Mengenal Bagian Otak dan Fungsinya Bagi Tubuh

Dipublish tanggal: Sep 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Otak adalah organ vital pada manusia yang dilindungi oleh tulang tengkorak. Otak memiliki fungsi sangat penting bagi kehidupan. 

Otak juga memiliki beberapa bagian dan fungsi tersendiri. Masing-masing bagian memiliki tugas yang akan mempengaruhi sistem kerja tubuh. Berikut beberapa tugas dari bagian otak yang perlu diketahui.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Otak merupakan organ yang sangat penting bagi kehidupan otak juga organ yang paling kompleks yang terdapat pada tubuh manusia. 

Otak terdiri dari 100 milyar sel syaraf yang terhubung dan berkomunikasi dalam banyaknya koneksi yang bisa disebut juga dengan sinaps. 

Otak berada dikepala sebagai pusat kendali, otak dilindungi oleh pembungkus yang biasa di sebut sebagai selaput otak (mininges) dan penutup yang keras yang biasa kita sebut sebagai tengkorak.

Pada bagian dasar, otak terhunung ke sistem saraf tulang belakang. Kedua organ tersebut, yaitu otak dan saraf tulang belakang biasa disebut dengan sistem saraf pusat (SSP). 

Tugas dari daraf tulang belakang adalah mengirim informasi menuju otak. Kemudian, sistem saraf pusat akan bekerja sama dengan sistem saraf perifer untuk menyampaikan pesan ke tubuh. Kedua sistem ini yang memberikan seseorang dapat berjalan, berbicara, dan melakukan banyak aktifitas lainnya.

Bagian Otak dan fungsinya yang perlu anda ketahui

Terdapat 3 bagian utama didalam otak yaitu otak kecil (cerebellum), otak besar (cerebrum) dan batang otak (brainstem).

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Otak besar (cerebrum)

Cerebrum sesuai dengan namanya otak ini merupakan bagian terbesar, cerebrum dibagi menjadi 2 bagian yaitu terdapat belahan otak kanan dan belahan otak kiri. Kedua belahan tersebut dihubungkan dengan serabut saraf yang terdapat dibagian bawah. 

Terdapat 2 belahan yang akan mengkontrol tubuh yaitu belahan kanan yang akan mengkontrol bagian kiri tubuh dan belahan otak kiri yang akan mengkontrol bagian kanan tubuh. 

Terdapat bagian luar cerebrum yang bisa disebut dengan cerebral cortex (grey matter). bagian ini merupakan area otak sel saraf akan membuat koneksi yang dinamai dengan sinaps, yaitu system saraf yang akan mengendalikan kegiatan dan aktivitas otak. 

Bagian dalam dari cerebrum mengandung sel-sel saraf bermelin yang dapat memberikan informasi antara otak dan saraf tulang belakang. 

Pada dasarnya otak besar dibagi menjadi 4 bagian yang bisa disebut dengan lobus, yakni lobus frontal (depan), patietal (atas), temporal (samping), dan oksipital (belakang).

  • Lobus frontal berfungsi untuk mengendlikan gerakan, ucapan, perilaku, memori, emosi, kepribadian dan fungsi intelektual, seperti proses menyelesaikan masalah, pengambilan sebuah keputusan, dan perencanaan.
  • Lobus parietal berfungsi untuk mengendalikan sensasi, seperti sentuhal, rasa sakit, suhu.
  • Lobus temporal berfungsi untuk mengendalikan panca indera pendengaran, ingatan  dan emosi, lobus temporal juga mengendalikan fungsi bicara.
  • Lobus okspital yang berfungsi untuk mengendalikan pengelihatan.

Otak kecil

Cerebellum atau otak kecil terletak dibagian bawah otak besar yang terdapat dibagian belakang otak lebih tepatnya dibawah lobus okspital. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Otak kecil juga memiliki 2 bagian otak sama seperti otak besar yang memiliki warna abu dan putih. Otak kecil memiliki fungsi dan tanggung jawab untuk mengatur gerakan, kesimbangan, mengatur posisi dan sikap tubuh, hingga mengkoordinasi otot. 

Cerebellum sangat penting untuk mengkontrol kita dalam bermain video game dan juga mengendalikan gerakan halus.

Batang otak

Batang otak adalah seikat jaringan saraf di dasar otak. Fungsinya sebagai pemancar yang menghubungkan otak besar ke saraf tulang belakang. Serta mengirim dan menerima informasi antara tubuh dengan otak. 

Batang otak memilik 3 bagian yaitu otak tengah, pons, dan medulla oblongata. Otak tengah memiliki fungsi sebagai pusat gerak ocular penting, pons berfungsi untuk mengkoordinasi gerakan mata dan wajah, menangkap sensari wajah, pendengaran dan keseimbangan. 

Dan yang terakhir medulla oblongata berfungsi untuk mengendalikan pernapasan, tekanan darah, irama jantung, serta menelan. 

Bagian penting lainnya dari otak

selain 3 struktur penting diatas terdapat juga beberpa bagian penting lainnya  diantaranya ;

  • cairan serebrospinal cairan bening yang melindungi otak dan sarat fulang belakang, cairan ini memiliki fungsi untuk membasahi serta melinfungi otak dan saraf tulang belakang. Membawa nutrisi dari darah menuju ke otak
  • pleksus koroid yang berada di bagian ventrikel di otak yang fungsinya untuk membuat cairan serebrospinal.
  • meninges lapisan membrane tipus yang fungsinya untuk melindungi otak dan saraf tulang belakang.
  • corpus collosum seikat serabut saraf yang berada di antara 2 belahan otak. Serabut yang menghubungkan otak kiri dan itak kanan.
  • talamus berfungsi sebagai pemancar semua informasi yang datang dan berjalan diantara otaj dan seluruh system saraf.
  • hypothalamus berfungsi untuk mengeluarkan hormone yang mengatur metabolism, reproduksi, tekanan darah, emosi, nafsu makan dan pola tidur.
  • Ventikelruangan yang berisi cairan yang berada didalam otak.
  • Kelenjar pineal berfungsi untuk perkembangan seksual serta menghasilkan beberapa hormone seperti hormin melatonin.
  • System limbic berfungsi untuk mengatur emosi atau perasaan.

Otak merupakan bagian terpenting di kehidupan manusia dan merupakan bagian yang sangat kompleks dan unik.  Menjaga kesehatan otak menjadi hal yang penting agar kesehatan tetap terjaga. 

Berikut beberapa yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan otak, yaitu berolahraga, mengkonsumsi cukup nutrisi, senam otak, usahakan selalu melindungi kepala dari benturan, serta hindari merokok dan minuman beralkohol.

17 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app