Doctor men
Ditulis oleh
MELIANTY IPARDJO
Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA
Pengobatan

Info Penting Dalam Mengkonsumsi Suplemen

Update terakhir: NOV 17, 2019 Tinjau pada NOV 17, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.702.233 orang

Info Penting Dalam Mengkonsumsi Suplemen

Apakah kamu pernah mengkonsumsi suplemen? Lalu tahukah kamu bahwa suplemen tidak baik bila dikonsumsi sembarangan. Oleh karena itu yuk simak artikel satu ini untuk menambah informasi dan pengetahuanmu mengenai hal hal penting apa saja yang harus kamu ketahui ketika kamu mengkonsumsi suplemen.

Apa itu Suplemen?

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Banyak orang yang salah kaprah dan mengatakan bahwa suplemen itu sama dengan obat obatan. Sebenarnya suplemen tidaklah sama dengan obat obatan ya guys. Suplemen tidak dapat menyembuhkan atau digunakan untuk mencegah suatu penyakit untuk terjadi. Suplemen juga bukan pengganti makanan. 

Pengkonsumsian konsumen hanya ditujukan untuk melengkapi atau sebagai tambahan bagi tubuh manusia. Suplemen tidak bisa dijadikan dasar pemikiran dan obat obatan untuk menjadi sehat. 

Kamu harus tetap menjaga makanan dan gaya hidupmu untuk menjadi sehat, fungsi suplemen hanya sebagai pelengkap dan penambah vitamin atau zat yang ada dalam suplemen tersebut dalam tubuhmu. Bila dikonsumsi secara rutin, suplemen yang kamu konsumsi juga dapat menunjang, membantu dan merawat kesehatan pada tubuh kamu.

Apa saja Hal Penting yang Harus Diperhatikan dalam Mengkonsumsi Suplemen?

Walaupun suplemen bukanlah obat, namun dalam proses pengkonsumsian suplemen tetap harus memerhatikan beberapa hal sehingga suplemen yang dikonsumsi lebih tepat sasaran dan dapat menunjang kesehatan tubuh kamu. Adapun beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan ialah:

  • Berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli kesehatan
  • Pastikan Suplemen Aman yang telah distandarisasi oleh BPOM atau FDA
  • Perhatikan Dosis yang Disarankan untuk Dikonsumsi

Suplemen yang sekarang beredar dan dijual bebas di pasaran memang menjanjikan berbagai janji janji manis yang umumnya menjamin si pengguna akan menjadi jauh lebih sehat, lebih kuat dan lebih fresh setelah mengkonsumsinya. Banyak cara dan trick yang digunakan para produsen penjual konsumen dalam menarik hati dan minat para calon membeli dalam menjual suplemen tersebut. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Nah tapi yang perlu kamu perhatikan ialah sebaiknya jangan langsung membeli suplemen tersebut, sebaiknya kamu catat dulu merek, jenis, komposisi serta fungsi dan kegunaan suplemen tersebut lalu komunikasikan dengan dokter kesehatanmu atau ahli medis yang terpercaya apakah memamg suplemen tersebut akan ‘berguna’ bila kamu beli dan kamu konsumsi? 

Seberapa besar dampak positif dan efek samping apa saja yang dapat tubuh kamu terima. Bila sudah yakin baru kamu bisa membelinya. Ingat tujuan awal kamu dalam membeli konsumen ialah agar tubuh menjadi lebih sehat, jangan sampai karena kurangnya info dan sembarangan membeli karena terbuai janji manis si penjual, kamu malah akan menjadi kurang sehat dibanding sebelum mengkonsumsi suplemen tersebut.

Pasti kamu juga akan bingung bukan bila harus memastikan apakah suplemen yang kamu pilih aman atau tidak bagi tubuhmu. Sebenarnya caranya cukup mudah guys. 

Pertama kamu lihat bagian komposisi dari konsumen tersebut, nilai gizinya, fungsi, lalu petunjuk kegunaannya serta peringatan yang biasanya akan tertulis di kemasan setiap suplemen. Ingat untuk juga memeriksa apakah suplemen tersebut sudah ada BPPOM nya. 

Perlu kamu ketahui juga efek samping apa saja yang bisa terjadi ketika kamu mengkonsumsi suplemen tersebut. Bila kamu belum yakin, kamu bisa melihat beberapa review dari suplemen tersebut baik melalui internet ataupun sosial media. Pastikan di bagian komposisi suplemen ada atau tidaknya zat zat yang berbahaya atau akan menimbulkan reaksi atau alergi ketika kamu meminumnya. 

Ingat juga bahwa jangan hanya melihat review dari 1 orang saja karena setiap tubuh memiliki reaksi yang berbeda-beda terhadap masuknya benda asing kedalam tubuh seperti suplemen, oleh karena itu sebaiknya membaca beberapa review dari beberapa macam orang sehingga kamu bisa tau efek samping suplemen tersebut ke beberapa macam tipe kesehatan orang lain.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Ingat untuk mengkonsumsi suplemen berdasarkan dosis yang dianjurkan. Jangan mengkonsumsinya terlalu banyak karena mengkonsumsi dengan dosis berlebihpun tidak akan membawa dampak dan manfaat lebih besar bagi tubuh kamu, yang ada malahan akan mengganggu metabolisme pada tubuh kamu.

Sedikit informasi juga buat kamu, sebaiknya kamu mengkonsumsi suplemen di pagi hari setelah makan pagi. Bila kamu tidak mengalami gangguan atau masalah kesehatan, sebaiknya kamu cukup mengkonsumsi buah, sayuran dan makanan yang sehat dan seimbang, jangan lupa untuk istirahat dan olahraga untuk menjaga kesehatan tubuhmu. Ingat cara alami jauh lebih sehat dibandingkan dengan meminum suplemen. 

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit