Langkah Tepat Memilih Krim Mata

Dipublish tanggal: Jul 11, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Langkah Tepat Memilih Krim Mata

Kulit yang berada di sekitar area mata umumnya memiliki tekstur yang lebih tipis dan sensitif daripada area lainnya. Hal ini menyebabkan area di sekitar mata memiliki masalah berbeda dibandingkan kulit wajah secara menyeluruh. Selain itu, karena kulit tipis tersebut area mata akan cenderung lebih mudah berkerut dan tanda-tanda penuaan akan menjadi lebih mudah terlihat. Untuk menjaga kulit di sekitar mata tetap terlihat segar dan sehat, Anda dapat menambahkan krim mata (eye cream).

Masalah di sekitar mata

Selain untuk mengurangi dampak penuaan pada kulit sekitar mata, mungkin Anda perlu menggunakan krim mata untuk mengatasi berbagai masalah yang biasanya terjadi di sekitar mata, seperti:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Mata bengkak atau sembab

Penyebab mata bengkak atau sembab biasanya terjadi akibat penumpukan cairan yang menimbulkan terjadinya pembengkakan atau infeksi pada jaringan di sekitar mata. Kondisi ini biasanya terjadi akibat alergi atau sinus, kurang tidur, pola makan yang tidak seimbang, mengonsumsi alkohol, ataupun efek alami penuaan.

Lingkaran hitam (dark circle)

Ada banyak hal yang memicu munculnya lingkaran hitam atau kantung mata pada area bawah mata, di antaranya penuaan kulit, faktor genetik, kebiasaan tidak sehat seperti merokok, mengonsumsi alkohol, dan minuman berkafein secara berlebihan, kekurangan asupan vitamin, kurang tidur, ataupun sisa make up yang telah menempel lama juga bisa menjadi penyebab munculnya lingkaran hitam pada mata.

Baca juga: Penyebab Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Garis halus (keriput)

Garis halus sering dikaitkan sebagai tanda bertambahnya usia seseorang. Timbulnya garis halus atau keriput ini biasanya disebabkan karena otot-otot di sekitar mata sering digunakan untuk berkedip ataupun akibat ekspresi wajah yang berubah-ubah, sehingga seiring bertambahnya usia garis halus tersebut akan muncul secara alami.

Langkah tepat memilih krim mata (eye cream)

Agar manfaat eye cream dapat terasa maksimal, jangan sembarangan memilih krim mata. Anda harus memilih krim mata  (eye cream) yang tepat untuk mengatasi masalah pada area mata Anda. Berikut langkah tepat untuk memilih krim mata (eye cream):

1. Gunakan krim mata sesuai masalah yang ingin diatasi

Dalam memilih krim mata yang ingin digunakan, Anda harus mengetahui masalah mata serta kandungan yang terdapat dalam krim mata (eye cream) tersebut. Jika Anda memiliki masalah yang lebih spesifik pada area mata, Anda harus memperhatikan kandungan khusus yang terdapat pada krim mata yang akan digunakan tersebut.

Iklan dari HonestDocs
Derma Filler Wajah Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk meninggikan hidung, membentuk dagu supaya lebih Vshape, membentuk bibir supaya lebih menawan, dan menghilangkan kantung mata. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Derma filler wajah di genese clinic

Misalnya untuk mengatasi masalah kantung mata, Anda bisa menggunakan krim mata dengan kandungan green tea, daun chammomile, serta aloe vera. Sementara untuk mengatasi masalah lingkaran hitam (kantung mata), Anda bisa menggunakan krim mata yang mengandung kafein, vitamin C, dan vitamin K. Sedangkan untuk mengurangi masalah keriput, Anda bisa menggunakan krim mata dengan kandungan retinol. 

Selain mempertimbangkan kandungan yang sesuai dengan masalah yang ingin diatasi, tekstur dari krim mata (eye cream) juga perlu diperhatikan. Jika Anda memiliki kulit yang sangat kering, krim mata dengan tekstur thick mungkin akan terasa lebih nyaman. Sedangkan bagi Anda yang memiliki kulit kombinasi dan berminyak, bisa memilih krim mata dengan tekstur gel atau gel-cream yang terasa lebih ringan di kulit.

2. Pilih krim mata (eye cream) yang melembapkan

Pada umumnya produk krim mata (eye cream) memberikan penawaran untuk menyamarkan garis halus melalui kemampuan hidrasi yang terdalam di dalam produknya. Dengan menggunakan krim yang mampu menghidrasi kulit maka dapat membantu mengurangi efek negatif dari kulit kering termasuk iritasi mata dan perubahan warna. 

Untuk merawat kulit kering di area mata, Anda dapat menggunakan krim yang mengandung berbagai pelembap alami, seperti jojoba oil, minyak argan, minyak almond, hyaluronic acid, shea butter atau gliserin. Kulit yang terhidrasi akan terlihat lebih kenyal sehingga kerut halus pun akan menjadi lebih mudah tersamarkan.

3. Ketahui kandungan utama pada krim mata (eye cream)

Krim mata (eye cream) yang memiliki kualitas baik umumnya memiliki kandungan hyaluronic acid dan ceramide. Kedua kandungan tersebut memiliki kemampuan untuk mengikat air dan menjaga kelembapan di kulit area mata yang cenderung lebih halus dan tipis. 

Selain itu, kandungan vitamin, antioksidan, antiaging, SPF, retinol, niacinamide, peptides, dan fatty acids juga perlu ada dalam kandungan krim mata untuk membantu melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit.

4. Pertimbangkan produk khusus untuk kulit sensitif

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif akan lebih baik untuk memilih dan memperhatikan kandungan dan efek samping dari produk krim mata yang akan digunakan. Jangan sampai menimbulkan iritasi atau rasa panas pada area mata dan sekitarnya, serta hindari krim mata (eye cream) yang memiliki kandungan parfum, baik parfum sintetis maupun alami.

Kandungan parfum berisiko menimbulkan reaksi alergi pada kulit sensitif. Untuk itu, pastikan sebelum memilih krim mata, Anda juga mengecek terlebih dahulu label produk yang tertera pada kemasan. Carilah produk yang memang khusus dibuat untuk kulit sensitif dan telah teruji.

Baca juga: Cara Memilih Krim Wajah untuk Kulit Sensitif

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Hello Bright Eyes! How to Pick the Eye Cream That’s Right for You. Health Essentials from Cleveland Clinic. (https://health.clevelandclinic.org/hello-bright-eyes-how-to-pick-the-eye-cream-thats-right-for-you/)
How to Choose an Eye Cream. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/how-to-choose-eye-cream-4686979)
Which Eye Cream Do You Need?. WebMD. (https://www.webmd.com/beauty/features/which-eye-cream#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app