Coba Hentikan Kebiasaan Merokok dengan Cara Hipnotis

Dipublish tanggal: Mei 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Coba Hentikan Kebiasaan Merokok dengan Cara Hipnotis

Merokok merupakan kebiasan buruk yang tidak mendatangkan keuntungan sama sekali. Jika Anda merasa rileks ketika menghisap rokok, itu adalah efek semu yang Anda rasakan. Sebaliknya, kerusakan beberapa organ vital akan terjadi dan bisa menyebabkan kematian dini. Karena bahaya yang sangat mematikan itulah banyak perokok yang akhirnya memutuskan untuk berhenti.

Faktanya, untuk menghilangkan kecanduan akan rokok tidak semudah yang dikira. Terutama bagi Anda hidup di lingkungan yang sebagian besar orangnya adalah perokok, akan sangat sulit menghindari keinginan merokok. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi kecanduan rokok. Misalnya saja seperti mengunyah permen karet nikotin, konseling, dan lain-lain.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Jika cara tersebut tidak menolong, sebaiknya jangan menyerah karena ada metode yang lebih efektif yaitu dengan hipnotis. Jika Anda ingin menggunakan metode tersebut, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Sekilas Mengenai Teknik Hipnotis

Metode hipnotis untuk pengobatan sebenarnya sudah dilakukan sejak dulu. Hipnotis sendiri merupakan proses perubahan kondisi kesadaran dimana pasien dibuat dalam keadaan tertidur. Banyak masalah kesehatan yang bisa ditangani dengan metode ini diantaranya seperti ketergantungan obat-obatan, kelebihan berat badan, dan kelainan bicara.

Saat dihipnotis, kondisi Anda akan lebih rileks dan mau mengikuti sugesti yang diberikan misalnya seperti berhenti merokok. Meski terlihat dalam keadaan tak sadar, namun sebenarnya Anda masih sadar dengan lingkungan sekitar. Dan apa yang Anda lakukan tidak akan terjadi tanpa persetujuan dari Anda sendiri. Jadi hipnotis membantu menguatkan keinginan Anda untuk berhenti merokok dengan membuat pikiran lebih rileks.

Cara Kerja Hipnotis untuk Perokok

Saat menjalani hipnotis, Anda akan diminta untuk membayangkan apa saja dampak buruk dari merokok. Misalnya saja hipnoterapis akan memberikan sugesti bahwa merokok bisa membuat mulut menjadi kering dan asap rokok berbau seperti asap kendaraan bermotor. Sugesti yang diberikan akan membuat keinginan merokok berkurang bahkan hilang secara total.

Salah satu teknik hipnotis yang sering dipakai untuk membantu mengatasi kecanduan rokok adalah metode spigel. Metode ini memiliki 3 pokok utama yaitu merokok bisa meracuni tubuh, Anda masih membutuhkan tubuh Anda, dan Anda harus menghargai tubuh Anda sendiri. Metode hipnotis akan mengajarkan Anda melakukan hipnotis secara mandiri. Caranya dengan mengulang kalimat afirmasi saat keinginan untuk merokok muncul kembali.

Efektifkah Hipnotis untuk Menghentikan Kebiasaan Merokok?

Metode hipnotis faktanya tidak bisa bekerja untuk semua orang. Kurang lebih satu dari empat orang tidak bisa dihipnotis. Kalaupun bisa, efek yang diberikan berbeda bagi masing-masing orang. Banyak penelitian yang meragukan penggunaan hipnotis untuk terapi kecanduan rokok.

Meski begitu, metode ini diyakini banyak memberi keuntungan dan harapan kepada pasien. Studi membuktikan cara terbaik untuk menghilangkan kebiasaan merokok adalah dengan mengkombinasikan beberapa teknik.

Apa Saja yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Metode Hipnotis?

Konsultasi dengan dokter menjadi langkah penting yang harus Anda lakukan. Mintalah rekomendasi hipnoterapis yang terbaik yaitu yang memiliki lisensi dan terlatih. Selain itu berhati-hatilah dengan jaminan yang terlalu berlebihan. Ingat, metode hipnotis tidak bisa bekerja untuk semua orang.

Bagi Anda yang saat ini mengalami kecanduan akan rokok, tidak ada kata terlambat untuk berhenti. Semakin cepat Anda berhenti, semakin baik untuk kondisi kesehatan Anda serta bisa memperpanjang harapan hidup. Ada banyak cara yang bisa dipakai untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut salah satunya dengan hipnotis. Mintalah saran dari dokter untuk mengetahui cocok tidaknya metode hipnotis diterapkan pada Anda.

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Hypnosis to Quit Smoking: Benefits and Risks. WebMD. (https://www.webmd.com/smoking-cessation/hypnosis-for-quitting-smoking#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app