Anak Balita

Ketahui Kapan Kira-Kira Bayi Boleh Berenang ?

Dipublish tanggal: Mar 5, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Agu 7, 2019 Waktu baca: 3 menit
Ketahui Kapan Kira-Kira Bayi Boleh Berenang ?

Setiap orang tua tentunya ingin memberikan hal yang terbaik bagi buah hatinya.  Sedari si buah hati berada dalam kandungan hingga si buah hati terlahir ke dunia ini bahkan sampai si buah hati kelak beranjak dewasa dan memiliki kehidupannya sendiri. 

Tentunya sebagai orang tua akan berusaha memberikan segala yang terbaik bagi proses tumbuh dan kembang si buah hati. Seiiring dengan perkembangan jaman di saat milenial sekarang ini, kegiatan untuk mengoptimalkan segala macam proses tumbuh dan kembang pada buah hati pun semakin banyak dan beragam. 

Iklan dari HonestDocs
Derma Filler Wajah Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk meninggikan hidung, membentuk dagu supaya lebih Vshape, membentuk bibir supaya lebih menawan, dan menghilangkan kantung mata. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Derma filler wajah di genese clinic

Dari sekolah yang sudah banyak dibuka untuk anak mulai dari usia 1.5 tahunan, kegiatan pijat memijat untuk ibu dan buah hati hingga kegiatan berenang untuk buah hati. 

Di artikel kali ini, kita akan sharing ke kamu para calon ibu atau ibu baru mengenai apakah berenang merupakan kegiatan yang aman untuk bayi mu? Lalu dari umur berapa sebenarnya buah hatimu bisa diperkenalkan dengan kegiatan berenang ? Yuk simak baik baik artikel satu ini.

Bayi dan Berenang

Berenang, mungkin terdengar ekstrim bila dilakukan oleh para bayi yang notabene tubuhnya masih sangat kecil dan secara logika tentunya tidak akan cocok dengan situasi dan kondisi berenang. 

Namun perlu kamu ingat bahwa selama 9 bulan berada di kandungan si ibu, buah hati sebenarnya juga dalam kondisi terlindungi oleh air, ya air ketuban

Selama 9 bulan hidup si bayi di dalam rahim si ibu, bayi sudah terbiasa dengan kehadiran air dan keadaan terbungkus oleh air yang hangat serta dapat memberikan efek kenyamanan bagi si buah hati di dalam kandungan si ibu. 

Lalu bolehkah bayi berenang dan di umur berapakah bayi boleh berenang ?

Menurut berbagai pakar kesehatan dan tumbuh kembang bayi dan anak, kegiatan berenang boleh dilakukan oleh para bayi mengingat kegiatan berenang merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengoptimalkan proses tumbuh dan kembang si bayi itu sendiri. 

Iklan dari HonestDocs
Derma Filler Wajah Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk meninggikan hidung, membentuk dagu supaya lebih Vshape, membentuk bibir supaya lebih menawan, dan menghilangkan kantung mata. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Derma filler wajah di genese clinic

Selain itu dengan memperkenalkan air sedari dini kepada si buah hati, akan membuat si buah hati menjadi lebih pemberani dan tidak takut akan air atau kondisi baru di lingkungannya. 

Selain ini dengan mengenalnya si buah hati akan kehadiran air sedari dini, tentunya akan mempermudah si buah hati kelak beradaptasi dengan banyak keadaan di hidupnya nanti yang berhubungan dengan air. 

Kegiatan berenang pada si buah hatipun  bisa membuat para buah hati menjadi lebih ceria, lebih fun, lebih relaks dan santai serta lebih nyaman dan dapat menciptakan ikatan yang lebih dalam lagi antara orang tua dan anak bila setiap kali berenang, orang tua dapat mendampingi si anak.

Berbicara mengenai umur yang ideal, tentunya ini relatif, ada yang mengatakan bahwa bayi sudah bisa diajak berenang sejak usia 6 minggu. Namun beberapa ahli kesehatan bayi mengatakan bahwa umur ideal bayi berenang ialah pada usia 6 bulanan. 

Di usia ini tulang belakang bayi sudah mulai dapat duduk secara tegap sehingga bayi sudah dapat menopang badannya sendiri. 

Selain itu bila para orang tua ingin memperkenalkan kegiatan berenang pada bayi, tentunya harus diawali dari berenang dengan skala kecil yaitu berenang yang dimulai terlebih dahulu di bak mandi atau bath tub di rumah dimana air yang mengalirpun harus dalam keadaan hangat sehingga bayi akan merasa nyaman. 

Iklan dari HonestDocs
Dermal Fillers Treatment di Reface Clinic

Dermal Filler merupakan perawatan wajah yang berfungsi untuk memperbaiki area tertentu yang memang diperlukan. Misalnya, untuk membantu mengatasi kerutan, garis halus atau cekungan yang disebabkan penuaan, meratakan tekstur dan menghaluskan kulit, hingga menghilangkan bekas luka. Perawatan wajah ini dilakukan dengan menyuntikan cairan seperti asam hialuronat atau kolagen, maupun zat sintesis kebagian wajah yang bermasalah, Contohnya pipi,hidung,bibir,rahang,dagu,area sekitar muka, dan lainnya. Perawatan dermal filler akan menjadikan wajah menjadi lebih berisi sehingga keriput atau garis-garis halus jadi tersamarkan.

Dermal fillers treatment di reface clinic

Ingat untuk selalu memegang dan mendampingi buah hati bila sedang berendam di bath tub atau di bak mandi rumah. 

Bila bayi sudah tidak terlihat takut dengan air, maka kamu bisa mencoba menaruh bayi pada kolam kecil atau kolam pompa yang bisa kamu isi dengan air hangat dan berbagai mainan seperti bola bola, rubber duck dan semacamnya. 

Dan apabila kegiatan berenang di kolam kecil berjalan lancar tanpa hambatan, kamu bisa meningkatkannya dengan berenang di kolam berenang. Tentu bila sudah sampai di tahapan ini, kamu sebagai orang tua harus selalu siap siaga menjaga bayimu. 

Sebaiknya setiap kali kamu mengajak bayimu berenang, kamu harus memastikan bahwa kegiatan tersebut menyenangkan dan tanpa paksaan sehingga si buah hati akan merasa fun dan tidak sedang dipaksa melakukan sesuatu. 

Ini akan membuat efek relaks dan santai pada si bayi sehingga si bayi tidak akan merasa ketakutan dan terpaksa saat berenang. Perlu diingat juga waktu berenang bayi tidak boleh terlalu lama, cukup 10 – 20 menit maksimal. 

Bila kamu melihat bayimu sudah mulai mengekeriput kulitnya dan mengigil, segeralah untuk mengangkat si bayi dan kembali menghangatkannya. 

Selalu berikan minyak telon setelah memandikan si bayi dan berikan juga makanan atau ASI sehingga si bayi juga akan merasa hangat dari dalam tubuhnya.

Ingatlah untuk selalu menjaga si bayi di setiap kegiatannya terutama dalam kegiatan berenang. 

14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Swimming lessons for infants and toddlers. (2003). (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2791436/)
Swim England. (2015). The benefits of baby swimming. (https://www.swimming.org/learntoswim/the-benefits-of-baby-swimming/)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app