Cara Terbaik Bersihkan Bak Cuci Piring

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
Cara Terbaik Bersihkan Bak Cuci Piring

Penggunaan tempat/bak cuci piring (kitchen sink) seringkali disalahgunakan. Fungsi murninya sebagai tempat mencuci piring seringkali disalahgunakan penggunanya sebagai tempat multifungsi di dapur.

Tak hanya piring, aneka makanan serta bahan olahan seperti daging dan ikan, seringkali dibersihkan di bak cuci piring. Cara membersihkan area bak cuci yang alakadarnya pun acap kali dilakukan. Alhasil, tak hanya bau tak sedap yang muncul, kuman dan bakteri pun betah berlama-lama tinggal di tempat ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Cara Membersihkan Bak Cuci Piring

Melalui langkah-langkah berikut, Anda dapat mengatasi bak cuci piring Anda dari kuman penyebab penyakit :

1. Dibersihkan setelah selesai digunakan

Cuci bak cuci piring Anda setelah selesai digunakan. Jangan lupa untuk menggunakan cairan desinfektan guna membunuh kuman yang tinggal.

2. Dikeringkan

Pastikan bak cuci piring Anda dalam keadaan kering setelah dibersihkan. Kondisi lembab mampu menyebabkan berkembangnya kuman dan jamur.

3. Diberi saringan

Beri saringan pada lubang saluran air bak cuci piring Anda. Saringan berfungsi sebagai penampung kotoran sisa makanan sekaligus mencegah terjadinya penyumbatan dan pembusukan pada pipa air.

4. Buang kotoran

Setelah selesai menyuci piring, buanglah kotoran yang menempel pada saringan. Sampah dan kotoran yang menumpuk dapat menjadi sarang kuman dan pemicu timbulnya bau tak sedap.

5. Bersihkan dan keringkan kran air

Jangan sepelekan kran air. Bersihkan kran dan area sekelilingnya hingga kering. Bersentuhan dengan kran yang lembab, mampu menyalurkan kuman dan bakteri pada tangan.

6. Lap menggunakan lap basah dan kering

Setelah mengeringkan area bak cuci piring dan kran, pastikan seluruh area dan kran bersih dengan mengelapnya kembali menggunakan lap bersih dan kering.

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
8 Tips for Cleaning a Kitchen or Bathroom Sink. Reader’s Digest. (Accessed via: https://www.rd.com/home/cleaning-organizing/8-tips-for-cleaning-a-kitchen-or-bathroom-sink/)
Kitchen Cleaning Tips - Clean Kitchen Sink. Good Housekeeping. (Accessed via: https://www.goodhousekeeping.com/home/cleaning/tips/a18464/kitchen-sink-cleaning-tips/)
The kitchen is the germiest room. Here's how to deep clean everything. NBC News. (Accessed via: https://www.nbcnews.com/better/pop-culture/kitchen-germiest-room-here-s-how-deep-clean-everything-ncna888291)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app