Mau Melawan Rasa Ingin Merokok? Lakukan 6 Tips Berikut

Dipublish tanggal: Mei 17, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Mau Melawan Rasa Ingin Merokok? Lakukan 6 Tips Berikut

Memiliki kebiasaan merokok memang tidak dapat dihentikan dalam waktu yang cepat. Apabila Anda ingin menghentikan kebiasaan merokok, Anda membutuhkan beberapa trik agar rasa ingin merokok tidak muncul kembali. 

Meskipun menghilangkan kebiasaan merokok bukanlah perkara yang mudah, namun setidaknya Anda sudah mencobanya untuk menghentikan kebiasaan buruk Anda tersebut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Cobaan rasa ingin merokok memang akan jauh lebih berat dirasakan bagi Anda yang sedang mencoba menerapkan gaya hidup yang sehat dengan tidak merokok. Untuk lebih memudahkan Anda agar menghilangkan rasa ingin merokok ketika sedang berhenti merokok, Anda dapat mengikuti trik cerdas seperti berikut ini:

Perhatikan lingkungan sekitar

jika Anda tidak ingin tergoda untuk merokok, tentunya Anda tidak dianjurkan untuk ikut bergabung dengan orang-orang yang merokok. Hindari orang-orang yang suka merokok, baik itu teman maupun orang lain yang ada di sekitar Anda. 

Jika Anda sudah berhadapan dengan orang yang merokok dan Anda tergiur untuk merokok, cobalah untuk pergi menghindar dan mencari tempat yang dilarang merokok.

Gantikan rokok dengan permen

Apabila Anda ingin berhenti merokok, maka lidah akan terasa kecut dan tidak enak jika tidak merokok. Jangan biarkan niat baik Anda gagal akibat rasa ingin merokok Anda yang semakin membara. Langkah untuk mengatasi lidah yang kecut yaitu dengan menggantikan rokok dengan permen.

Jangan biarkan mulut anda kosong

Jika Anda tidak terbiasa dengan mulut yang kosong, maka Anda dapat menggantikan kebiasaan merokok Anda dengan mengkonsumsi buah-buahan, jus, mengemil makanan yang Anda sukai, mengunyah permen karet atau yang lainnya.

Jangan biarkan diri anda berdiam diri

jika Anda tidak melakukan aktivitas apa pun, sering kali rasa ingin merokok akan muncul dan membuat Anda ingin mencoba untuk merokok kembali. Untuk mengatasi hal ini, jangan biarkan usaha Anda selama ini sia-sia hanya karena Anda sedang tidak melakukan aktivitas apa pun. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Solusi yang dapat untuk Anda lakukan yaitu dengan tidak membiarkan diri Anda berdiam diri.

Lakukan aktivitas yang membuat Anda melupakan kebiasaan merokok. Misalnya seperti melakukan olahraga, bermain game, berkumpul dengan keluarga, tidur, maupun aktivitas lain yang membuat Anda lupa akan merokok.

Tarik napas dalam-dalam

Merokok dianggap sebagai salah satu cara untuk menenangkan pikiran, karena dengan merokok, kita bisa menghisap rokok dalam-dalam. Apabila rasa ingin merokok tersebut muncul, maka lakukan cara yang sama, yaitu dengan menghirup napas dalam-dalam sambil memejamkan mata Anda.

Dengan menghirup napas panjang-panjang, Anda bisa merasakan udara bersih yang masuk ke paru-paru Anda bersih dan terbebas dari nikotin. Nikmati setiap udara yang Anda hirup dan ingat kembali alasan mengapa Anda harus berhenti merokok.

Sugesti

Percayakah Anda? Bahkan kekuatan sugesti dapat membuat Anda menghentikan kebiasaan merokok dan menghilangkan rasa ingin merokok. Jika Anda belum mempercayainya, sepertinya Anda harus mencobanya. 

Cara yang dapat Anda lakukan yaitu dengan memberikan sugesti pada diri Anda sendiri bahwa rokok itu tidak enak, rokok itu tidak sehat maupun sugesti yang lainnya.

Melalui sugesti itulah secara perlahan akan membantu Anda untuk menghilangkan kebiasaan merokok Anda sekaligus menghentikan keinginan Anda untuk merokok kembali.

Merokok memang bukanlah hal yang mudah dilakukan. Bagi para perokok berat yang ingin berhenti merokok tentunya bisa merasakan betapa susahnya berhenti merokok bukan? Meskipun demikian, bulatkan tekad Anda untuk berhenti merokok dan tetapkan target kapan Anda bisa benar-benar berhenti merokok.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Quit Smoking: How to Fight Nicotine Cravings. WebMD. (https://www.webmd.com/smoking-cessation/features/surviving-without-smoke)
Quit smoking. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/quit-smoking/)
What happens after you quit smoking? A timeline. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/317956)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app