Cara Menumbuhkan Alis dan Bulu Mata secara Cepat dan Alami

Dipublish tanggal: Nov 11, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Des 17, 2019 Waktu baca: 4 menit
 Cara Menumbuhkan Alis dan Bulu Mata secara Cepat dan Alami

Memiliki alis dan bulu mata yang tebal mungkin menjadi salah satu keinginan seorang wanita terutama apabila alis dan bulu mata yang dimilikinya terlalu tipis sehingga mengurangi rasa kepercayaan diri. Maka tak heran sebagian orang akan melakukan beberapa hal untuk mendapatkan alis dan bulu mata tebal tersebut. 

Ada sebagian orang yang cukup menebalkan alis dan bulu mata dengan menggunakan pensil alis maupun maskara atau bulu mata palsu. Namun seringkali penggunaan pensil alis dan bulu mata palsu atau maskara terlihat tidak natural bahkan tidak sama rata. Oleh karena itu, sebagian wanita lebih memilih untuk menumbuhkan alis mata dan bulu dengan bahan-bahan alami. Berikut ini beberapa tips agar bisa memiliki alis dan bulu mata tebal secara alami dan cepat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Baca juga: Risiko Bahaya Dari Ekstensi Bulu Mata Yang Perlu Diwaspadai

Cara Menumbuhkan Alis dan Bulu Mata secara Cepat dan Alami

Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang bisa digunakan untuk menebalkan alis maupun bulu mata karena lidah buaya (aloe vera) mengandung berbagai nutrisi seperti kalsium, zat besi, vitamin A dan C, lemak, protein, karbohidrat, dan thiamoin yang penting untuk pertumbuhan rambut. Cara mengaplikasikannya yaitu hanya dengan mengoleskan gel lidah buaya ke alis atau bulu mata kemudian diamkan selama 1 jam dan sisa gel yang menempel dibersihkan supaya tidak tersisa lagi. Anda bisa mengoleskannya secara rutin untuk hasil yang lebih optimal.

Minyak zaitun

Minyak zaitun juga dapat merangsang pertumbuhan rambut dan memelihara kesehatannya, termasuk alis dan bulu mata karena mengandung vitamin A dan vitamin E. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun secara merata pada alis dan bulu mata sebelum tidur dan dibiarkan selama semalaman lalu bilas dengan air bersih pada keesokan harinya.

Minyak kemiri

Kemiri maupun minyak kemiri sudah lama dipercaya dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Kemiri sendiri memiliki manfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut, sedangkan minyaknya dapat membuat rambut menjadi lebih hitam dan tebal. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak kemiri pada alis Anda dengan menggunakan cotton bud dan dibiarkan selama semalam kemudian dibilas dengan air bersih keesokan harinya.

Minyak almond

Sama seperti minyak jarak (castor oil), minyak almond juga dapat digunakan untuk menumbuhkan alis dan bulu mata Anda secara alami karena mengandung magnesium yang tinggi. Cara mengaplikasikannya adalah dengan mengoleskan minyak almond secara merata pada alis dan bulu mata. Lalu Anda bisa melakukan pijatan ringan selama 3-5 menit agar minyak almond cepat meresap ke dalam. Diamkan sekitar 30 menit, kemudian dibilas dengan air bersih. Anda bisa melakukannya secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Kuning telur

Kuning telur merupakan bagian dari telur yang ternyata dapat secara efektif menebalkan alis mata. Caranya mudah saja, yakni pertama-tama Anda harus menyiapkan 1 butir telur dan diambil bagian kuning telurnya saja. Kemudian kuning telur dioleskan ke bagian alis secara merata. Diamkan selama kurang lebih 20 menit atau hingga mengering dan dibilas dengan air bersih. Anda dapat melakukannya secara rutin sekitar 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil lebih optimal.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Teh hijau

Teh hijau (green tea) dapat membantu supaya alis dan bulu mata Anda tidak mudah rontok karena teh hijau sendiri memiliki manfaat untuk menguatkan akar rambut, baik rambut yang ada di alis, bulu mata, maupun rambut di kepala. Selain itu, teh hijau juga dapat membantu proses pertumbuhan rambut supaya lebih lebat dan subur. Caranya adalah Anda dapat mendiamkan 1 gelas teh hijau (green tea) selama semalam. Lalu pada keesokan harinya, Anda bisa menggunakan teh hijau tersebut untuk dioleskan ke alis dan bulu mata Anda dengan cotton bud. 

Lemon

Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Selain itu, ternyata lemon juga dapat menebalkan alis dan bulu mata Anda. Caranya adalah dengan menyiapkan 1 buah lemon, dipotong menjadi 2 bagian lalu diperas hingga airnya keluar semua. Air perasan lemon tersebut lalu bisa dioleskan secara merata ke bagian alis dan bulu mata Anda. Apabila terasa perih, Anda bisa melakukannya sambil menutup mata. Kemudian Anda bisa melakukan pijatan ringan pada alis Anda supaya air lemon cepat meresap dan sirkulasi darah juga menjadi lancar. Lalu, didiamkan sekitar 30 menit dan dibilas dengan air bersih. Anda bisa melakukan hal ini secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil optimal. 

Cara Lain Melebatkan Alis dan Bulu Mata

Selain menggunakan bahan alami di atas untuk membantu menumbuhkan alis atau bulu mata, Anda juga perlu melakukan beberapa hal berikut sehingga alis atau bulu mata akan tumbuh lebih cepat, di antaranya:

  • Mengonsumsi makanan kaya biotin termasuk telur, alpukat, ikan salmon, dan kacang-kacang untuk mengurangi rambut rontok
  • Menggunakan serum alis dan bulu mata yang mengandung petida untuk merangsang pertumbuhan folikel rambut di sekitar mata
  • Hindari penggunaan riasan wajah (make up) secara berlebihan karena dapat menghambat pertumbuhan alis mata
  • Hindari penggunaan krim atau lotion pada alis karena dapat mencegah proses pernapasan secara alami
  • Lakukan pemijatan secara perlahan dan teratur agar sirkulasi darah di sekitar mata dapat berjalan lancar dan ternutrisi dengan baik
  • Sisir alis secara perlahan agar dapat membantu memperlancar aliran darah, nutrisi, dan oksigen yang baik untuk pertumbuhan rambut
  • Minum air putih dapat membantu mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut serta menjaga daya tahan tubuh
  • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B dan D untuk meningkatkan pertumbuhan alis dan bulu mata serta mengurangi efek samping penggunaan maskara dan eyeliner.
  • Jangan mencabut atau waxing alis karena dapat merusak folikel rambut dan dapat mencegah rambut untuk tumbuh kembali

Baca juga: Cara merawat Bulu Mata Supaya Lebat dan Lentik

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to Grow Eyebrows Thicker: 10 Simple Ways To Do So. NDTV Food. (https://food.ndtv.com/beauty/10-ways-to-grow-thick-eyebrows-naturally-1477170)
How To Grow Eyebrows - Tips For Growing Fuller, Darker Eyebrows. Women's Health. (https://www.womenshealthmag.com/beauty/a19900931/how-to-grow-out-your-eyebrows/)
Do eyelashes grow back? Treatment and home remedies. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/321849)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app