikan tekanan pada kaki

Kondisi medis 

Beberapa kondisi berikut juga menyebabkan seseorang mengalami penebalan dan kapalan dibandingkan orang lain:

  • Seseorang dengan penebalan kaki atau bunion yaitu jempol kaki yang melengkung kearah jari ke 2 dan ke 3 kaki Anda, hammertoe (ibujari kaki Anda melengkung kebawah seperti cakar)
  • Seseorang yang berjalan dengan lutut berputar ke dalam secara berlebihan atau  berputar ke luar secara berlebihan.
  • Seseorang yang memiliki masalah pada kelenjar keringat, luka atau kutil pada kaki mereka.

Penanganan Penebalan Kulit

Perawatan dokter

Untuk mengidentifikasi penebalan, dokter akan memeriksa kaki Anda dan mungkin menekan beberapa daerah kaki untuk menilai sensitivitas. 

Katakan pada dokter tentang kebiasaan gaya hidup Anda, seperti pilihan alas kaki, seberapa sering berjalan kaki, dan apakah Anda mengikuti acara olahraga akhir-akhir ini. Dokter Anda mungkin akan meminta Anda untuk berjalan melintasi ruangan sehingga dokter dapat menilai gaya berjalan Anda.

Kemudian dokter Anda mungkin menyarankan Anda ke ahli bedah ortopedi atau podiatris untuk perawatan. Perawatan bervariasi berdasarkan penyebabnya. 

Menggunakan sol khusus

Pilihan menggunakan sol dalam sepatu dan kaos kaki khusus untuk penyembuhan kaki Anda. Mungkin Anda membutuhkan ganjalan sepatu khusus dari silikon untuk digunakan di antara jari kaki untuk membantu mendistribusi berat badan dan memperbaiki postur tubuh Anda.

Membeli obat di apotek

Terdapat obat apotek yang tersedia untuk penebalan. Biasanya obat ini bertujuan untuk meredakan nyeri atau perasaan tidak nyaman ketika mengobati tekanan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Obat ini juga membantu kulit kaki membaik. Sebaiknya menggunakan obat ini sebagai solusi sementara sampai Anda memiliki waktu memeriksakan diri ke dokter.

Menggunakan plester

Salah satu pengobatan paling umum untuk penebalan adalah plester. Ini adalah cincin karet tebal yang memiliki permukaan yang lengket. Ketika digunakan pada daerah penebalan, plester menjaga dari tekanan membantu kaki mengalami penyembuhan. 

Pada beberapa kasus, plester menyebabkan penebalan pada kulit yang lebih tipis di sekitar plester.

Pengobatan di rumah

Terdapat beberapa macam pengobatan rumah untuk kapalan, yang paling mudah adalah merendam kaki selama 20 menit di dalam air hangat. Selain itu juga menggosok bagian kaki yang kapalan dengan lembut menggunakan jari atau batu apung. 

Jika tidak ada perubahan setelah perawatan rumahan, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Kemungkinan penebalan dan kapalan merupakan gejala dari penyakit tertentu.

Operasi

Operasi dilakukan jika menurut podiatris perlu dilakukan. Kondisi yang menyebabkan operasi perlu dilakukan adalah jika kapalan menyebabkan nyeri dan mengganggu aktivitas Anda untuk berjalan dengan nyaman. 

Operasi menggunakan pisau tajam untuk menghilangkan kapalan dan tidak terasa sakit. Biasanya Anda dapat berjalan dengan normal setelah operasi.

Komplikasi pada Penebalan Kulit

Penebalan dan kapalan dapat hilang dengan sendirinya jika Anda menghilangkan faktor penyebab atau jika Anda berhenti mengikuti kegiatan atletik seperti latihan atau berlari untuk maraton. 

Tidak ada konsekuensi jangka panjang dari kegagalan mengobati kedua masalah ini selain mereka muncul kembali atau tumbuh lebih besar kecuali Anda memperbaiki apapun yang menjadi penyebabnya.

Pada beberapa kasus, penebalan dan kapalan dapat terinfeksi dan membuat berjalan terasa tidak nyaman. Pada kasus ini perawatan tambahan mungkin diperlukan dan mungkin akan ada bekas luka ketika kapalan diobati atau dihilangkan.

Pencegahan Penebalan Kulit

Anda dapat mencegah masalah kulit ini dengan beberapa cara berikut:

  • Menggunakan sepatu yang nyaman Sebaiknya membeli sepatu saat siang hari karena waktu tersebut kaki berada pada ukuran terlebar. Dengan begitu Anda akan mudah menemukan sepatu yang pas untuk kaki Anda.
  • Perawatan kaki  Keringkan kaki setelah mencucinya atau bila kaki basah. Gunakan pelembab kaki secara rutin. Krim ini melembutkan dan melembabkan kaki. Gunakan batu untuk menggosok kaki dan menghilangkan kulit mati pada kaki.
  • Laporkan jika kaki terasa nyeri Periksakan diri ke dokter jika terasa nyeri pada kaki atau terasa tidak nyaman saat berjalan.  Nyeri pada kaki bukan hal yang normal terjadi. Namun hal ini merupakan sesuatu yang mudah diidentifikasi dan diagnosis.

 


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yvette Brazier, skin thickening (https://www.medicalnewstoday.com/articles/176357), 18 January 2010.
Marie Suszynski, skin thickening (https://www.everydayhealth.com/rosacea/skin-thickening-treatment.aspx), 25 February 2010.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app