Perawatan Tubuh

4 Manfaat Kunyit Putih untuk Kulit yang Sayang Dilewatkan

Dipublish tanggal: Apr 23, 2020 Update terakhir: Apr 23, 2020 Waktu baca: 2 menit
4 Manfaat Kunyit Putih untuk Kulit yang Sayang Dilewatkan

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Kunyit putih memiliki nama latin Curcuma Zedoaria, sehingga sering disebut juga dengan Zedoaria. 
  • Kunyit putih memiliki daging yang lebih lunak dan rasanya sangat mirip dengan jahe, tapi meninggalkan sedikit rasa pahit di akhir.
  • Minyak esensial di dalam kunyit putih mengandung antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari paparan radikal bebas.
  • Manfaat kunyit putih bisa digunakan sebagai obat alergi alami, karena mengandung curcuminoid yang dapat mencegah pelepasan histamin yang memicu alergi.
  • Kombinasi antioksidan dan sifat antiradang pada kunyit mampu membersihkan kulit dari sel-sel kulit mati dan mencerahkannya secara alami.
  • Kunyit putih juga mempunyai sifat antiseptik yang mampu menyembuhkan luka dengan cepat.

Kunyit merupakan salah satu rempah yang sering digunakan saat memasak, terutama untuk membuat soto atau ayam bumbu kuning. Meski seringnya menggunakan kunyit oranye, tahukah Anda bahwa ternyata ada juga kunyit putih tak kalah berkhasiat. Bukan cuma untuk tubuh, manfaat kunyit putih untuk kulit juga tak kalah menarik untuk dicoba.

Seperti apa kunyit putih itu?

Kunyit putih memiliki nama latin Curcuma Zedoaria, sehingga sering disebut juga dengan Zedoaria. Hampir semua bagian dari tanaman keluarga jahe-jahean ini bisa digunakan untuk obat. Mulai dari akar, daging, minyak, sampai daunnya.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Dilihat dari bentuknya, jenis kunyit ini memiliki daging yang lebih lunak dan rasanya sangat mirip dengan jahe. Bedanya, kunyit putih meninggalkan sedikit rasa pahit di akhir.

Baca Juga: Manfaat Kunir Putih untuk Kesehatan Pria dan Wanita

Manfaat kunyit putih untuk kecantikan

Di Indonesia sendiri, kunyit putih mungkin lebih jarang digunakan daripada kunyit orange. Biasanya, kunir putih banyak digunakan untuk membuat sajian kari.

Kunyit putih kini tak hanya digunakan untuk menambah cita rasa masakan, lho! Di dunia kecantikan, kunyit putih juga banyak dimanfaatkan sebagai produk perawatan kulit.

Berikut berbagai manfaat kunyit putih bagi kulit, antara lain:

1. Menghalangi efek buruk polusi

Salah satu keunggulan kunir putih terletak pada kandungan minyak esensialnya. Di dalam minyak esensial tersebut mengandung antioksidan yang mampu melindungi kulit dari stres oksidatif.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Stres oksidatif adalah kondisi ketika jumlah radikal bebas dalam tubuh berlebihan, sehingga sulit dinetralkan. Senyawa antioksidan pada kuyit putih akan mengikat radikal bebas dan ion logam berat chelate, kemudian mengeluarkannya dari dalam tubuh. Hal inilah yang akan mencegah timbulnya kerusakan pada sel-sel kulit akibat paparan radikal bebas.

2. Obat alergi alami

Saudara kandung dari kunyit oranye ini memiliki kandungan utama berupa curcuminoid. Zat tersebut dikenal mempunyai sifat anti-alergi tertinggi yang dapat menghambat aktivitas protein inflamasi dalam tubuh.

Curcuminoid pada kunyit akan mencegah pelepasan histamin yang memicu alergi. Alhasil, reaksi alergi yang muncul bisa lebih terkendali dan tidak separah sebelumnya.

3. Membuat kulit cerah bersinar

Manfaat kunyit putih yang satu ini lagi-lagi berasal dari kandungan antioksidannya. Ditambah lagi dengan sifat antiradang pada kunyit yang membuat rempah-rempah ini sangat bagus bagi kulit.

Kombinasi antioksidan dan antiradang pada kunyit mampu membersihkan permukaan kulit dari sel-sel kulit mati, sehingga kulit jadi sehat dan berkilau. Mengoleskan pasta kunyit pada kulit juga dapat menghidupkan kembali warna kulit alami Anda.

Untuk meraup khasiat ini, Anda bisa menggunakan  masker wajah berbahan dasar kunyit. Caranya:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat
  • Campur sedikit Greek Yogurt, madu, dan kunyit
  • Aduk rata sampai menjadi pasta
  • Oleskan pasta kunyit pada wajah dan biarkan selama 15 menit
  • Bilas dengan air

4. Mempercepat penyembuhan luka

Kunyit putih juga mempunyai sifat antiseptik yang mampu menyembuhkan luka dengan cepat. Didukung oleh kandungan curcumin di dalamnya, keduanya bekerja efektif menurunkan respon tubuh terhadap luka sehingga luka tersebut lebih cepat menutup.

Sebuah studi menemukan bahwa kunyit dapat memengaruhi perbaikan jaringan dan kolagen pada kulit. Jangan khawatir jika Anda memiliki bekas luka atau jerawat, sebab penggunaan masker kunyit bisa mambantu menyamarkan jaringan parut maupun bekas jerawat.

Baca Juga: Masker Kunyit untuk Kecantikan Kulit Wajah, Apa Saja Manfaatnya?

Yang tak kalah penting, manfaat kunyit putih juga dapat menghambat penuaan dini. Tak hanya melindungi kulit dari paparan radikal bebas, kandungan antioksidan pada kunyit juga dapat memperlambat tanda-tanda penuaan seperti bintik hitam, garis-garis halus, hingga kerutan.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
NDTV Food. White Turmeric: How It Is Different From Yellow Turmeric And Its Health Benefits. (https://food.ndtv.com/food-drinks/white-turmeric-how-it-is-different-from-yellow-turmeric-and-its-health-benefits-1792281).
NDTV Food. Turmeric Powder for Beauty: How to Use it for Your Face and Skin. (https://food.ndtv.com/beauty/turmeric-powder-for-beauty-how-to-use-it-for-your-face-and-skin-1749164).

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app