Seks dan Hubungan

Kenali Penyebab Nyeri pada Testis Pria

Dipublish tanggal: Mar 10, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Agu 27, 2019 Waktu baca: 3 menit
Kenali Penyebab Nyeri pada Testis Pria

Ya, seperti sudah tertulis di judul atas artikel, kali ini kita akan membahas mengenai nyeri pada testis pria. Seperti yang kita ketahui bersama, keberadaan testis pada pria merupakan organ reproduksi yang vital dan penting bagi setiap pria. 

Nah apakah berbahaya bila testis terasa nyeri dan sakit? Yuk kita simak lebih lanjut mengenai topik menarik ini untuk menambah informasi dan pengetahuanmu.

Testis pada pria

Seperti yang sudah dikatakan diatas bahwa keberadaan testis pada pria merupakan hal yang sangat penting dan vital karena berhubungan dengan organ reproduksi seorang pria. 

Testis ialah kelenjar kelamin jantan yang terdapat pada setiap kaum pria (baik manusia maupun hewan ). Setiap pria normalnya akan mempunyai dua testis yang dibungkus dengan dua kantong longgar bernama skrotum yang memiliki fungsi dalam memproduksi dan menyimpan sperma dan hormon pria seperti testosteron

Testis sendiri letaknya bergantung pada sisi kanan dan kiri bagian belakang penis. Ukuran testis seorang pria juga tidak sama rata di kiri dan kanannya karena yang satu umumnya akan lebih besar dibanding sisi satunya. 

Selain itu posisinya pun cenderung tidak rata, yang sisi satu biasanya akan lebih rendah dibanding sisi satunya. Keadaan ini normal dan tidak perlu dikhawatirkan ya guys.

Penyebab rasa nyeri pada Testis pria

Testis yang sehat umumnya ialah testis yang tidak akan menimbulkan rasa nyeri maupun sakit serta keluhan lainnya.  Biasanya testis akan terasa halus, tanpa tonjolan ataupun adanya bengkak. 

Namun yang perlu kamu ketahui ialah testis merupakan kelenjar yang sangat sensitif dimana ada gangguan sedikit saja maka kaum pria bisa merasakan rasa tidak nyaman atau nyeri dan sakit pada bagian testisnya. 

Untuk itu ada beberapa kondisi yang menjadi penyebab rasa nyeri pada testis yang harus kamu ketahui seperti :

  • Varikokel
    Ini merupakan gangguan kesehatanyang terjadi pada testis karena adanya gangguan atau hambatan pembuluh darah di sekitar testis. 

  • Kista Epididimis
    Merupakan suatu tonjolan yang terjadi karena berkumpulnya cairan dalam saluran epiddidimis atau jaringan di belakang testis.

  • Epididimitis
    Epididimitis ialah suatu kondisi peradangan yang terjadi pada jaringan belakang testis atau jaringan epididimis yang menyebabkan munculnya pembengkakan di dalam area skrotum sehingga menyebabkan area skrotum menjadi memerah.

  • Hernia Inguinalis
    Hernia atau lebih kita kenal dengan sebutan turun bero ialah hal yang biasa terjadi dan ditandakan dengan adanya tonjolan jaringan lunak di bagian selangkangan atau di bagian skrotum.

    Keadaan hernia inguinalis ini dapat muncul ketika dinding abdomen berkembang sehingga usus terdorong ke bagian bawah melalui celah pada dinding perut dan menyebabkan area skrotum menjadi membengkak serta menimbulkan rasa nyeri dan sakit pada testis. 

  • Neuropati Diabetik
    Di kondisi ini, nyeri dans akit yang terasa pada testis diakibatkan oleh adanya kerusakan saraf yang disebabkan oleh penyakit diabetes dan mempengaruhi testis sehingga testis terasa nyeri dan sakit. 

  • Hidrokel
    Hidrokel merupakan suatu kondisi dimana terjadi pembengkakan pada area skrotum akibat terjadi penumpukan cairan pada salah satu atau dua testis pria sehingga skrotum membesar dan terasa nyeri dan tidak nyaman.

  • Kanker Testis
    Kanker pada testis ditandai dengan perubahan sel sel dalam testis yang berubah menjadi sel sel ganas. Sel sel ganas ini biasanya akan membuat area skrotum membesar dan menimbulkan rasa nyeri dan sakit yang kuat bagi pria.

  • Torsi
    Torsi merupakan kondisi sangat urgent dimana seorang pria yang mengalami torsi harus segera dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis.

    Torsi sendiri dapat terjadi saat salah satu testis terpelintir secara tidak sengaja di area skrotum sehingga menyebabkan penurunan aliran darah ke testis yang sedang terpelintir. 

  • Batu Ureter
    Batu Ureter bisa terjadi akibat turunya batu ginjal ke bagian ureter. Gerakan penurunan batu ginjal inilah yang biasanya menimbulkan kontraksi serta tekanan pada area skrotum sehingga akan terasa nyeri dan sakit pada bagian testis pria.
  • Radang dan cedera Testis
    Radang testis atau orchiditis merupakan peradangan yang terjadi pada bagian testis dan tentunya sama seperti peradangan pada area tubuh lainnya yang akan menimbulkan nyeri dan sakit. Sedangkan cedera testis ialah keadaan dimana testis cedera.

Bila testis Anda terasa sakit dan nyut-nyutan dalam beberapa hari dan tidak berhenti, segera periksakan dirimu ke dokter maupun rumah sakit terdekat secepatnya. 

Jangan malu atau sungkan memeriksakan keadaan testis mu ke dokter karena penanganan yang cepat dan tepat akan menjaga kesehatan testis dan organ reproduksi Anda. 

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app