Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kesehatan Fisik

Mengatasi Insomnia

Update terakhir: Jan 20, 2020 Waktu baca: 1 menit
Telah dibaca 1.233.480 orang

Mengatasi Insomnia

Pernahkah Anda mengalami kesulitan tidur saat orang lain telah terlelap? Atau Anda pernah  terbangun  dari tidur di malam hari? Mungkin Anda sedang mengalami insomnia.

Insomnia dapat disebabkan beberapa faktor seperti pikiran, kurangnya olahraga ataupun adanya indikasi penyakit serius pada tubuh. Meski terlihat memperburuk kualitas hidup seseorang, bukan berarti Insomnia tidak dapat diatasi.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan guna mengatasi insomnia :

  • Hentikan mengkonsumsi kafein, minuman beralkohol dan rokok terutama pada sore dan malam hari
     
  • Pastikan kamar Anda gelap, dan tenang guna mempermudah Anda terlelap. Keadaan gelap mampu mempercepat keluarnya hormon penenang (melatonin) dari otak sehingga membuat tidur lebih lelap
     
  • Jangan biarkan binatang peliharaan Anda tidur di kamar Anda. Jadikan kamar Anda tempat untuk tidur, bukan membaca, menonton atau bermain bersama binatang kesayangan
     
  • Berolahragalah secara teratur. Olahraga yang baik dapat dimulai pada pukul enam pagi hari sebelum beraktifitas. Hindari berolahraga 3-4 jam sebelum tidur karena dapat menstimuli tubuh untuk tetap aktif
     
  • Hindari makan malam dan minum terlalu banyak. Makanlah paling tidak dua jam sebelum Anda terlelap di malam hari
     
  • Jangan paksa diri Anda untuk tidur. Biarkan diri Anda terlelap dengan sendirinya. Membaca buku atau mengkonsumsi susu hangat 30 menit sebelum tidur dapat membantu Anda lebih cepat mengantuk
  • Tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap hari. Hindari tidur siang karena dapat mempersulit Anda tidur di malam hari
     
  • Letakkan bantal pada lutut, dan tidurlah menyamping. Posisi seperti ini dapat mengurangi pegal pada bagian punggung serta menegakkan posisi punggung, sehingga Anda akan tidur lebih lelap.

Jika insomnia masih berlangsung lebih dari satu bulan, segera periksakan diri Anda ke dokter guna mendapat pengobatan lebih lanjut, karena insomnia juga mengindikasikan seseorang pada gangguan kesehatan seperti alergi, depresi, asma, dll.


15 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit