GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Tips Penting Memilih Krim Mata Terbaik

Dipublish tanggal: Agu 12, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 27, 2020 Waktu baca: 3 menit
Tips Penting Memilih Krim Mata Terbaik

Banyak orang yang kurang memperhatikan perawatan mata secara khusus karena sudah dianggap satu paket dengan pelembab. Padahal mata juga memerlukan perawatan tersendiri supaya tetap terlihat sehat dan segar.

Nah sebenarnya seberapa penting kesehatan mata dan area di sekitar mata perlu dirawat? Kalaupun memang penting, bagaimana cara memilih krim mata  (eye cream) terbaik? Yuk simak ulasannya berikut ini!

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Alasan mengapa harus menggunakan krim mata (eye cream)

Setiap bagian tubuh, termasuk kulit di area tertentu memiliki karakteristik tersendiri. Hal ini juga termasuk pada kulit di area mata yang memiliki tekstur lebih tipis dan terdapat otot halus pendukung sehingga area ini terbilang lebih sensitif. Tak hanya itu, jumlah kelenjar minyak juga akan menjadi lebih sedikit daripada area lainnya sehingga proses melembabkan kulit secara alami harus dibantu oleh krim mata terbaik. 

Di samping itu, penggunaan krim mata (eye cream) juga berfungsi untuk menangkis berbagai masalah di sekitar mata yang mungkin saja mengganggu penampilan, yaitu:

Mata sembab (bengkak)

Area mata seringkali mengalami masalah pembengkakan yang diakibatkan oleh alergi, kurang tidur, pola makan yang tidak teratur, efek alkohol, maupun efek penuaan. Mata yang bengkak ini dapat terjadi karena adanya penumpukan cairan di area mata tersebut sehingga membutuhkan bantuan dari krim mata. Selain itu, mata sembab juga bisa disebabkan akibat menangis. Tetapi hal ini akan hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

Baca juga: Cara Cepat Redakan Mata Sembap Setelah Menangis

Lingkaran hitam (dark circle)

Munculnya lingkaran hitam atau kantung mata pada area bawah mata bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti genetik (keturunan), stress, merokok, pigmen, maupun paparan sinar matahari. Selain itu, kebiasaan sehari-hari seperti merokok, konsumsi minuman beralkohol maupun kafein secara berlebihan juga dapat menyebabkan munculnya dark circle yang dapat mengganggu penampilan sehingga dibutuhkan tambahan krim mata (eye cream).

Baca juga: Penyebab Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Garis Halus

Sebagai salah satu efek penuaan, area di sekitar mata juga memungkinkan untuk timbulnya kerutan atau garis halus. Namun dengan mengandalkan krim mata (eye cream) terbaik maka dapat mengatasi berbagai masalah mata yang mungkin terjadi. Garis-garis halus ini sendiri timbul karena otot-otot di sekitar mata sering digunakan untuk aktivitas berkedip.

Baca juga: Cara Alami Atasi Garis Halus di Wajah

Tips memilih krim mata terbaik

Terkadang alasan terburu-buru adalah kesalahan yang sering dilakukan orang ketika memilih krim mata terbaik. Padahal ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk menentukan krim mata terbaik, di antaranya:

Mengandung pelembap

Pada salah satu area kulit yang sensitif, kulit kering adalah masalah utama pada mata. Untuk itu, pastikan memilih krim mata (eye cream) yang juga membantu menghidrasi mata. Dengan demikian, hal tersebut dapat membantu mengurangi risiko iritasi mata maupun perubahan warna. Untuk itu, pilihlah jenis pelembab alami mata yang mengandung jojoba, green tea, aloe vera, minyak argan, minyak almond, maupun shea butter.

Produk krim mata bagi kulit sensitif

Karena kulit di area mata memiliki sifat sensitif, maka pilihlah produk krim mata (eye cream) yang berlabel untuk kulit sensitif maupun yang sudah teruji keamanannya oleh dokter mata. Selain itu, perhatikan bahan kandungan yang terdapat di dalam krim mata (eye cream) agar menghindari risiko munculnya masalah lain pada area sekitar mata seperti kandungan vitamin, antioksidan, antiaging, SPF, retinol, niacinamide, peptides, dan fatty acids yang perlu ada dalam kandungan krim mata. Hal tersebut untuk membantu melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit.

Kesalahan penggunaan krim mata yang sering dilakukan

Tidak hanya kesalahan saat memilih produk, kebanyakan krim mata (eye cream) terbaik pun tidak berfungsi normal karena kesalahan dalam penggunaannya. Misalnya dalam mengatasi masalah kantung mata, bisa ggunakan krim mata dengan kandungan green tea, daun chammomile, serta aloe vera. Sementara untuk mengatasi masalah lingkaran hitam (dark circle), bisa menggunakan krim mata yang mengandung kafein, vitamin C, dan vitamin K. Sedangkan untuk mengurangi masalah keriput, bisa menggunakan krim mata dengan kandungan retinol.

Jangan terlalu banyak gunakan krim mata (eye cream)

Ini merupakan salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan ketika menggunakan krim mata, yaitu terlalu banyak takaran penggunaan krim mata (eye cream). Padahal krim mata ini hanya khusus digunakan di area mata sehingga takarannya tidak perlu terlalu banyak. Karena semakin besar takaran, bukan berarti formula bekerja lebih cepat. Sebab jika krim mata tidak diratakan dengan baik hanya akan menyebabkan iritasi karena tidak mampu terserap dengan baik oleh kulit mata.

Jangan ratakan krim mata dengan digosok

Kesalahan lain yang biasa dilakukan oleh pengguna krim mata (eye cream), salah satunya adalah dengan menggunakan krim mata dengan cara digosok. Jika kebiasaan ini dibiarkan bisa menyebabkan kulit mata menjadi kendur. Perlu diketahui, bagian kulit area mata ini cenderung lebih tipis sehingga cara pengaplikasian krim mata terbaik dapat dilakukan dengan cara ditepuk atau ditekan dengan lembut.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Which Eye Cream Do You Need?. WebMD. (Accessed via: https://www.webmd.com/beauty/features/which-eye-cream#1)
Hello Bright Eyes! How to Pick the Eye Cream That’s Right for You. Health Essentials from Cleveland Clinic. (Accessed via: https://health.clevelandclinic.org/hello-bright-eyes-how-to-pick-the-eye-cream-thats-right-for-you/)
How to Choose an Eye Cream. Verywell Health. (Accessed via: https://www.verywellhealth.com/how-to-choose-eye-cream-4686979)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app