Kebiasaan Sehat

Manfaat Pijat Refleksi Kaki Bagi Kesehatan

Dipublish tanggal: Apr 29, 2020 Update terakhir: Apr 29, 2020 Waktu baca: 2 menit
Manfaat Pijat Refleksi Kaki Bagi Kesehatan

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Pijat refleksi kaki mungkin bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman akibat pegal sehingga lebih rileks. Selain itu, ada banyak manfaat lain pijat refleksi kaki termasuk menurunkan rasa cemas
  • Dengan pijat refleksi kaki, maka peredaran darah akan lebih lancar dan membantu memperbaiki kerusakan saraf pada jaringan dan otot tubuh. Pijat refleksi kaki juga dapat meningkatkan hormon endorfin untuk meningkatkan mood dan menurunkan tingkat stress ataupun kecemasan
  • Manfaat pijat refleksi kaki diketahui dari hasil studi dan penelitian kepada para pasien kanker maupun pasien penyakit jantung ketika sedang menjalani perawatan medis bersamaan dengan pijat refleksi ini
  • Pijat refleksi sendiri merupakan metode pengobatan tradisional yang berasal dari kepercayaan China kuno, yaitu ‘qi’ (baca: chee) berarti energi vital yang dapat menjaga keseimbangan tubuh. Karena pijat refleksi kaki dapat membantu menjaga energi atau ‘qi’ mengalir ke seluruh tubuh

Kaki terasa pegal dan sakit setelah seharian jalan kaki? Mungkin dengan pijat refleksi kaki dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman tersebut. Tetapi selain menciptakan rasa rileks, pijat refleksi kaki juga memiliki manfaat kesehatan yang baik.

Salah satu manfaat utama pijat refleksi kaki adalah untuk meningkatkan sirkulasi darah serta membantu menjaga dan memperbaiki jaringan dan otot tubuh. Hal tersebut menjadi sangat penting terutama bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan terkait peredaran darah yang buruk atau akibat terjadinya kerusakan saraf.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Dengan melakukan pijat refleksi kaki, maka sistem saraf akan terangsang dan menjadi aktif sehingga akan meningkatkan bahan kimia pada otak, termasuk hormon endorfin. Selain itu, manfaat pijat refleksi kaki lainnya juga dapat membantu meredakan stress dan meningkatkan semangat energi untuk kembali beraktivitas. 

Baca juga: 15 Kemungkinan Penyebab Badan Pegal Linu

Manfaat utama pijat refleksi kaki bagi kesehatan

Meski belum ada begitu banyak hasil penelitian terkait pijat refleksi kaki, tetapi para ahli kesehatan mengatakan bahwa refleksi kaki dapat membantu mengurangi gejala tidak nyaman yang dirasa serta melengkapi atau meningkatkan metode perawatan medis demi kualitas hidup yang lebih baik.

1. Mengurangi rasa sakit

Dalam sebuah studi yang didanai oleh National Cancer Institute, metode pijat refleksi kaki yang diterapkan kepada pasien wanita yang menderita kanker payudara stadium lanjut ketika menjalani perawatan medis kemoterapi menunjukkan tanda atau gejala kanker yang dialami termasuk sesak nafas dikabarkan berkurang.

Pijat refleksi kaki yang teratur dilakukan selama sekitar 2 bulan juga diperkirakan berpengaruh pada pengurangan rasa nyeri yang dialami wanita ketika premenstrual syndrome (PMS). Tetapi penelitian lanjutan mengenai manfaat pijat refleksi kaki masih perlu dilakukan.

2. Menurunkan rasa cemas

Studi penelitian terkait manfaat pijat refleksi kaki yang dilakukan pada penderita kanker payudara dan kanker paru paru untuk menurunkan rasa cemas diperkirakan cukup berhasil. Selain itu, penurunan gangguan kecemasan secara signifikan juga diketahui setelah pasien operasi jantung mendapatkan perawatan refleksi kaki selama 20 menit sekali selama 4 hari.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Manfaat lain pijat refleksi kaki bagi kesehatan

Pijat refleksi sendiri merupakan metode pengobatan tradisional yang berasal dari kepercayaan China kuno, yaitu ‘qi’ (baca: chee) berarti energi vital. Hal tersebut dianggap dapat mempengaruhi keseimbangan tubuh bahkan dapat menyebabkan timbulnya suatu penyakit. Untuk itu, pijat refleksi kaki dilakukan demi menjaga energi atau ‘qi’ mengalir ke seluruh tubuh.

Pijat refleksi kaki juga tidak boleh dilakukan sembarangan karena titik refleksi akan berpengaruh pada titik saraf tubuh bagian tertentu. Umumnya titik refleksi utama berada di kaki, seperti misalnya titik refleksi kaki kiri dan titik refleksi kaki kanan. 

Selain dua manfaat utama pijat refleksi kaki di atas, yakni mengurangi rasa sakit dan menurunkan rasa cemas, berikut ini manfaat lain pijat refleksi kaki bagi kesehatan, di antaranya:

  • Melancarkan sirkulasi darah
  • Meningkatkan sistem imun tubuh
  • Mengurangi rasa nyeri seperti sakit punggung
  • Meningkatkan kesuburan
  • Menjaga kesehatan saluran cerna
  • Mengurangi gejala insomnia atau sulit tidur

Baca juga: Cara Alami Melancarkan Sirkulasi Darah

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app