Seks dan Hubungan

Ketahui Apa Saja Manfaat Foreplay Sebelum Bercinta

Dipublish tanggal: Mar 7, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 3 menit
Ketahui Apa Saja Manfaat Foreplay Sebelum Bercinta

Inti dari berhubungan intim memang melakukan penetrasi dan mendapatkan orgasme. Tetapi, tidak semua orang dapat mencapai orgasme dengan mudah, khususnya wanita. Menurut pandangan sebagian orang, wanita lebih sulit untuk dipuaskan secara seksual dibanding pria.

Karena selain kegiatan bercinta itu sendiri, wanita lebih suka diberikan sentuhan-sentuhan yang bisa merangsangnya melalui adegan foreplay.

Foreplay memiliki peranan penting dalam membangkitkan gairah saat berhubungan intim. Banyak orang yang merasa kurang puas saat berhubungan intim karena terlalu cepat melakukan foreplay dan terburu-buru melakukan penetrasi.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Untuk itu, dibutuhkan waktu foreplay yang cukup sebelum berlanjut ke adegan seksual berikutnya. Umumnya, foreplay dilakukan tidak sampai 15 menit setiap kali berhubungan intim.

Namun, tentu ada pasangan yang akan melakukannya lebih lama atau melakukannya jauh lebih cepat dari itu. Hal ini tergantung dari selera setiap individu dan juga budaya masyarakat tertentu. 

Manfaat Foreplay sebelum bercinta

  • Mengenali diri pasangan Anda
    Dengan foreplay, Anda dapat lebih mengenal diri pasangan melalui sentuhan-sentuhan lembut di berbagai organ tubuh, seperti bibir, lidah, payudara, dan sebagainya.

    Anda akan mengetahui hal-hal apa saja yang pasangan Anda sukai maupun tidak sukai dari dirinya. Anda juga bisa bereksplorasi untuk mengetahui bagian tubuh mana yang disukai pasangan Anda untuk disentuh dan yang akan merangsangnya.
  • Hal ini akan membangun komunikasi yang baik antar pasangan yang akan berimbas juga ke dalam hubungan sehari-hari Anda.  
  • Membakar kalori
  • Foreplay selama 15 menit dapat membakar hingga 25 kalori, seks oral selama 30 menit mampu membakar 100 kalori, dan mencapai orgasme dapat membakar 60-100 kalori. Bisa dibayangkan bukan betapa banyak manfaat kesehatan yang didapatkan dari foreplay?  
  • Menghindari rasa sakit
  • Cukup banyak wanita yang mengeluhkan rasa sakit luar biasa saat berhubungan intim, khususnya bagi yang pertama kali melakukannya. Hal ini tentu terjadi akibat kurangnya foreplay sebelum sesi bercinta dimulai.

    Foreplay dapat merangsang libido wanita sehingga membuat vaginanya tidak kering saat berhubungan seksual. Sehingga, dengan foreplay yang cukup dan menyenangkan, pasangan tidak akan merasa kesakitan saat mencoba berbagai gaya dan posisi bercinta yang akan semakin menambah kenikmatan berhubungan intim.
  • Membantu pasangan mencapai orgasme
  • Tidak semua wanita mudah untuk terpuaskan secara seksual. Bahkan penelitian menyebutkan hanya satu dari tiga wanita yang bisa mencapai orgasme di setiap sesi bercinta. Hal ini tentu disebabkan akibat kurangnya pemanasan atau foreplay di awal berhubungan intim.

    Untuk itu, wajib hukumnya bagi para pria untuk memberikan foreplay terlebih dahulu kepada pasangan Anda sebelum berlanjut ke adegan penetrasi. Karena gerakan di saat foreplay dapat membangkitkan gairah seks lebih lama.  
  • Meningkatkan kenikmatan berhubungan intim
  • Para pakar kesehatan meyakini bahwa hubungan seks yang diawali dengan foreplay bisa membuat hubungan intim semakin nikmat. Jika foreplay dilakukan dengan cukup, maka wanita akan dengan mudah mencapai orgasme yang berefek pada semakin nikmatnya sesi bercinta.

    Hal ini tentu saja juga akan berimbas pada kualitas hubungan intim yang meningkat dan juga bisa berimbas positif bagi keharmonisan rumah tangga. Dengan demikian, hubungan intim pun akan semakin menyenangkan untuk dilakukan.  
  • Menghindarkan kebosanan
  • Aktivitas seksual tidak melulu hanya tentang penetrasi. Seringkali para pria tidak sabar untuk segera memulai penetrasi padahal wanita masih ingin disentuh dan diraba untuk pemanasan.

    Hal inilah yang akhirnya membuat kegiatan bercinta menjadi membosankan dan itu-itu saja. Bahkan, banyak pasangan yang semakin lama mempersingkat waktu bercinta karena hanya melakukan penetrasi semata.

    Untuk itu, jangan lupakan sesi foreplay karena gerakan-gerakan di saat foreplay dapat membangkitkan gairah seks lebih lama dan tak terburu-buru klimaks sehingga akan dapat menghindari kebosanan.
  • Membuat pasangan menjadi lebih kreatif
  • Foreplay tidak hanya berguna untuk merangsang tubuh masing-masing pasangan. Kegiatan ini juga melibatkan pikiran suami untuk berbuat kreatif menikmati anggota tubuh sensual istrinya.

    Suami dapat merancang kejutan-kejutan kecil dengan meraba bagian tubuh istri secara spontan, atau memikirkan cara-cara kreatif untuk merangsang libido pasangan. Hal-hal kreatif tersebut lantas akan dapat berlanjut dengan sesi bercinta penuh kejutan yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The Folly of Frequently Foregoing Foreplay. Psychology Today. (Accessed via: https://www.psychologytoday.com/us/blog/insight-therapy/201307/the-folly-frequently-foregoing-foreplay)
Surprise: Men Enjoy—and Want—Foreplay. Psychology Today. (Accessed via: https://www.psychologytoday.com/us/blog/all-about-sex/201708/surprise-men-enjoy-and-want-foreplay)
5 Ways to Spice Up Your Sex Life. Everyday Health. (Accessed via: https://www.everydayhealth.com/sexual-health/sexual-foreplay.aspx)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app