GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Dekongestan, Pilihan Obat Hidung Tersumbat Akibat Alergi

Dipublish tanggal: Agu 6, 2020 Update terakhir: Des 1, 2021 Waktu baca: 3 menit
Dekongestan, Pilihan Obat Hidung Tersumbat Akibat Alergi

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Jika mengalami hidung tersumbat, sulit bernapas, dan rasa tidak nyaman pada hidung, obat dekongestan bisa menjadi salah satu obat pilihan;
  • Salah satu gejala alergi adalah hidung tersumbat. Dekongestan adalah salah satu jenis obat alergi yang sering digunakan, selain obat antihistamin dan kortikosteroid;
  • Dekongestan tersedia dalam kemasan obat oral seperti tablet dan obat hirup (inhaler) yang sangat mudah digunakan saat mengatasi hidung tersumbat;
  • Obat dekongestan tidak disarankan untuk digunakan oleh ibu hamil dan ibu menyusui, serta anak di bawah usia 6 tahun (kecuali atas petunjuk dokter);
  • Klik untuk membeli dekongestan atau obat batuk dan flu lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Mengalami hidung mampet atau hidung tersumbat? Kondisi itu tentu menimbulkan rasa tidak nyaman pada hidung serta mengganggu saluran pernapasan, bahkan menyebabkan kesulitan bernapas terutama ketika ingin tidur. 

Hidung tersumbat sendiri disebabkan karena pembuluh darah di sekitar hidung mengalami pembengkakan dan terdapat cairan berlebih di hidung. Cairan itu muncul karena hidung memproduksi lendir yang berfungsi untuk mengangkat kotoran yang mengganggu di dalam hidung.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Mengenai hidung tersumbat

Ada beberapa penyebab hidung tersumbat, baik karena virus, bakteri, atau sebagai salah satu bentuk reaksi alergi. Alergi sendiri bisa disebabkan oleh alergen tertentu, seperti debu, polusi udara, serbuk tanaman, asap rokok, bulu hewan, dan lain sebagainya.

Jika flu tersebut terjadi karena infeksi virus, maka Anda cukup meningkatkan sistem imun tubuh agar tubuh dapat melawan virus penyebab pilek yang biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Cara mengatasi hidung tersumbat itu bisa dengan minum air putih lebih banyak serta istirahat yang cukup. 

Sedangkan jika gejala hidung tersumbat atau pilek terjadi karena infeksi bakteri, umumnya dokter akan memberikan resep obat antibiotik untuk mengobati infeksi tersebut.

Akan tetapi berbeda lagi jika hidung tersumbat disebabkan oleh paparan alergen. Jika reaksi alergi terjadi, tentu kita harus menghindari dan menjauh dari sumber alergen tersebut. Selain itu, untuk meredakan gejala alergi, ada sejumlah obat yang dapat diresepkan oleh dokter.

Baca juga: Penyebab Hidung Tersumbat dan Cara Mengatasinya

Gejala alergi dan cara pengobatannya

Gejala alergi bisa bermacam-macam, baik gatal pada kulit, ruam kemerahan, hidung tersumbat, kulit bengkak, bersin, hidung gatal, maupun mata berair. Untuk mengatasi alergi tersebut dibutuhkan obat alergi yang disesuaikan dengan gejala yang dialami, baik yang membutuhkan resep dokter maupun obat bebas.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

3 Jenis obat alergi yang paling umum digunakan adalah:

1. Dekongestan

Dekongestan adalah obat yang sering digunakan sebagai salah satu cara mengatasi hidung tersumbat. Selain itu, obat dekongestan juga dapat membantu melegakan hidung yang mampet sekaligus melancarkan saluran pernapasan.

2. Antihistamin

Obat antihistamin biasa digunakan untuk mengatasi reaksi alergi ringan terutama gatal pada kulit, mata dan hidung dengan cara menghambat produksi histamin yang dapat memicu reaksi alergi penyebab gatal di kulit.

3. Kortikosteroid

Obat kortikosteroid lebih banyak digunakan untuk mengurangi peradangan dan mengobati sejumlah gejala alergi secara bersamaan, seperti gatal, hidung tersumbat, dan bersin.

Oleh karena itu, untuk membantu mengatasi hidung tersumbat, salah satu pilihan obat hidung tersumbat yang paling umum digunakan adalah dekongestan yang tersedia dalam bentuk obat oral maupun obat hirup (inhaler).

Baca juga: Kenali Jenis-Jenis Obat Kortikosteroid

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Dekongestan obat apa?

Dekongestan adalah obat yang biasa digunakan untuk membantu mengatasi hidung mampet. Obat dekongestan bekerja dengan cara mengurangi pembengkakan pembuluh darah yang terjadi pada hidung akibat flu, pilek, maupun alergen, sekaligus melegakan pernapasan. 

Beberapa contoh obat yang mengandung dekongestan adalah oxymetazoline, fenilefrin, pseudoephedrine, ephedrine, ipratropium bromide, dan phenylephrine.

Dosis obat dekongestan

Dosis penggunaan obat dekongestan adalah sebagai berikut:

  • Obat hirup (inhaler): Dosis untuk mengatasi hidung tersumbat adalah 5-7 kali sehari
  • Obat oral (tablet): Dosis untuk orang dewasa adalah 4-6 kali sehari 60 mg

Penggunaan obat dekongestan tidak boleh digunakan lebih dari 1 minggu dan harus segera dihentikan jika gejala hidung tersumbat telah membaik. Obat hidung tersumbat dekongestan juga tidak disarankan bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan anak di bawah usia 6 tahun, kecuali atas saran dokter. 

Baca juga: Informasi Manfaat dan Cara Kerja Dekongestan

Umumnya obat dekongestan dapat diterima dengan baik jika diminum sesuai dosis aturan. Namun, sejumlah efek samping ringan mungkin terjadi pada penggunaan dekongestan, di antaranya mual, sakit kepala, mulut kering, maupun ruam kemerahan pada kulit. 

Dekongestan juga dapat menimbulkan efek samping pada fungsi kerja jantung dan sistem saraf pusat, termasuk mudah gelisah, gemetaran, percepatan detak jantung, hingga halusinasi (jarang terjadi). Efek samping tersebut akan hilang dengan sendirinya jika pemakaian obat dekongestan dihentikan. Perhatikan dosis penggunaan dan ikuti petunjuk dokter.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
NHS. Health A-Z. Decongestants. (https://www.nhs.uk/conditions/decongestants/)
Mayo Clinic. Drugs and Supplements. Pseudoephedrine (Oral Route). (https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/pseudoephedrine-oral-route/proper-use/drg-20067942)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app