GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

6 Manfaat Asam Mefenamat Sebagai Obat Pereda Nyeri

Dipublish tanggal: Agu 11, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
6 Manfaat Asam Mefenamat Sebagai Obat Pereda Nyeri

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Asam mefenamat atau mefenamic acid adalah obat pereda nyeri untuk mengatasi sakit gigi, sakit kepala, nyeri otot, nyeri sendi, nyeri haid, hingga nyeri pasca operasi
  • Mefenamic acid tergolongan obat Nonsteroidal Anti-inflammatory Drugs (NSAID) yang berfungsi mengatasi nyeri dan peradangan serta menurunkan demam
  • Sebagai obat pereda nyeri, dosis asam mefenamat secara umum adalah 500 mg, diikuti 250 mg setiap 6 jam sesuai kebutuhan. Ikuti petunjuk dan resep dokter
  • Dapatkan obat asam mefenamat atau obat anti nyeri lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD

Sedang merasakan nyeri hebat akibat sakit gigi atau sakit kepala? Salah satu obat yang mengandung asam mefenamat (mefenamic acid) biasanya diberikan untuk meredakan nyeri tersebut. Selain membantu mengurangi rasa nyeri karena sakit gigi ataupun sakit kepala, ada sejumlah manfaat asam mefenamat lainnya, termasuk menurunkan demam dan mengatasi peradangan.

Asam mefenamat atau mefenamic acid obat apa?

Asam mefenamat atau mefenamic acid adalah obat yang biasa digunakan untuk meredakan nyeri, baik nyeri ringan maupun nyeri sedang. Karena adanya kandungan asam mefenamat yang dimiliki, maka seringkali dijadikan sebagai obat sakit gigi, sakit kepala, nyeri otot, serta mengurangi rasa nyeri saat haid.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Asam mefenamat termasuk golongan obat Nonsteroidal Anti-inflammatory Drugs (NSAID) yang digunakan untuk mengurangi peradangan dan rasa nyeri. Selain asam mefenamat, ada pula ibuprofen, aspirin, maupun diclofenac.

Baca juga: Obat Pereda Nyeri Ampuh: Acetaminophen Atau Obat OAINS?

Asam mefenamat sendiri bekerja dengan cara menghambat enzim cyclooxygenase (COX) yang membentuk atau memproduksi prostaglandin penyebab rasa nyeri maupun peradangan pada bagian tubuh tertentu. Karena asam mefenamat (mefenamic acid) memiliki fungsi sebagai analgesik (anti nyeri), anti inflamasi (anti peradangan), dan antipiretik (menurunkan demam).

Merk obat dengan kandungan asam mefenamat (mefenamic acid) antara lain Mefinal, Cargesic, Licostan, Fargetix, Ponstan, Novastan, Dentacid, Cetalmic, Omestan, Grafamic. Obat asam mefenamat umumnya tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, dan sirup yang hanya digunakan dalam waktu singkat dan memerlukan resep dokter.

6 Manfaat asam mefenamat sebagai obat pereda nyeri

1. Asam mefenamat sebagai obat sakit gigi

Rasa nyeri akibat sakit gigi yang muncul karena gigi berlubang, proses cabut gigi, karang gigi, infeksi gusi, atau gejala sakit gigi lainnya tentu terasa menyakitkan. Untuk membantu mengurangi rasa nyeri tersebut, umumnya dokter akan meresepkan obat pereda nyeri seperti asam mefenamat. Tetapi penggunaan obat asam mefenamat (mefenamic acid) tidak dianjurkan bagi pemilik gigi sensitif.

2. Asam mefenamat sebagai obat sakit kepala

Salah satu manfaat asam mefenamat atau mefenamic acid adalah untuk meredakan rasa nyeri di kepala. Selain sebagai obat sakit kepala, asam mefenamat juga dapat dijadikan sebagai obat penurun panas. Tetapi pemakaian obat asam mefenamat tidak boleh sembarangan dan harus mengikuti petunjuk dokter. Jenis sakit kepala yang dialami juga bisa bermacam-macam, seperti migrain, vertigo, dan lainnya. Bahkan tak jarang, stress menjadi salah satu penyebab sakit kepala

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

3. Asam mefenamat sebagai obat nyeri haid

Bagi sebagian wanita, datangnya fase menstruasi tidak selalu berjalan normal tanpa kendala. Karena terkadang nyeri haid yang dialami terutama pada hari pertama atau kedua haid dapat mengganggu aktivitas dan menimbulkan ketidaknyamanan. Untuk membantu mengatasi nyeri haid tersebut, dibutuhkan obat pereda nyeri, seperti asam mefenamat atau mefenamic acid.

Baca juga: Cara Alami Atasi Nyeri Haid

4. Asam mefenamat sebagai obat nyeri otot

Nyeri otot atau myalgia yang muncul akibat kekakuan pada otot di area tangan, kaki, leher, pinggang ataupun bagian tubuh lainnya seringkali membuat tubuh menjadi sulit digerakkan. Hal ini umumnya terjadi karena otot terlalu tegang terutama setelah melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat. Oleh karena itu, diperlukan obat nyeri otot untuk membantu meredakan rasa nyeri. Salah satu kandungan obat nyeri otot yang banyak digunakan adalah asam mefenamat (mefenamic acid).

5. Asam mefenamat sebagai obat nyeri pasca operasi

Penggunaan lain asam mefenamat atau mefenamic acid adalah untuk mengurangi rasa nyeri yang muncul pasca operasi atau pembedahan. Meski belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa asam mefenamat dapat berdampak pada ibu hamil dan ibu menyusui, tetapi penggunaannya memerlukan persetujuan dokter terlebih dahulu.

6. Asam mefenamat sebagai obat nyeri lainnya

Penggunaan asam mefenamat atau mefenamic acid juga bisa digunakan untuk meredakan rasa nyeri lainnya, termasuk meredakan nyeri akibat trauma dalam tubuh yang umumnya berkaitan dengan sistem saraf pusat otak.

Selain itu, asam mefenamat juga bisa digunakan untuk mengatasi nyeri punggung, terkilir, kram, ataupun nyeri sendi (arthritis). Bahkan manfaat lain mefenamic acid adalah untuk mengobati penyakit asam urat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Informasi pemakaian asam mefenamat (mefenamic acid)

Sebagai obat pereda nyeri pada orang dewasa maupun anak-anak usia 14-18 tahun, dosis asam mefenamat atau mefenamic acid adalah 500 mg secara oral, selanjutnya 250 mg setiap 6 jam sesuai kebutuhan.

Dosis di atas merupakan dosis lazim yang umumnya diberikan untuk mengatasi rasa nyeri, tetapi dosis tepat harus disesuaikan dengan petunjuk dan aturan pakai dari dokter dan bergantung pula pada usia, jenis kelamin, maupun kondisi kesehatan pasien.

Meski membantu mengatasi nyeri, tetapi penggunaan obat asam mefenamat (mefenamic acid) umumnya hanya digunakan sebagai obat jangka pendek dan dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak di atas 14 tahun. Asam mefenamat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi lebih dari 7 hari atau sesuai dengan petunjuk dokter.

Sejumlah efek samping yang mungkin terjadi akibat pemakaian asam mefenamat atau mefenamic acid adalah mual, muntah, diare, sakit maag, ruam pada kulit, sakit kepala, telinga berdengung (tinnitus), mulut kering, mudah mengantuk, dan lainnya. Kondisi tersebut dapat mereda jika penggunaan obat mefenamic acid dihentikan. Jika merasa tak kunjung membaik, segera konsultasikan dengan dokter Anda.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app