Lakukan 7 Trik Ini agar Program Berhenti Merokok Tidak Gagal

Banyak faktor yang menyebabkan kegagalan, termasuk kandungan nikotin yang menyebabkan kecanduan. Berikut 7 trik yang bisa Anda lakukan saat ingin berhenti merokok.
Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Lakukan 7 Trik Ini agar Program Berhenti Merokok Tidak Gagal

Berhenti dari kebiasaan merokok tidak semudah yang dibayangkan. Banyak dari mereka yang gagal saat menjalani program berhenti merokok. Banyak faktor yang menyebabkan kegagalan, termasuk kandungan nikotin yang menyebabkan kecanduan. 

Berikut 7 trik yang bisa Anda lakukan saat ingin berhenti merokok.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

1. Hindari lingkungan yang membuat anda ingin kembali merokok

Nongkrong bersama teman-teman adalah kegiatan yang menyenangkan. Namun, bagaimana Anda bisa berhenti merokok jika Anda masih nongkrong bersama orang yang merokok. 

Terlebih dengan gejala ‘sakau’ yang mungkin Anda alami selama berhenti merokok akan membuat Anda dengan mudah terlena dengan rokok lagi.

Pada minggu-minggu pertama, disarankan bagi Anda untuk menghindari lingkungan ini terlebih dahulu, baik tempat nongkrong, teman-teman yang menongkrong atau hal-hal lain yang menyebabkan Anda bisa kembali lagi pada kebiasaan buruk ini.

Semakin lama, Anda mungkin sudah terbiasa dengan hidup tanpa rokok. Barulah setelah itu, Anda bisa berinteraksi lagi dengan lingkungan sebelumnya, tapi dengan komitmen yang sudah kuat agar tidak mudah tergoda dengan rokok kembali.

2. Ubahlah aktivitas yang biasa dilakukan sambil merokok

Anda mungkin memiliki kebiasaan khusus yang biasanya dilakukan sambil merokok, seperti minum kopi saat pagi hari atau membaca koran. Untuk minggu-minggu pertama, Anda bisa menghindari kegiatan tersebut lebih dulu agar Anda tidak teringat dengan rokok.

Anda bisa mengganti kegiatan tersebut dengan kegiatan lain, seperti mengganti minum kopi dengan minum jus atau air putih yang lebih sehat dan mengganti kebiasaan membaca komik di pagi hari dengan lari pagi mengelilingi kampung.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Beberapa orang akan merokok setelah mereka mengonsumsi makanan dengan rasa tertentu, seperti amis, maka mulai sekarang Anda bisa meninggalkan makanan itu terlebih dulu agar kebiasaan merokok tidak muncul lagi.

3. Cari pengganti untuk mulut

Orang yang biasa merokok dan kemudian berhenti biasanya akan merasakan kekosongan pada mulutnya. Anda bisa mencari pengganti rokok, seperti mengunyah permen karet bebas gula, ngemil kuaci, mengonsumsi buah-buahan, mengemut permen atau makanan lain yang lebih sehat.

4. Buat tangan anda sibuk

Tidak adanya aktivitas terkadang membuat Anda akan selalu teringat dengan rokok dan membuat Anda merasa stres. Untuk terhindari dari kebiasaan merokok lagi, Anda harus mencari kegiatan lain untuk menyibukkan tangan dan membuat pikiran fokus pada hal lain.

Anda bisa menyesuaikan dengan minat Anda, seperti menyulam, menyusun Lego, mengotak-atik motor, mewarnai buku warna, melukis, bersih-bersih atau kegiatan lain yang menurut Anda menarik.

5. Bernapas dalam-dalam

Sebagian besar orang merokok karena ingin menenangkan diri karena harus menghirup napas dalam-dalam saat menghisap rokok. Oleh karena itu, ketika Anda merasakan perasaan tidak nyaman, pejamkan mata dan tarik napas dalam-dalam dan hembuskan secara perlahan. 

Cara ini bisa menjadi pengganti untuk menenangkan diri.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

6. Tunda 10 menit

Cara ini cocok bagi Anda yang baru awal memulai program. Tidak mudah memang berhenti merokok secara tiba-tiba, maka Anda bisa melakukannya secara bertahap. Apabila Anda ingin merokok, maka tundalah selama 10 menit. 

Dengan penundaan ini biasanya keinginan merokok akan hilang dan pikiran menjadi jernih kembali.

7. Beri penghargaan jika berhasil

Butuh usaha besar untuk bisa berhenti merokok sehingga apresiasi patut diberikan bagi mereka yang berhasil menjauhi rokok. Uang yang biasanya Anda gunakan untuk membeli rokok, bisa Anda simpan dalam toples khusus. 

Dalam kurun waktu tertentu, Anda bisa mengambil uang tersebut dan menggunakannya sesuai keinginan.

Misalnya, pergi ke restoran mahal, liburan ke tempat wisata, membeli pakaian, jam tangan atau hal-hal lain sebagai apresiasi bagi diri Anda sendiri. Dengan demikian, Anda akan merasa senang dan bangga karena telah berhasil menyelesaikan program berhenti merokok yang tidak mudah.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Beat the Mind Games When You Quit Smoking. Verywell Mind. (https://www.verywellmind.com/mind-games-go-both-ways-when-you-quit-smoking-2824894)
10 self-help tips to stop smoking. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/quit-smoking/10-self-help-tips-to-stop-smoking/)
Five ways to quit smoking. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/319460)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app