Inilah 4 Tips Mulai Program Berhenti Merokok

Banyak tantangan yang akan Anda hadapi, baik dari diri sendiri ataupun dari lingkungan. Oleh karena itu, dibutuhkan tips khusus bagi Anda yang hendak memulai program berhenti merokok.
Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Inilah 4 Tips Mulai Program Berhenti Merokok

Berhenti merokok adalah keputusan bijak yang bisa Anda ambil, tapi untuk melakukannya tidak semudah yang dibayangkan. Banyak tantangan yang akan Anda hadapi, baik dari diri sendiri ataupun dari lingkungan. 

Oleh karena itu, dibutuhkan tips khusus bagi Anda yang hendak memulai program berhenti merokok.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

1. Dukungan dari orang dengan pengalaman serupa

Orang-orang terdekat akan merasa senang dan bangga atas keinginan Anda untuk berhenti dari kebiasaan buruk ini. Tidak heran jika mereka akan memberikan dukungan penuh agar program berhenti merokok Anda dapat berhasil. 

Hanya saja, dukungan ini biasanya akan memudar seiring dengan waktu.

Mereka yang tidak pernah merasakan rokok atau berhenti dari rokok mungkin tidak mengerti bagaimana perjuangan Anda untuk menjauhi rokok. 

Oleh karena itu, mereka dengan pengalaman serupa yang akan mengerti kondisi Anda sehingga Anda akan mendapatkan dukungan penuh untuk bisa terlepas dari kecanduan rokok.

Selain mendapatkan dukungan secara mental, orang-orang yang sudah berhasil berhenti merokok biasanya memiliki trik khusus yang bisa kita contoh untuk bisa menjauhi kebiasaan buruk ini. 

Dengan demikian, kita akan mendapatkan banyak masukan dari orang-orang yang sudah berpengalaman menjalaninya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

2. Jauhi lingkungan perokok

Pada dasarnya, setiap perokok memiliki keinginan untuk berhenti. Beberapa dari mereka juga merasa benci merasa ketergantungan dan membutuhkan nikotin. Kenyataannya, mereka pun juga menyadari penyakit apa yang bisa datang menghampiri mereka, meskipun tidak banyak yang mengakui hal tersebut.

Ketika Anda berhasil menjauhi rokok, teman-teman perokok Anda akan semakin khawatir terhadap dirinya, meskipun mereka juga merasa senang atas Anda. Banyak di antara mereka yang iri karena berhasil menjauhi rokok, sedangkan mereka masih terjerat rasa candu dari nikotin dalam rokok.

Rasa iri inilah yang terkadang membuat teman-teman Anda akan menawarkan rokok kembali pada Anda. Tidak sedikit dari mereka yang kembali ke kebiasaan buruk ini karena terus didorong lingkungannya. 

Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda menjauhi lingkungan yang dapat membuat Anda terjerumus kembali.

3. Komitmen yang kuat

Seperti yang sudah dikatakan, tidak mudah untuk bisa menjauhi rokok karena rasa candu yang diberikan membuat banyak orang akan kembali padanya. Keberhasilan Anda untuk bisa berhenti merokok tergantung dengan seberapa kuat komitmen yang Anda miliki.

Ada baiknya jika motivasi Anda berhenti merokok berasal dari diri sendiri karena komitmen tersebut dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang dibanding ketika diminta orang lain. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Bulatkan tekad bahwa Anda tidak akan menyentuh kembali rokok dan tidak akan membiarkan siapa pun menggoyahkan komitmen Anda ini.

4. Temukan dukungan secara online

Meskipun Anda tidak mendapatkan dukungan dari teman atau orang-orang di sekitar, bukan berarti Anda harus mundur dan mengurungkan niat menjauhi rokok. Dukungan secara online bisa Anda dapatkan di zaman yang sudah canggih seperti sekarang ini. 

Bahkan, terdapat beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan.

  • Keuntungan pertama adalah Anda dapat terhubung dengan orang-orang yang sedang berusaha berhenti merokok dengan tahapan yang berbeda-beda, mulai dari yang baru pertama memulai hingga mereka yang sudah berhenti hingga bertahun-tahun.
  • Keuntungan berikutnya adalah dukungan bisa diberikan dalam segala waktu, mulai dari pagi hingga malam karena setiap saat pasti ada orang yang sedang online dan bisa membantu Anda. Dukungan ini sangat penting untuk saling mengingatkan dan memberikan nasihat mengenai apa yang harus dilakukan.

Apabila ada orang yang ingin menggagalkan usaha Anda untuk berhenti merokok, tutuplah mata dan telinga kemudian abaikan saja mereka. Mereka yang ingin Anda kembali ke kebiasaan buruk bukanlah lingkungan yang baik untuk Anda sehingga Anda harus menjauhinya.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Tips to Make Your Smoking Cessation Program Succeed. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/quit-smoking-a2-915018)
Tips From Former Smokers. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (https://www.cdc.gov/tobacco/campaign/tips/)
ABC of smoking cessation: Setting up a cessation service. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC381233/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app