Manfaat Kolagen dan Cara Meningkatkan Kolagen Secara Alami

Dipublish tanggal: Jul 3, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 9, 2019 Waktu baca: 3 menit
Manfaat Kolagen dan Cara Meningkatkan Kolagen Secara Alami

Secara alami tubuh akan menghasilkan kolagen, namun seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan menurun. Selain itu, penurunan jumlah kolagen dalam tubuh juga dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok, kurangnya waktu tidur, serta seringnya tubuh terkena sinar matahari. Jika jumlahnya semakin menurun, maka dapat menimbulkan beberapa kondisi kulit serta mempercepat proses penuaan.

Padahal kolagen memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempertahankan jumlah kolagen dalam tubuh. Kolagen sendiri adalah asam amino yang mudah larut dan terdiri dari asam amino glisin, prolin, hidroksiprolin, dan arginin. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Suplemen Fitness via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 25

Di dalam tubuh, elemen ini paling banyak ditemukan di kulit, tulang, dan jaringan ikat dan berfungsi untuk membantu memperkokoh struktural dan kekuatan otot serta tulang. Kolagen ini yang membuat kulit Anda menjadi lebih elastis dan sangat penting untuk meregenerasi sel serta melindungi organ tubuh.

Baca juga: Penyebab Produksi Kolagen Menurun

Manfaat kolagen

Kolagen merupakan senyawa kompleks yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh terutama untuk kulit, perut, dan sendi. Selain itu, kolagen juga dapat mempengaruhi nafsu makan. Manfaat kolagen lainnya adalah:

  • Menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit lebih elastis dan kenyal
  • Membantu melembabkan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan
  • Menjaga sistem pencernaan serta melumasi perut dan usus
  • Melindungi perut dan usus dari peradangan, bisul, maupun penyakit Crohn
  • Menjaga kesehatan sendi dan bertindak sebagai pelumas pada bantalan sendi
  • Mengurangi keinginan untuk mengonsumsi gula
  • Mengurangi lemak hormonal dalam perut
  • Meningkatkan sistem daya tahan tubuh
  • Mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur

Bagaimana cara meningkatkan kolagen secara alami?

Ada 2 cara untuk meningkatkan kolagen, yaitu dengan menggunakan suplemen atau melakukan beberapa cara alami. Banyak orang memilih menggunakan suplemen atau produk kecantikan tertentu untuk meningkatkan kolagen dengan lebih cepat.

Krim kolagen merupakan salah satu cara termudah untuk memaksimalkan fungsi kolagen pada kulit. Tetapi molekul kolagen pada krim ini tidak dapat terserap oleh kulit dan hanya berada di permukaan kulit saja. Di sisi lain, suplemen kolagen dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dari dalam tubuh.

Berikut ini beberapa cara alami untuk meningkatkan kolagen yang dapat Anda coba di rumah:

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Pijat bagian wajah

Pijatan pada wajah dapat memberikan stimulasi bagi tubuh untuk memproduksi kolagen. Pijatan pada bagian wajah dapat memperkuat kontur dan otot wajah. Tidak hanya itu, pijatan juga dapat memperlancar sirkulasi darah sehingga nutrisi kulit Anda dapat terpenuhi.

Mengonsumsi makanan sumber kolagen

Ada beberapa makanan yang dapat menjadi sumber penambah kolagen meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Makanan yang dimaksud biasanya mengandung asam amino, vitamin A, vitamin C, antosianin, dan prolin.

Untuk mendapatkan kandungan asam amino, Anda bisa mengonsumsi susu, daging, ikan, dan telur. Selain itu, buah dan sayur merupakan salah satu sumber utama vitamin A dan vitamin C yang baik. Sedangkan untuk mendapatkan antosianin dan prolin, Anda bisa mengonsumsi berbagai jenis kacang-kacangan.

Baca juga: Makanan yang Dapat Meningkatkan Kolagen

Hentikan kebiasaan merokok

Merokok sering dianggap menjadi salah satu penyebab munculnya berbagai macam penyakit, termasuk menghambatnya produksi kolagen dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat beracun seperti nikotin yang terdapat dalam rokok dapat mempengaruhi berbagai fungsi kerja organ tubuh. Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat membuat kulit Anda terlihat jauh lebih tua dan membuat kulit menjadi kering serta terlihat keriput.

Penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh

Memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh sangat penting untuk mengoptimalkan fungsi organ tubuh. Selain itu, cairan yang cukup dalam tubuh juga penting untuk memproduksi kolagen dalam tubuh. Kekurangan cairan bisa menyebabkan kulit Anda menjadi kering, menghambat sistem pencernaan, dan gangguan lainnya.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Collagen Supplements: Benefits, Side Effects, Dosage, and Interactions. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/collagen-supplements-for-skin-89940)
Are There Benefits to Collagen Supplements?. The New York Times. (https://www.nytimes.com/2019/11/09/style/self-care/collagen-benefits.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app