Manfaat Petroleum Jelly Bagi Tubuh

Dipublish tanggal: Nov 13, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Des 17, 2019 Waktu baca: 4 menit
Manfaat Petroleum Jelly Bagi Tubuh

Salah satu jenis produk petroleum jelly mungkin sudah begitu familiar karena dipercaya memiliki beragam manfaat untuk mengatasi masalah kulit. Apakah Anda mengetahui fungsi dan manfaat petroleum jelly?

Kandungan pada petroleum jelly sendiri terdiri dari campuran minyak mineral dan lilin yang membuat lemak semisolid sehingga bentuknya cukup berminyak dan lengket. Petroleum jelly termasuk dalam salah satu pelembab yang dapat digunakan untuk melembabkan kulit kering, mengatasi kaki pecah-pecah, dan melembabkan bibir yang kering.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Baca juga: Cara Mengatasi Kulit Kering

Manfaat petroleum jelly bagi tubuh

Namun ternyata selain manfaat di atas, petroleum jelly juga memiliki manfaat penting lainnya yang baik bagi tubuh. Berikut ini beberapa manfaat petroleum jelly selain untuk mengatasi kulit kering, di antaranya:  

Membantu menyembuhkan luka

Selain mengatasi kulit kering, manfaat petroleum jelly adalah dapat membantu menyembuhkan luka. Petroleum jelly mengandung beberapa mineral sehingga dapat membantu menyembuhkan luka ringan seperti luka lecet dan tergores supaya kulit tetap lembab dan tidak menimbulkan kerak atau bekas luka.

Luka yang mengering dan telah membentuk kerak akan membutuhkan waktu lama untuk kembali pulih dan menghilang. Maka dari itu, diperlukan petroleum jelly saat lecet atau tergores untuk dioleskan pada area sekitar luka. Selain itu, petroleum jelly juga dapat mencegah bekas luka menjadi lebih parah dan  mengurangi rasa gatal.

Mengatasi ruam popok dan stretch mark

Apabila bayi rentan mengalami ruam akibat penggunaan popok, Anda bisa mengatasinya dengan mengaplikasikan petroleum jelly pada kulit bayi. Tetapi penggunaannya perlu diperhatikan, jika ruam bertambah parah berarti kulit bayi sensitif dan tidak cocok.

Selain itu, petroleum jelly juga ampuh mengatasi stretch mark pada kulit, terlebih pada ibu hamil. Caranya dengan mengoleskan petroleum jelly pada guratan stretch mark setelah mandi dan malam sebelum tidur.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Baca juga: Tips Mencegah dan Mengobati Stretch Marks

Menghapus make up tahan air

Petroleum jelly juga bisa digunakan untuk menghapus make up tahan air. Petroleum jelly mengandung minyak sehingga dapat digunakan untuk menghapus make up yang waterproof atau tahan air. 

Cara menggunakan petroleum jelly untuk menghapus riasan wajah atau make up, yaitu dengan mengoleskannya ke area yang masih terdapat riasan dan ingin dihapus, misalnya area mata. Kemudian tekan dengan lembut menggunakan kapas bagian yang ingin dibersihkan. Untuk menghindari petroleum jelly masuk ke mata, sebaiknya Anda menutup mata saat membersihkan area sekitar mata agar tidak menimbulkan iritasi.

Mencegah iritasi kulit akibat gesekan

Kulit bisa saja mengalami iritasi apabila bergesekan dengan pakaian, misalnya karena penggunaan celana jeans yang terlalu ketat ataupun bergesekan dengan kerah pakaian yang terlalu keras dalam waktu yang cukup lama. Gesekan pakaian dengan kulit ini dapat membuat kulit menjadi terasa perih. Maka dari itu, iritasi kulit akibat gesekan dengan pakaian dapat dicegah dengan cara mengoleskan petroleum jelly ke kulit yang mengalami iritasi.

Mencegah noda pewarna menempel di kulit

Anda bisa mengoleskan petroleum jelly di sepanjang garis rambut saat hendak mewarnai atau mengecat rambut. Hal ini dapat mencegah pewarna rambut menempel pada kulit kepala. Anda juga bisa mengoleskan petroleum jelly di kulit sekitar kuku saat mengecat kuku menggunakan kuteks. Hal ini dapat mencegah kuteks menempel di kulit dan membuatnya menjadi lebih mudah dibersihkan.

Membuat eye shadow lebih tahan lama

Petroleum jelly juga dapat membuat eye shadow tahan lebih lama dan lebih cerah. Sebelum menggunakan eye shadow, Anda bisa mengoleskan sedikit petroleum jelly di kelopak mata dan dijamin eye shadow Anda lebih tahan lama.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Selain penting digunakan sebagai alas make up, petroleum jelly juga dapat membantu mengurangi risiko munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput halus pada wajah terutama di area mata yang memiliki kulit lebih tipis.

Membuat bulu mata dan alis mata lebih tebal

Anda bisa membuat alis mata tampak lebih tebal dan rapi dengan menggunakan petroleum jelly. Anda bisa mengoleskan petroleum jelly lalu pijat perlahan, selanjutnya sisir alis Anda ke arah luar. Tak hanya alis, bulu mata pun dapat terlihat lebih lentik jika sering dioleskan petroleum jelly. Hal ini juga dapat memperkuat bulu mata agar tidak mudah rontok.

Baca juga: Cara Menumbuhkan Alis dan Bulu Mata secara Cepat dan Alami

Mengatasi rambut bercabang

Petroleum jelly tak hanya bagus bagi kulit, tetapi juga baik untuk kesehatan rambut dan membuat rambut tetap mengkilau. Salah satu manfaatnya adalah dapat mengatasi rambut bercabang. Caranya adalah dengan mengoleskan petroleum jelly pada telapak tangan dan menggosokkannya perlahan pada ujung rambut untuk mengurangi masalah rambut kering dan bercabang.

Meredakan iritasi kulit akibat terkena sinar matahari

Apabila Anda terpapar sinar matahari terlalu lama, maka kulit Anda akan menjadi kering, kemerahan, dan gatal. Selain iritasi pada kulit, gejala eksim (dermatitis) pada kulit juga dapat diatasi dengan mengoleskan petroleum jelly. Hindari pula paparan sinar matahari untuk membantu mengembalikan kelembaban kulit dan Anda juga bisa mengunjungi dokter kulit apabila timbul luka yang mengganggu serta melakukan kompres dengan air dingin. 

Selain bermanfaat bagi kulit, petroleum jelly juga dapat berfungsi untuk melumasi barang tertentu. Apabila engsel pintu macet dan tidak bisa bergerak, Anda bisa melumasinya menggunakan petroleum jelly supaya mudah digerakkan kembali. Tak hanya itu, saat Anda mengalami kesulitan melepas cincin dari jari Anda, Anda juga bisa menggunakan petroleum jelly untuk membantu melepasnya. Namun petroleum jelly tidak bisa digunakan sebagai pelumas seks.

21 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Morales-Burgos, A., Loosemore, M. P., Goldberg, L. H. (2013). Post-operative wound care after dermatologic procedure: A comparison of 2 commonly used petrolatum-based ointments. Journal of Drugs in Dermatology, 12(2),163-164 (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23377388)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app