Operasi Kantung Mata

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
Operasi Kantung Mata

Kantung mata merupakan masalah banyak perempuan. Sebenarnya, kehilangan elastisitas kulit serta kendurnya otot-otot di sekitar wajah terutama di bagian sekeliling mata merupakan hal yang normal terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Lipatan kulit yang semakin kendur di bagian atas kelopak mata dan semakin mencekung dan bertambah dalam di bawah lipatan mata, tidak lagi sanggup menampung lemak di bawah mata sehingga menyebabkan timbulnya tampilan berkantung. Kantung mata ini akan semakin terlihat buruk dengan adanya paparan sinar matahari, asap dan  faktor keturunan. Akhirnya, tampilan wajah Anda pun menjadi lelah dan lebih tua dari usia Anda. 

Untuk mengatasi kondisi mata berkantung ini, operasi blepharoplasty untuk kantung mata dapat menjadi alternatif pilihan. Perlu diingat bahwa operasi kantung mata ini tidak akan menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata Anda maupun keriput karena pertambahan usia, dan hal ini hanya akan berfokus pada memperbaiki kondisi kantung mata.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Blepharoplasty sendiri memiliki tiga jenis pilihan untuk operasi kantung mata, seperti:
• Upper blepharoplasty, untuk mengatasi kelopak mata atas yang semakin berkantung dan bergelambir
• Lower blepharoplasty, untuk mengangkat dan memperbaiki kantung mata
• Upper and lower blepharoplasty, yang merupakan kombinasi keduanya

Prosedur blepharoplasty sendiri akan meliputi konsultasi sebelum operasi untuk mengetahui tindakan apa saja yang akan dilakukan oleh dokter Anda selama operasi sehingga Anda dapat mengetahui apa yang akan Anda hadapi. Jika bius lokal yang digunakan dalam prosedur ini, maka biasanya Anda diperbolehkan untuk langsung pulang setelah operasi selesai. Luka sayatan akan dilakukan di sepanjang garis alami yang membentuk kantung mata sehingga bekas lukanya akan terletak tepat di lipatan pada mata. Lemak dan kulit berlebih akan diangkat dan luka sayatan kemudian ditutup. 

Setelah dioperasi, area sekitar bekas operasi akan membengkak dan memar, dan Anda kemungkinan akan diharuskan memakai plester steril untuk menutup bekas jahitan. Pemberian salep akan diberikan oleh dokter yang mengoperasi Anda untuk mencegah mata Anda mongering dan mencegah terjadinya infeksi.

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Just M, et al. Effect of smoking on skin elastic fibres: Morphometric and immunohistochemical analysis. British Journal of Dermatology. 2007;156:85.
Vrcek I, et al. Infraorbital dark circles: A review of the pathogenesis, evaluation and treatment. Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery. 2016;9:65.
Patient education: Allergic rhinitis. American Academy of Family Physicians. https://www.clinicalkey.com/#!/content/patient_handout/5-s2.0-pe_AAFP_allergic-rhinitis_en.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app