ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

3 Fungsi Loratadine, si Obat Alergi yang Tidak Bikin Ngantuk

Dipublish tanggal: Agu 18, 2020 Update terakhir: Nov 24, 2020 Waktu baca: 2 menit
3 Fungsi Loratadine, si Obat Alergi yang Tidak Bikin Ngantuk

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Loratadine adalah obat antihistamin yang mampu mengurangi efek histamin penyebab bersin, pilek, hingga gatal pada kulit karena alergi;
  • Manfaat Loratadine juga dapat meredakan gejala rhinitis alergi, alergi musiman, hingga gatal akibat biduran kronis (urtikaria);
  • Dosis Loratadine untuk mengobati rhinitis alergi pada dewasa dan anak > 12 tahun adalah 1 x sehari 1 tablet (10 mg) atau 2 x sehari 1/2 tablet (5 mg);
  • Obat ini tidak dapat mencegah biduran atau menangani reaksi alergi serius, seperti anafilaktik.
  • Loratadine adalah salah satu obat gatal yang patut jadi pilihan karena efeknya tidak menyebabkan kantuk;
  • Klik untuk mendapatkan Loratadine atau obat alergi lainnya ke rumah Anda di HDMall. *Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD;
  • Gunakan fitur chat untuk berkonsultasi dengan apoteker kami secara gratis seputar obat dan pemeriksaan kesehatan yang Anda butuhkan.

Gejala alergi tidak hanya ditandai dengan munculnya sensasi gatal pada kulit. Akan tetapi, seringnya juga disertai dengan gejala lain seperti pilek, mata berair, hingga bersin-bersin. Nah, loratadine adalah salah satu obat yang bisa Anda pilih untuk meredakan gejala tersebut. 

Apa saja fungsi loratadine dalam pengobatan? Berikut penjelasan lengkapnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Loratadine obat apa?

Loratadine adalah obat antihistamin yang mampu mengurangi efek histamin pada tubuh. Histamin merupakan zat kimia yang diproduksi sel-sel tubuh ketika mengalami reaksi alergi atau infeksi.

Ketika diproduksi secara berlebihan, histamin dapat menimbulkan sejumlah masalah dan mengganggu beberapa fungsi tubuh: Mulai dari menyebabkan gejala alergi, bersin, pilek, hingga ruam gatal pada kulit.

Loratadine akan menekan efek histamin pada tubuh sehingga gejala alergi tadi bisa berkurang. Obat yang hanya bisa diperoleh dengan resep dokter ini tersedia dalam bentuk pil, tablet, dan sirup.

Fungsi loratadine untuk pengobatan

Berbagai fungsi loratadine adalah sebagai berikut:

1. Meredakan gejala rhinitis alergi atau alergi musiman

Rhinitis alergi adalah gejala yang muncul ketika sistem imun tubuh bereaksi secara berlebihan terhadap alergen (pemicu alergi). Jika dipengaruhi oleh perubahan musim, misalnya musim panas, reaksi alerginya bisa disebut dengan alergi musiman (hay fever).

Dilihat dari gejalanya, kedua kondisi tersebut sama-sama menyebabkan pilek, hidung tersumbat, mata gatal atau berair, hingga gatal pada kulit. Namun, Anda tak perlu khawatir sebab Loratadine adalah mampu meredakan gejala rhinitis alergi maupun alergi musiman, serta membantu agar alergi tak mudah kambuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Dosis loratadine untuk mengobati rhinitis alergi adalah:

  • Dewasa dan anak usia > 12 tahun: 1 x sehari 1 tablet (10 mg), bisa juga 2 x sehari 1/2 tablet (5 mg);
  • Anak usia 2-11 tahun dengan berat badan < 30 kg: 1 x sehari 1/2 tablet (5 mg);
  • Anak usia 2-11 tahun dengan berat badan > 30 kg: 1 x sehari 1 tablet (10 mg).

Baca Juga: Kenali Rinitis Alergi dari Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

2. Mengendalikan gejala flu akibat alergi

Alergi dapat disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari debu, udara dingin, serbuk sari, bulu hewan peliharaan, hingga makanan. Ketika zat-zat ini masuk ke dalam tubuh, sistem imun akan menganggapnya sebagai zat berbahaya sehingga melepaskan histamin untuk melawannya.

Nah, loratadine adalah salah satu kandungan obat yang mampu meredakan gejala flu akibat paparan penyebab alergi tersebut. Obat ini bisa membantu menurunkan risiko pilek, bersin, ruam kulit, mata gatal atau berair, dan gejala alergi lainnya.

3. Meredakan gatal akibat biduran kronis (urtikaria)

Urtikaria atau biduran ditandai dengan munculnya bentol kemerahan yang terasa gatal dan bercak pada kulit. Kondisi ini sering kali disertai dengan rasa gatal sehingga membuat kita jadi tidak nyaman.

Mengonsumsi loratadine bisa membantu mengatasi biduran. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa obat ini tidak dapat mencegah biduran atau menangani reaksi alergi serius, seperti anafilaktik.

Loratadine merupakan salah satu obat gatal yang patut jadi pilihan karena efeknya tidak menyebabkan kantuk. Anda pun hanya cukup mengonsumsinya 1 kali sehari untuk merasakan manfaatnya. Yang tak kalah penting, selalu ikuti dosis dan aturan minum obat dari dokter supaya loratadine bekerja maksimal dalam tubuh.

Baca Juga: Cara Mengobati Biduran Akut dan Kronis sampai Tuntas

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app