ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

10 Fungsi Melatonin, Tak Hanya Sebagai Obat Tidur Lelap

Dipublish tanggal: Agu 14, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
10 Fungsi Melatonin, Tak Hanya Sebagai Obat Tidur Lelap

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Melatonin adalah hormon tidur yang berperan sebagai pengatur siklus siang dan malam atau siklus tidur-bangun (sleep-wake cycle).
  • Suplemen melatonin dapat membantu seseorang lebih mudah terlelap tanpa menyebabkan ketergantungan maupun efek mabuk.
  • Pemberian melatonin pada anak autis dan ADHD dilaporkan mampu mempercepat anak tertidur dan memperpanjang jam tidurnya.
  • Berperan dalam mengatur ritme sirkadian, obat melatonin dosis rendah sering digunakan untuk mengurangi gejala depresi musiman.
  • Melatonin dapat meningkatkan hormon pertumbuhan, menjaga kesehatan mata, hingga meredakan gejala GERD dan telinga berdenging.
  • Klik untuk mendapatkan Melatonin atau obat gangguan tidur lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Beberapa orang mungkin bisa dengan mudah tidur lelap saat menyentuh kasur, namun nyatanya tidak juga. Ya, sebagian di antaranya justru susah tidur bahkan sampai membutuhkan obat tidur agar bisa memejamkan mata hingga terlelap. Melatonin adalah salah satu suplemen atau obat tidur yang kerap digunakan. Akan tetapi, obat ini tak boleh digunakan sembarangan agar fungsi melatonin tidak malah membahayakan tubuh.

Melatonin adalah hormon tidur, ini cara kerjanya

Melatonin adalah hormon alami yang sudah ada di dalam tubuh. Hormon ini dikenal sebagai hormon tidur, karena berperan sebagai pengatur siklus siang dan malam atau siklus tidur-bangun (sleep-wake cycle).

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Saat malam hari atau kondisi gelap, tubuh akan memproduksi lebih banyak melatonin. Hormon inilah yang memberi sinyal pada tubuh untuk bersiap tidur. Maka tak heran jika ketika malam atau suasana gelap, Anda cenderung merasa ngantuk dan ingin tidur.

Fungsi melatonin untuk kesehatan

Sekarang ini melatonin bisa dibuat secara sintesis di laboratorium dan hasilnya berbentuk pil. Nah, suplemen atau obat melatonin itulah yang kemudian digunakan untuk meningkatkan kualitas tidur seseorang, terutama yang susah tidur malam.

Lebih lanjut, berbagai fungsi melatonin adalah sebagai berikut:

1. Membantu tidur lelap

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa suplemen melatonin dapat membantu Anda lebih mudah terlelap. Tidak seperti obat tidur lainnya, melatonin umumnya tidak menyebabkan ketergantungan maupun efek mabuk.

2. Meredakan jet lag

Bagi Anda yang sering jet lag saat bepergian, obat melatonin bisa membantu. Melansir dari Mayo Clinic, melatonin dapat menurunkan tingkat kewaspadaan, salah satu gejala jet lag yang membuat seseorang susah tidur.

3. Mencegah delayed sleep-wake phase disorder (DSWPD)

Delayed sleep-wake phase disorder adalah gangguan tidur yang membuat jam biologis seseorang berbeda dengan jam biologis pada umumnya. Orang dengan DSWPD biasanya baru bisa tidur pada jam 2-6 pagi dan susah bangun hingga jam 10 pagi sampai 1 siang. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Suplemen melatonin bisa membantu Anda tidur lebih cepat. Namun, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum memberikan melatonin pada anak.

4. Menangani gangguan tidur pada anak

Anak-anak dengan kondisi tertentu seperti dermatitis atopik, asma, ADHD, atau autisme lebih rentan mengalami masalah tidur. Kabar baiknya, melatonin adalah salah satu suplemen atau obat penyelamat yang bisa digunakan.

Studi yang dilakukan tahun 2019 menemukan bahwa anak autis yang diberikan melatonin bisa tidur 37 menit lebih awal dan durasinya 48 menit lebih lama dari biasanya. Sedangkan anak dengan ADHD bisa tertidur 20 menit lebih awal dan 33 menit lebih lama setiap malam.

Baca Juga: 9 Tips Mengatasi Bayi Susah Tidur

5. Meredakan kecemasan sebelum dan sesudah operasi

Suplemen melatonin tampaknya cukup membantu mengurangi kecemasan pada pasien sebelum operasi. Para ahli menduga hal ini mungkin sama efektifnya dengan pengobatan standar menggunakan midazolam (obat anticemas).

6. Mengurangi gejala depresi musiman

Seasonal affective disorder (SAD) adalah jenis depresi ringan yang bersifat musiman, artinya dapat terjadi setiap tahun. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa hal ini ada kaitannya dengan perubahan ritme sirkadian yang diakibatkan oleh perubahan cahaya musiman.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Karena melatonin berperan dalam mengatur ritme sirkadian, maka suplemen atau obat melatonin dosis rendah sering digunakan untuk mengurangi gejala depresi musiman. Hasilnya cukup efektif pada pasien SAD.

7. Membantu meningatkan hormon pertumbuhan

Studi kecil pada 8 pria menemukan bahwa dosis melatonin rendah (0,5 mg) dan tinggi (5 mg) efektif untuk meningkatkan kadar hormon pertumbuhan (HGH). Hormon pertumbuhan berperan penting untuk pertumbuhan dan regenerasi sel, juga meningkatkan kekuatan dan massa otot.

8. Mengoptimalkan kesehatan mata

Siapa sangka bahwa melatonin adalah salah satu hormon yang mampu menjaga kesehatan mata. Kandungan antioksidan tinggi pada melatonin dilaporkan dapat membantu mengobati glaukoma hingga degenerasi makula terkait usia.

9. Membantu meredakan gejala GERD

Fungsi melatonin dapat memblokir sekresi asam lambung dan sintesis oksida nitrat, yakni senyawa yang melemaskan katup esofagus (sfingter) bagian bawah. Akibatnya, asam lambung tidak kembali naik ke kerongkongan dan gejala GERD bisa dikendalikan.

10. Meredakan telinga berdenging (tinnitus)

Bagi Anda yang mengalami telinga berdenging terus-menerus (tinnitus), obat melatonin dapat membantu meredakan nyerinya. Sebuah studi kecil yang dimuat dalam jurnal Annlas of Otology, Rhinology, and Laryngology melaprokan bahwa pemberian 3 mg melatonin sebelum tidur dapat menurunkan kebisingan pada telinga, sehingga pasien bisa tidur lebih nyenyak.

Baca Juga: Vitamin untuk Orang yang Kurang Tidur (Sering Begadang)

Meskipun fungsi melatonin sangat beragam, suplemen maupun obat melatonin hanya boleh digunakan dalam jangka pendek. Itu artinya, Anda tidak boleh menggunakannya terus-menerus melebihi batas penggunaan. Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter mengenai dosis dan aturan pemakaian melatonin untuk meminimalisir risiko efek samping obat.

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
National Center for Compelementary and Integrative Health. Melanonin: What You Need To Know. (https://www.nccih.nih.gov/health/melatonin-what-you-need-to-know). Oktober 2019.
Healthline. Melatonin: Benefits, Uses, Side Effects and Dosage. (https://www.healthline.com/nutrition/melatonin#1). 14 September 2018.
Medical News Today. All you need to know about melatonin. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/232138). 21 Juli 2020.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app