Cara Tepat Memberikan Dukungan Kepada Penderita Kanker

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Cara Tepat Memberikan Dukungan Kepada Penderita Kanker

Memiliki anggota keluarga atau sahabat terdekat  penderita kanker, mungkin bisa memberikan beban emosi yang tidak ringan. Anda mungkin merasa takut salah berbicara atau Anda merasa tidak tahu harus berbuat apa yang dapat benar-benar membantu meringankan penyakit dan beban yang mungkin tengah dirasakan oleh mereka yang sedang sakit.

Kata-kata penyemangat kadang dapat menjadi bumerang yang malah membuat orang yang sedang sakit merasa semakin tertekan, dan sebagai orang yang peduli, Anda tentu tidak mengharapkan terjadinya hal tersebut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Pentingnya Dukungan Bagi Penderita Kanker

Selain itu, adanya rasa takut menghadapi penderitaan yang mungkin dirasakan oleh orang yang mengidap kanker tersebut terkadang membuat Anda cenderung menjauhkan diri dari orang yang menderita kanker di saat mereka membutuhkan kehadiran Anda. 

Untuk mencegah terjadinya keterasingan dalam hubungan dengan orang terdekat yang mengidap kanker, Anda dapat sebisa mungkin memberikan dukungan dengan tulus, namun tidak menggurui. Jangan mengekspresikan betapa Anda mengetahui beratnya perjuangan melawan penyakit yang sedang mereka alami jika Anda tidak pernah melaluinya. Cukup dengan kehadiran yang membantu serta menghibur saja sebenarnya sudah cukup bagi mereka yang sedang berjuang melalui serangkaian perawatan kanker. 

Untuk membantu dari segi ekonomi, cobalah untuk mengadakan penggalangan dana bagi orang terdekat Anda tersebut, tentunya tanpa menggembar-gemborkan sisi negatif dari kanker yang tengah dialami orang terdekat Anda. Selain itu, Anda juga dapat membantu membelikan obat-obatan atau peralatan medis, maupun barang-barang yang sedang diperlukan oleh orang terdekat Anda, yang Anda tahu sulit dipenuhi dengan kondisi ekonomi orang yang tengah menderita sakit atau tidak ditanggung oleh asuransi.

Tidak hanya orang yang sedang sakit saja, orang-orang yang sifatnya lebih dekat lagi hubungannya dengan pasien kanker, seperti orang tua, saudara, suami, istri atau anak penderita kanker juga butuh dukungan moral. Berusahalah untuk hadir bagi orang-orang yang memiliki hubungan terdekat dengan pasien kanker dan harus merawat mereka yang sakit sehari-hari, agar mereka terhindar dari perasaan kesepian dan tertekan. 

Cara Memberikan Dukungan pada Penderita Kanker

Berikut ini beberapa cara nyata Anda dapat menolong mereka yang sedang sakit keras, salah satunya adalah sakit kanker.

  1. Berusahalah tetap berkomunikasi senormal mungkin dengan mereka yang menderita sakit. Perubahan perlakuan justru dapat membuat mereka yang tengah sakit merasa semakin kesepian. Ajaklah mereka berbicara mengenai kondisi mereka saat ini dan apa yang sekiranya mereka butuhkan. Jangan membicarakan mengenai penyakit mereka saja dan tetaplah mengikutsertakan mereka dalam aktivitas bersama.
  2. Berikan bantuan yang benar-benar spesifik seperti mempersiapkan dan mengirimkan makanan.
  3. Tawarkan bantuan Anda dalam menjaga dan mengurus anak-anak jika pasien memiliki anak yang masih kecil.
  4. Tawarkan antarjemput dari dan menuju tempat pemeriksaan.
  5. Bantu mereka dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari serta membersihkan rumah.
  6. Koordinasikan kunjungan rutin di mana pasien dapat berinteraksi dengan teman-temannya.
  7. .Sumbangkan sesuatu ke yayasan amal atas nama orang terdekat Anda yang menderita kanker agar mereka merasa spesial.




2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to Be a Friend to Someone With Cancer. American Cancer Society. (https://www.cancer.org/treatment/caregivers/how-to-be-a-friend-to-someone-with-cancer.html)
Tips for Giving Emotional Support to Cancer Patients. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/giving-emotional-support-to-a-loved-one-with-cancer-514052)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app