Perawatan Wajah

HIFU Treatment, Pilihan Perawatan Kecantikan Wajah Terbaru

Dipublish tanggal: Mei 6, 2020 Update terakhir: Mei 18, 2020 Waktu baca: 3 menit
HIFU Treatment, Pilihan Perawatan Kecantikan Wajah Terbaru

Ringkasan

Buka

Tutup

  • High Intensity Focused Ultrasound atau HIFU adalah salah satu pilihan perawatan kecantikan wajah terbaru yang menggunakan teknologi ultrasound. HIFU tidak memerlukan tindakan operasi atau suntikan seperti pada filler, suntik botox, tanam benang, ataupun pada metode perawatan wajah lain
  • Awalnya High Intensity Focused Ultrasound atau HIFU digunakan sebagai salah satu metode pengobatan tumor jinak (non-kanker). Tetapi ternyata HIFU treatment juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu metode perawatan kecantikan
  • HIFU treatment hanya membutuhkan sekali sesi perawatan yang juga tergolong singkat, yakni hanya sekitar 30-90 menit. Tetapi untuk mendapatkan hasil perawatan yang maksimal dari HIFU treatment, biaya yang dibutuhkan relatif cukup mahal
  • Perawatan HIFU terbilang cukup aman dan tidak menimbulkan banyak efek samping. Pada beberapa kasus, risiko ruam kemerahan dan bengkak bisa saja terjadi walau hanya sesaat

High Intensity Focused Ultrasound atau HIFU adalah salah satu metode perawatan kecantikan wajah terbaru yang menggunakan teknologi ultrasound. HIFU sendiri tidak memerlukan tindakan operasi ataupun suntikan seperti pada filler, suntik botox, tanam benang, ataupun pada metode perawatan wajah lainnya.

Fungsi utama dari perawatan HIFU adalah untuk meningkatkan elastisitas dan kekenyalan kulit sehingga membantu mengencangkan kulit wajah yang mulai mengendur, terutama di area mata, dagu, dan leher. HIFU treatment juga bisa diterapkan di semua jenis kulit, baik pada pria ataupun wanita tanpa batasan usia.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik HIFU via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket hifu hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b04 hifu

Baca juga: 8 Jenis Makanan Terbaik untuk Kulit Sehat dan Awet Muda

Awalnya High Intensity Focused Ultrasound atau HIFU digunakan sebagai salah satu metode pengobatan tumor jinak (non-kanker) dengan menggunakan gelombang ultrasound yang menghantarkan panas untuk membunuh sel-sel tumor. Tetapi ternyata HIFU treatment juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu metode perawatan kecantikan yang bersifat non-invasif. 

Cara kerja High Intensity Focused Ultrasound (HIFU treatment)

Prosedur HIFU treatment yang menggunakan teknologi ultrasound bertujuan untuk meningkatkan produksi kolagen dalam kulit sehingga kulit wajah menjadi lebih kencang. HIFU treatment juga sering disebut juga metode face-lift tanpa operasi. 

Saat menjalani perawatan wajah di klinik kecantikan, berikut ini adalah cara kerja metode HIFU treatment sebagai salah satu teknik perawatan wajah untuk mengencangkan kulit:

  • Pembersihan seluruh area wajah terutama bagian wajah yang akan difokuskan 
  • Pengolesan krim anestesi topikal (gel ultrasound) pada area wajah
  • Pengaplikasian alat HIFU untuk menghantarkan gelombang panas yang difokuskan pada sel-sel kulit dan lapisan dalam kulit wajah sekitar 30-90 menit
  • Setelah selesai, alat HIFU akan diangkat dari wajah. Jika terasa nyeri atau kesemutan akibat munculnya rasa panas dan nyeri yang berasal dari teknologi ultrasound, maka dokter mungkin akan memberikan obat pereda nyeri

Hantaran gelombang panas pada metode HIFU treatment diharapkan dapat membuat kulit wajah menjadi lebih kencang dan elastis serta membantu mengurangi munculnya kerutan atau garis halus pada wajah sehingga wajah menjadi lebih segar dan awet muda.

Manfaat High Intensity Focused Ultrasound (HIFU treatment) dalam perawatan wajah

Dalam menjalani HIFU treatment (High Intensity Focused Ultrasound), Anda tidak perlu khawatir dengan prosedur operasi, penggunaan benang, ataupun suntikan karena HIFU treatment sangat jarang menyebabkan rasa sakit bahkan hampir tidak ada bekas perawatan pada wajah karena HIFU treatment bersifat non-invasif. 

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik HIFU via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket hifu hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b04 hifu

Manfaat lengkap perawatan High Intensity Focused Ultrasound/HIFU adalah:

  • Mengencangkan dan menghaluskan kulit 
  • Mengurangi kerutan atau garis halus pada wajah
  • Mengangkat area pipi, alis, dan kelopak mata yang mengendur
  • Membentuk atau mempertegas garis rahang pada wajah

Waktu perawatan HIFU treatment yang dibutuhkan dalam sekali treatment tergolong singkat, hanya sekitar 30-90 menit. Tetapi untuk mendapatkan hasil perawatan yang maksimal dari HIFU treatment, biaya yang dibutuhkan relatif cukup mahal dan diperlukan perawatan lanjutan secara rutin. 

Perawatan HIFU treatment sendiri terbilang aman dan tidak menimbulkan banyak efek samping. Hanya saja pada beberapa kasus, risiko ruam kemerahan dan pembengkakan ringan bisa saja terjadi, tetapi biasanya itu hanya berlangsung sebentar. Bahkan, setelah menjalani HIFU treatment umumnya pasien bisa langsung kembali menjalani aktivitas seperti biasa.

Selain itu, HIFU treatment tidak membutuhkan aturan atau pantangan tertentu sebelum ataupun setelah menjalani perawatan. Hanya saja diperlukan konsistensi dalam melakukan perawatan wajah tambahan seperti penggunaan serum dan pelembab demi menjaga hasil perawatan.

Baca juga: Jenis Produk Perawatan Wajah Pencegah Penuaan Dini

Hasil perawatan dari metode HIFU (High Intensity Focused Ultrasound) dengan proses pembentukan kolagen ini umumnya baru akan terlihat sekitar 2-3 bulan setelah perawatan HIFU dilakukan dan akan bertahan selama 1-3 tahun. Untuk tahap awal, pasien HIFU treatment disarankan untuk melakukan kontrol rutin sekitar 2-3 kali sebulan.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
South China Morning Post. Beauty is more than skin deep: how focused ultrasound treatment Hifu penetrates skin without a needle in sight. (https://www.scmp.com/lifestyle/fashion-beauty/article/3038921/beauty-more-skin-deep-how-focused-ultrasound-treatment)
Healthline. Can High-Intensity Focused Ultrasound Treatment Replace Face Lifts? (https://www.healthline.com/health/hifu-for-face#summary)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app