Seks dan Hubungan

Pantang Ngeri Menghadapi Nyeri Haid

Update terakhir: Mar 5, 2019 Waktu baca: 1 menit
Telah dibaca 276.129 orang

Sindrom nyeri kala datang bulan acap dialami oleh para perempuan. Biasanya bahkan semenjak seminggu menjelang haid, para perempuan telah disambut dengan deraan ngilu pinggul, nyeri perut, migrain, perubahan mood bahkan permasalah selera makan.

Nyeri datang bulan ini dikarenakan oleh perubahan tingkat hormon esterogen dan progesterone. Hal ini mempengaruhi penurunan senyawa serotonin dalam tubuh yang bertanggung jawab mengatur mood dan mengatasi rasa nyeri.

Ada baiknya datang bulan tidak dijadikan momok yang ditakuti. Mengatur asupan makanan dan minuman dapat mengurangi deraan nyeri haid.

Memperbanyak serat dipercaya dapat memperlancar proses buang air. Hal ini sekaligus mengurangi kelebihan kandungan esterogen yang terjadi kala datang bulan. Kandungan esterogen yang berlebih adalah penyebab utama nyeri datang bulan.

Adapun beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi nyeri haid, antara lain:

  • Kurangi mengonsumsi daging-dagingan kala datang bulan
    Lemak jenuh yang terkandung dalam daging justru memperparah gejala nyeri haid
     
  • Kurangi Makanan Manis dan Tinggi Karbohidrat
    Ide mengonsumsi es krim atau kue-kue kecil dirasa dapat menenangkan galau dan nyeri saat nyeri mendera. Asumsi tersebut merupakan wacana yang keliru. Makanan manis dan berkabohidrat justru menghambat pembuangan esterogen dalam tubuh. Roti dan pasta justru akan mengakibatkan penumpukan esterogen
     
  • Say No to a Cup of Tea
    Banyak orang yang mengira meminum teh hangat akan meredakan gejolak nyeri perut. Padahal, mengonsumsi teh saat datang bulan biasanya justru menstimulasi hormon di payudara, yang akan mengakibatkan nyeri payudara
     
  • Say Hai to Protein
    Untuk menyeimbangkan kadar esterogen yang notabene-nya penyebab nyeri haid, para perempuan hendaknya mengonsumsi tahu dan tempe. Kandungan dalam tahu tempe dapat mengurangi ngilu pada bagian pinggul
     
  • Kurangi Makanan berperisa
    Cemilan yang asin juga bisa mengakibatkan perut kembung karena menekan kerja ginjal. Saat ginjal bekerja keras karena kekurangan cairan ini, otomatis deraan di pinggang akan terjadi.

Perempuan yang mengalami nyeri hadi biasanya disebabkan oleh rendahnya kandungan magnesium dan kalsium dalam tubuh. Kurangnya kandungan magnesium dan kalsium mengakibatkan migrain, dan memperburuk mood.

Baiknya rasa nyeri saat datang bulan tak lagi dianggap sesuatu yang membuat ngeri. Atasi sindrom datang bulan dengan langkah tepat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit