Pengobatan

Kenali Obat dan Terapi Alami Untuk Mengatasi Tulang Rapuh

Dipublish tanggal: Mar 12, 2019 Update terakhir: Mar 4, 2020 Tinjau pada Mar 29, 2019 Waktu baca: 3 menit
Kenali Obat dan Terapi Alami Untuk Mengatasi Tulang Rapuh

Begitu mendengar judul artikel ini, apakah yang langsung terlintas dalam pikiranmu untuk pertama kalinya? Ya, bila yang terlintas ialah tulang keropos, tulang lemah dan tulang yang mudah patah. 

Benar sekali tulang rapuh memang sama keadaannya dengan keadaan tulang-tulang tersebut. Untuk kamu para pemuda pemudi mungkin topik ini tidak terlalu menarik ya, tapi tidak ada salahnya untuk terus menyimak topik satu ini karena tulang rapuh ternyata ga hanya terjadi pada orang yang usianya sudah tua aja loh guys, kamu pun yang masih muda bisa berpeluang mengalami tulang yang rapuh. 

Untuk itu di artikel kali ini, kita akan sharing obat – obatan yang dapat digunakan sebagai obat dan terapi bagi tulang rapuh.

Tulang Rapuh

Tulang rapuh atau lebih dikenal dengan nama tulang keropos ialah suatu keadaan dimana tulang dalam kondisi lemah dan lebih mudah patah. Penyakit yang biasa menyerang tulang rapuh disebut penyakit osteoporosis. 

Penyakit ini umumnya disebabkan oleh kekurangan asupan kalsium pada tulang seseorang dan lebih banyak menyerang seseorang diatas usia 40 tahunan. 

Keberadaan tulang sendiri ibaratnya sebagai tiang – tiang dalam tubuh manusia dimana tulang merupakan struktur yang membentuk otot, melindungi organ-organ dalam tubuh serta dapat menyimpan berbagai zat mineral yang dibutuhkan tubuh seperti fosfor dan kalsium. 

Bila tulang mudah rapuh dan patah, maka akan menyebabkan tulang merasa nyeri dan sakit begitu digerakkan, fleksibilitas dalam bergerakpun menurun dan menjadi lebih kaku, serta sendi yang terasa lemas.

Obat alami mengatasi Tulang Rapuh

Nah untuk mengatasi berbagai masalah tulang rapuh ini, maka ada beberapa bahan – bahan alami yang dapat kamu gunakan dan dijamin bermanfaat bagi kesehatan tulangmu. Adapun beberapa bahan – bahan alami seperti dibawah ini:

  • Daun Alfalfa (Medicago latifa) Daun yang sering dijadikan pakanan ternak bagi hewan seperti sapi, kambing, kerbau dan kuda ini umumnya sering disepelekan pemakaiannya oleh manusia.  Namun ternyata daun alfalfa ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk tulang manusia karena terbukti mengandung mineral yang baik bagi tulang seperti zinc,  kalsium, silika, boron dan magnesium.   Daun ini bahkan mengandung vitamin D dan K serta phystoestrogen. Kamu dapat mengkonsumsi daun alfalfa untuk merasakan manfaat ajaib dari daun ini untuk tulangmu. 
  • Teh Hijau (Camellia sinensis) Ya, teh hijau memang memiliki manfaat yang begitu baik bagi tubuh manusia, baik dalam melancarkan metabolisme tubuh, pencernaan tubuh serta dalam melawan radikal bebas bagi tubuh manusia. Ini disebabkan kandungan antioksidan yang sangat tinggi yang terdapat pada teh hijau.  Ternyata kandungan antioksidan yang terdapat dalam teh hijau yang bernama catechin merupakan sejenis antioksidan yang sangat baik dalam mengobati tulang-tulang yang rapuh. Kamu cukup mengkonsumsi rebusan air teh hijau ini secara rutin untuk mendapatkan tulang yang sehat dan kuat loh guys.  Selain tulang kuat, kamupun akan mendapatkan bentuk badan yang lebih ideal dikarenakan teh hijau juga memiliki kemampuan dalam melunturkan lemak-lemak di tubuhmu. 
  • Tanaman Ekor Kuda  (Eqiusetum sp) Tanaman ekor kuda ialah tanaman yang kaya akan kandungan mineral silika.  Mineral silika sendiri ialah mineral yang memiliki peran penting dalam merawat serta menumbuhkan tulang, rambut dan kuku setiap manusia sehingga mengkonsumsi tanaman ekor kuda secara medis mampu membuat tulang, kuku dan rambut mu menjadi lebih sehat dan kuat.  Kamu dapat mengkonsumsi tanaman ekor kuda dengan cara merebusnya dengan air matang dan mengambil ekstrak air rebusan tanaman ekor kuda lalu meminumnya.   Secara medis tanaman ekor kuda sudah dinyatakan memang dapat menambahkan kepadatan tulang serta menyehatkan tulang bila mengkonsumsi air rebusannya rutin selama satu tahun penuh.  Namun perlu kamu ingat bahwa tanaman ekor kuda memilki kandungan nikotin yang cukup tinggi sehingga tidak dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil serta anak-anak.
  • Ginseng
  • Akar manis (Glycyrrhiza glabra)

Aktifitas fisik sebagai terapi untuk memperkuat Tulang Rapuh

Ada beberapa aktifitas fisik yang mudah sekali dan dapat dilakukan untuk kamu yang memiliki tulang rapuh. Kamu dapat secara rutin berjalan kaki setiap pagi dan sore, senam aerobik, dancing, naik turun tangga, mengangkat beban, berolahraga seperti bermain tenis, badminton, running, jogging, yoga dan taichi sebagai latihan dan terapi yang sangat mudah dan baik untuk kesehatan tulang mu. 

Selan itu ingatlah untuk rutin mengkonsumsi vitamin D dan kalsium sebagai makanan utama tulangmu ya. Minumlah susu secara rutin untuk menjaga kesehatan tulangmu juga. 

 

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
OsteoporosisLinkedInPrintLinkedInPrint. National Institute on Aging. (https://www.nia.nih.gov/health/osteoporosis)
Osteoporosis - Treatment. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/osteoporosis/treatment/)
How to increase bone density naturally. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/325903)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app