Setelah Facial Wajah, Hindari 8 Hal Berikut!

Dipublish tanggal: Jan 10, 2021 Update terakhir: Feb 22, 2021 Waktu baca: 2 menit
Setelah Facial Wajah, Hindari 8 Hal Berikut!

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Facial merupakan satu satu metode perawatan kulit wajah untuk membersihkan kulit wajah dan mengurangi penyumbatan pori-pori kulit penyebab jerawat dan komedo;
  • Metode facial terdiri dari beberapa tahap, mulai dari pembersihan wajah, pengelupasan, hingga pemberian nutrisi yang penting bagi kulit;
  • Beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah facial adalah menyentuh kulit wajah, menggunakan make up, berolahraga, aktivitas di bawah paparan sinar matahari langsung, perawatan sauna, waxing dan perawatan laser, menggunakan toner dan obat jerawat, serta membersihkan atau mencuci wajah dengan keras;
  • Klik untuk membeli paket facial dan perawatan kecantikan lainnya dengan promo menarik dan dokter berpengalaman melalui HDmall;
  • Gunakan fitur chat untuk berkonsultasi dengan apoteker kami secara gratis seputar obat dan paket kesehatan yang Anda butuhkan.

Facial merupakan satu satu metode perawatan kulit wajah untuk membersihkan kulit wajah dan mengurangi penyumbatan pori-pori kulit penyebab jerawat dan komedo. Sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan facial adalah:

  • Membersihkan kulit wajah;
  • Mengatasi masalah jerawat;
  • Mencegah penyumbatan pori-pori wajah;
  • Mengurangi komedo;
  • Mengeksfoliasi kulit (pengangkatan sel kulit mati);
  • Meningkatkan sirkulasi darah di area wajah;
  • Meremajakan kulit wajah;
  • Membuat kulit wajah tampak lebih lembut dan cerah;
  • Mengurangi munculnya efek penuaan seperti keriput.

Metode facial terdiri dari beberapa tahap, mulai dari pembersihan wajah, pengelupasan, hingga pemberian nutrisi yang penting bagi kulit. Facial wajah sendiri biasanya dilakukan oleh dokter spesialis kulit di klinik kecantikan.

Iklan dari HonestDocs
Derma Filler Wajah Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk meninggikan hidung, membentuk dagu supaya lebih Vshape, membentuk bibir supaya lebih menawan, dan menghilangkan kantung mata. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Derma filler wajah di genese clinic

Baca juga: Apa Saja Metode Perawatan Wajah yang Dapat Dilakukan Dokter Kecantikan?

Apa saja yang harus dihindari setelah facial?

Facial tidak boleh dilakukan setiap hari karena justru bisa menimbulkan kerusakan pada kulit. Selain itu, ada 8 hal lain yang harus dihindari setelah menjalani facial. Berikut ulasannya.

1. Menyentuh kulit wajah

Setelah facial, kulit akan cenderung lebih sensitif. Oleh karena itu, hindari menyentuh wajah dengan tangan karena bisa menyebabkan iritasi atau infeksi pada kulit. Anda juga tidak boleh memencet jerawat atau komedo yang muncul karena justru bisa memperbesar pori-pori akibat penyumbatan kotoran di permukaan kulit.

2. Menggunakan make up

Selain kulit menjadi lebih sensitif, wajah akan tampak memerah setelah facial. Namun,  Anda tidak perlu khawatir karena kondisi ini wajar dan akan menghilang dengan sendirinya beberapa jam setelah perawatan.

Berangkat dari situ, hindari penggunaan make up atau produk perawatan jenis apa pun pada kulit wajah, termasuk masker wajah, selama 72 jam setelah facial.

3. Paparan sinar matahari

Meski sinar matahari bermanfaat bagi tubuh, Anda harus menghindari paparan langsung setelah menjalani facial. Anda dapat beraktivitas dengan bebas di bawah terik matahari setelah 3-4 hari. Namun, jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen SPF 30, ya.

Iklan dari HonestDocs
Dermal Fillers Treatment di Reface Clinic

Dermal Filler merupakan perawatan wajah yang berfungsi untuk memperbaiki area tertentu yang memang diperlukan. Misalnya, untuk membantu mengatasi kerutan, garis halus atau cekungan yang disebabkan penuaan, meratakan tekstur dan menghaluskan kulit, hingga menghilangkan bekas luka. Perawatan wajah ini dilakukan dengan menyuntikan cairan seperti asam hialuronat atau kolagen, maupun zat sintesis kebagian wajah yang bermasalah, Contohnya pipi,hidung,bibir,rahang,dagu,area sekitar muka, dan lainnya. Perawatan dermal filler akan menjadikan wajah menjadi lebih berisi sehingga keriput atau garis-garis halus jadi tersamarkan.

Dermal fillers treatment di reface clinic

4. Sauna

Serupa dengan paparan langsung sinar matahari, Anda juga harus menghindari sauna setelah facial. Kondisi kulit yang masih sensitif bisa semakin parah jika terkena paparan cuaca panas sauna. Jadi, Anda disarankan untuk menunggu setidaknya 3 hari setelah facial jika ingin menjalani perawatan sauna.

Baca juga: Tips Memilih Jenis Facial yang Cocok untuk Anda

5. Aktivitas olahraga

Anda juga diharapkan tidak melakukan aktivitas terlalu berat seperti olahraga usai facial. Pasalnya, olahraga dapat memicu peningkatan panas di kulit serta keringat berlebih. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko iritasi kulit yang baru terkelupas saat perawatan facial. 

6. Pemakaian toner dan obat jerawat

Toner, face scrub, dan obat jerawat sebaiknya tidak digunakan setelah facial. Kandungan alkohol dalam toner bisa menyebabkan kulit kering dan iritasi, begitu pula dengan face scrub yang bisa merusak lapisan kulit wajah.

7. Waxing dan laser treatment

Anda tidak melakukan waxing dan perawatan laser di area sekitar wajah setelah facial. Pasalnya, perawatan demikian berisiko menimbulkan luka dan iritasi pada kulit wajah yang masih sensitif. Berkonsultasilah dengan dokter untuk memastikan kapan Anda bisa menjalani waxing dan perawatan laser.

8. Membersihkan wajah terlalu keras

Setelah facial, Anda juga tidak boleh membersihkan atau mencuci wajah dengan keras atau kasar. Perlu diingat bahwa kulit akan menjadi lebih sensitif setelah facial. Makanya, pastikan Anda membersihkan wajah dengan lembut dan perlahan, ya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tuntas

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
​Illumia Therapeutics. Facial Treatment Aftercare And Its Impact On Effectiveness. (https://www.illumiatherapeutics.com/articles/facial-treatment-aftercare-singapore)​​
​Eminence Organics. The Dos And Don’ts After A Facial. (https://eminenceorganics.com/ca/blog/2018/11/14/dos-and-donts-after-facial)
Self. What to Do After a Facial—and, More Important, What Not to Do. (https://www.self.com/story/what-to-do-after-a-facial)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app