ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

5 Jenis Penyakit yang Dapat Diatasi dengan Obat Domperidone

Dipublish tanggal: Jul 16, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
5 Jenis Penyakit yang Dapat Diatasi dengan Obat Domperidone

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Domperidone adalah obat golongan antiemetik yang digunakan untuk meredakan mual dan muntah, umumnya akibat efek samping obat-obatan.
  • Untuk mengatasi mual dan muntah, Domperidone harus diminum 15-30 menit sebelum makan (saat perut kosong) agar perut terasa lebih nyaman.
  • Manfaat Domperidone juga dapat membantu meredakan sakit perut pada perawatan paliatif, sehingga pasien bisa makan dengan nyaman.
  • Obat Domperidone bisa membantu menjaga katup lambung tertutup dengan benar, sehingga mencegah risiko refluks asam lambung pada anak.
  • Obat yang dikenal dengan Motilium ini juga bisa jadi upaya terakhir untuk meningkatkan produksi ASI, bila dianjurkan oleh dokter.
  • Klik untuk mendapatkan Domperidone atau obat lambung & saluran pencernaan lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Kondisi mual dan muntah dapat disebabkan oleh banyak hal. Bisa karena telat makan, mabuk perjalanan, kelelahan, atau penyakit tertentu yang berkaitan dengan gangguan otak atau saluran pencernaan bagian atas. Namun bila disebabkan oleh efek samping obat, dokter mungkin akan meresepkan Domperidone untuk bantu atasi mual yang Anda alami. Selain itu, fungsi domperidone juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi berikut ini.

Domperidone obat apa?

Domperidone adalah obat golongan antiemetik yang digunakan untuk meredakan mual dan muntah. Obat ini bekerja dengan cara meningkatkan pergerakan usus dan lambung, sehingga proses pemindahan makanan pada sistem pencernaan berjalan lebih lancar dan perut pun terasa nyaman.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Secara bersamaan, Domperidone juga mampu menghambat sinyal mual dan muntah yang dibawa ke otak. Hal inilah yang membuat obat ini efektif sebagai obat antiemetik (anti muntah).

Domperidone tersedia dalam bentuk tablet, sirup, dan suppositoria atau obat khusus yang dimasukkan lewat anus. Perlu diingat bahwa obat ini hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. Oleh karena itu, penggunaannya harus hati-hati dan dosisnya pun harus sesuai anjuran dokter.

Manfaat domperidone dan penggunaannya

Beragam manfaat domperidone adalah:

1. Mengatasi mual dan muntah

Beberapa jenis obat memberikan efek samping berupa mual atau muntah. Jika ini yang Anda alami, dokter biasanya akan meresepkan Anda obat Domperidone.

Untuk mengatasi mual dan muntah, Domperidone harus diminum 15-30 menit sebelum makan (saat perut kosong). Hal ini dilakukan supaya perut Anda terasa lebih nyaman dan tidak mengalami mual setelahnya.

Baca Juga: Penyebab Mual Muntah dan Cara Mengatasinya

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

2. Meredakan sakit perut pada perawatan paliatif

Perawatan paliatif adalah perawatan lanjutan yang didapatkan oleh pasien yang menderita penyakit kronis stadium lanjut. Jenis perawatan ini pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien.

Saat berada di stadium lanjut, pasien dapat mengalami berbagai gangguan fisik seperti susah tidur, penurunan nafsu makan, hingga sakit perut. Selain dengan mengatur pola makan, pasien dapat diberikan obat Domperidone untuk membantu meredakan sakit perut pada pasien yang tentunya tetap dalam pengawasan dokter.

3. Membantu mencegah refluks asam lambung pada anak

Wajar saja jika orangtua jadi panik saat anak tiba-tiba muntah setelah makan atau menyusui. Hal ini umumnya terjadi ketika makanan atau zat asam lambung kembali naik ke kerongkongan, lalu dikeluarkan lewat muntahan.

Nah, obat yang juga dikenal dengan Motilium ini ternyata bisa mencegah risiko refluks asam lambung pada anak. Manfaat Domperidone dapat membantu menjaga katup lambung tertutup dengan benar, sehingga makanan dan isi lambung tidak kembali naik ke kerongkongan.

Akan tetapi, obat ini hanya dapat diberikan untuk anak usia 12 tahun ke atas dengan dosis 3 x sehari 10 mg atau 10 ml. Jika Anda memiliki bayi atau anak usia kurang dari 12 tahun dan kerap mengalami muntah, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter anak.

Dokter dapat menyesuaikan dosis Domperidone atau meresepkan obat lain guna mengatasi mual muntah pada anak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

4. Meredakan mual dan muntah akibat konsumsi obat-obatan penyakit Parkinson

Domperidone bekerja dengan cara meningkatkan gerakan atau kontraksi lambung usus. Hal ini dapat membantu meredakan perasaan kekenyangan atau kembung setelah makan, penurunan nafsu makan, hingga mual atau muntah sebagai efek samping obat-obatan penyakit Parkinson.

5. Membantu meningkatkan produksi ASI

Domperidone juga dapat diresepkan untuk wanita yang mengalami kesulitan saat menyusui karena produksi ASInya berkurang. Pasalnya, salah satu manfaat Domperidone diketahui bisa membantu meningkatkan produksi susu.

Baca Selengkapnya: Daftar Obat yang Aman dan Tidak Aman untuk Ibu Menyusui

Akan tetapi, perlu ditekankan bahwa obat ini hanya akan diberikan sebagai jalan terakhir, apabila ibu sudah melakukan berbagai cara tapi produksi ASI tetap tidak cukup. Oleh karena itu, sebaiknya bicarakan lebih lanjut dengan dokter mengenai keamanan, risiko, dan dosis Domperidone untuk ibu menyusui agar aman bagi ibu dan bayi.

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
NHS UK. Domperidone. (https://www.nhs.uk/medicines/domperidone/). 3 Januari 2020.
Medsafe NZ. Domperidone (Motilium, Prokinex) - conclusion of review of benefits and risks of harm. (https://www.medsafe.govt.nz/safety/EWS/2014/Domperidone.asp). 22 Desember 2014.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app