ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

3 Manfaat Acyclovir Salep dan Tablet untuk Infeksi Kulit

Dipublish tanggal: Jul 30, 2020 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 3 menit
3 Manfaat Acyclovir Salep dan Tablet untuk Infeksi Kulit

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Acyclovir adalah obat yang biasa biasa digunakan untuk mengatasi infeksi virus seperti cacar air, cacar ular, hingga penyakit herpes. 
  • Acyclovir mampu mengurangi rasa sakit atau gatal pada kulit, mencegah terbentuknya luka baru, dan mempercepat penyembuhan luka.
  • Acyclovir salep adalah obat oles (topikal) yang digunakan untuk menangani luka lepuhan pada kulit akibat infeksi virus herpes simpleks.
  • Acyclovir tablet digunakan jika infeksi herpes tergolong parah. Baik itu cacar air, cacar ular (herpes zoster), atau herpes kelamin.
  • Perlu diingat bahwa Acyclovir tablet maupun Acyclovir salep hanya berfungsi untuk meringankan gejalanya saja, tidak menyembuhkan penyakit.
  • Klik untuk mendapatkan Acyclovir atau obat kulit lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Infeksi pada kulit dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk paparan bakteri hingga virus. Karena penyebabnya bisa berbeda-beda, maka Anda jangan sampai salah memberikan penanganan supaya infeksinya cepat sembuh. Bila infeksi kulit Anda disebabkan oleh virus herpes, maka Anda dapat mengobatinya dengan Acyclovir salep atau Acyclovir tablet.

Acyclovir obat apa?

Acyclovir adalah obat antivitus yang disebut analog nukleosida sintetik. Obat ini biasa digunakan untuk mengatasi infeksi virus, mulai dari cacar air, cacar ular, hingga penyakit herpes. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Acyclovir bekerja dengan cara menurunkan kemampuan virus untuk berkembang biak dalam tubuh. Hal inilah yang membuat obat ini mampu mengurangi rasa sakit atau gatal pada kulit, mencegah terbentuknya luka baru, dan jika muncul luka pun akan lebih cepat sembuhnya.

Selain mengobati infeksi virus yang sudah ada dalam tubuh, fungsi Acyclovir juga dapat mencegah infeksi virus pada orang-orang yang daya tahan tubuhnya rendah, seperti penderita HIV. Dengan obat ini, perkembangan dan penyebaran virus dapat ditekan sehingga tubuh tidak telanjur jatuh sakit.

Di Indonesia sendiri, Acyclovir tersedia dalam bentuk krim atau salep, tablet, hingga suntikan.

Manfaat Acyclovir salep atau krim

Acyclovir salep adalah obat oles (topikal) yang biasa digunakan untuk menangani luka lepuhan pada kulit akibat infeksi virus herpes simpleks. Bisa di sekitar bibir atau kulit, hingga herpes pada mata.

Acyclovir salep juga dapat mencegah penyebaran virus herpes ke orang lain. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa obat ini hanya berfungsi untuk meredakan gejalanya saja, bukan untuk menyembuhkan herpes. Acyclovir juga tidak mampu mencegah kekambuhan penyakit.

Acyclovir topikal tersedia dalam 2 bentuk, yakni salep atau krim kulit dan salep mata. Berikut dosis Acyclovir salep sesuai sediaannya:

Iklan dari HonestDocs
Beli Topikal via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 33
  • Dosis Acyclovir salep atau krim kulit: dioleskan tipis-tipis sebanyak 5-6 x sehari, gunakan selama 5-10 hari.
  • Dosis Acyclovir salep mata: dioleskan tipis-tipis sebanyak 5 x sehari (setiap 4 jam), gunakan sampai 3 hari setelah sembuh.

Pastikan untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum dan sesudah menggunakan obat ini. Jika gejala tak juga mereda, segera periksakan diri ke dokter.

Manfaat Acyclovir tablet

Beberapa infeksi herpes sebetulnya dapat diobati dengan Acyclovir salep atau krim. Namun jika infeksinya tergolong parah, maka Anda tetap perlu minum Acyclovir tablet agar cepat sembuh.

Lebih jelasnya, berikut manfaat Acyclovir tablet:

1. Mengobati cacar air

Herpes adalah sekelompok virus yang dapat menyebabkan berbagai jenis infeksi herpes. Mulai dari cacar air, cacar ular, herpes genital, hingga ensefalitis (radang otak). 

Orang yang terkena cacar air umumnya akan merasakan adanya ruam merah di perut atau punggung, terkadang disertai demam hingga pusing. Nah, Acyclovir tablet bisa membantu meredakan gejala cacar air tersebut.

Bagi orang dewasa, dosis Acyclovir untuk mengobati cacar air adalah 4-5 x sehari 800 mg selama 5-7 hari. Sedangkan untuk anak usia lebih dari 2 tahun, gunakan 4 x sehari 20 mg/kgBB selama 5 hari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Baca Juga: Cara Mencegah Cacar Air Agar Tidak Tertular/Menular

2. Mengobati cacar ular (herpes zoster)

Cacar ular atau herpes zoster adalah penyakit yang disebabkan oleh virus varicella-zoster, yang juga menyebabkan cacar air. Herpes zoster ditandai dengan munculnya bintil berisi air pada salah satu sisi tubuh dan bisa berkemabng menjadi lepuhan.

Cacar ular pada orang dewasa dapat diobati dengan minum Acyclovir tablet 800 mg sebanyak 5 x sehari. Teruskan selama 7-10 hari sampai gejalanya membaik.

3. Menangani herpes kelamin

Herpes genital termasuk salah satu penyakit menular seksual, artinya ditularkan lewat aktivitas seksual. Gejala herpes genital dapat muncul berhari-hari bahkan sampai berminggu-minggu setelah terpapar.

Acyclovir tablet dapat membantu meredakan rasa sakit akibat herpes kelamin, bahkan setelah lukanya mulai sembuh. Berikut dosis Acyclovir tablet untuk mengobati herpes:

  • Dewasa dan anak usia > 2 tahun: saat pertama kali terkena gunakan 5 x sehari 200-400 mg (setiap 4 jam), diminum selama 5-10 hari. Sebagai pencegahan, dosisnya 4 x sehari 200-400 mg.
  • Anak usia < 2 tahun: setengah dosis orang dewasa.

Baca Selengkapnya: Obat Herpes Kulit (Zoster), Bibir, dan Kelamin (Simplex)

Perlu diingat bahwa tidak ada obat khusus untuk menyembuhkan herpes. Acyclovir tablet maupun Acyclovir salep hanya berfungsi untuk meringankan gejalanya saja. Jika gejala tak juga membaik, segera periksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
MedlinePlus. Acyclovir topical. (https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a606001.html). 15 Juni 2016.
MedicineNet. Acyclovir cream - topical, Zovirax. (https://www.medicinenet.com/acyclovir-topical_cream/article.htm).
Cleveland Clinic. Acyclovir skin cream or ointment. (https://my.clevelandclinic.org/health/drugs/20606-acyclovir-skin-cream-or-ointment).

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app