Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA
Pengobatan

Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat, Tepat, dan Efektif

Update terakhir: OCT 16, 2019 Tinjau pada OCT 16, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.186.288 orang

Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat, Tepat, dan Efektif

Sariawan dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah stomatitis, diartikan sebagai inflamasi atau peradangan pada lapisan mukosa (selaput lendir) pada mulut yang terdapat pada bibir bagian dalam, pipi bagian dalam, gusi, lidah, maupun langit-langit mulut.

Inflamasi atau peradangan pada sariawan biasanya dimulai dengan jaringan mukosa yang memerah, lalu terbentuklah ulkus, luka atau tukak. Luka sariawan bisa berbentuk bulat, oval, atau bisa juga tak beraturan dan memiliki tepi yang berbatas tegas.

Sariawan walaupun lukanya terlihat kecil dan sepele, tetapi rasa sakitnya bisa sangat mengganggu, terutama saat makan, berbicara, gosok gigi, dan cenderung menimbulkan bau mulut tak sedap.

Oleh karena itu, cara mengobati sariawan dengan cepat sangat diperlukan, terutama untuk menghilangkan rasa sakitnya. Sebenarnya sariawan akan sembuh dengan sendirinya sekitar 1-2 minggu, tetapi sariawan dapat mengganggu dan membuat rasa tak nyaman di mulut.

Cara mengobati sariawan dengan cepat, tepat, dan efektif:

1. Mengetahui penyebab sariawan

Sebelum mengobati sariawan ada baiknya Anda mencari kemungkinan penyebab sariawan yang sedang Anda alami saat ini.

  • Penyebab sariawan yang paling umum, yaitu peningkatan makan secara tiba-tiba dan berlebihan terhadap makanan tertentu yang bersifat merusak atau mengiritasi mukosa mulut. Contohnya buah nanas, melon, kopi atau minuman yang bersifat panas, makanan pedas, keripik, ataupun gorengan
  • Luka kecil akibat kondisi gigi yang tidak teratur, menyikat gigi berlebihan, ataupun tergigit
  • Penggunaan pasta gigi dan obat kumur yang mengandung sodium lauryl sulfate
  • Defisiensi vitamin B12, zinc, dan asam folat
  • Obat-obatan tertentu seperti antibiotik dan kemoterapi
  • Reaksi alergi
  • Infeksi bakteri H.pylori
  • Perubahan hormonal selama menstruasi
  • Stress emosional

2. Menghentikan penyebab sariawan

Setelah mengetahui apa yang menjadi penyebab sariawan, cara mengobati sariawan dengan cepat selanjutnya adalah dengan menghentikan sementara kebiasaan mengonsumsi makanan tertentu, seperti makanan pedas, hindari kebiasaan tertentu yang dapat menyebabkan luka di mulut, serta menjaga pola hidup sehat.

Jika Anda sudah menghindari dan menghentikan kebiasaan yang dapat menyebabkan sariawan, maka sariawan akan lebih mudah sembuh dalam kurun waktu 3-5 hari ke depan. Khusus untuk sariawan akibat herpes sebaiknya segera berobat ke dokter untuk memastikan penanganan lebih lanjut.

3. Menjaga kebersihan mulut

Menjaga kebersihan mulut akan turut membantu mengobati sariawan. Maka, salah satu cara awal untuk mengobati sariawan dengan cepat adalah dengan menggunakan air hangat dicampur garam untuk berkumur selama 30 detik di pagi hari, siang hari, dan malam hari. Larutan garam akan membunuh kuman-kuman dan merangsang pembentukan sel-sel baru dalam membantu penyembuhan sariawan.

Jangan menggunakan mouthwash untuk berkumur karena akan menyebabkan iritasi dan membuat sariawan tak kunjung sembuh. Selain itu, pergunakan juga sikat gigi yang lembut sehingga dapat meminimalisir timbulnya trauma atau luka.

4. Menghilangkan rasa sakit pada sariawan

Rasa sakit akibat sariawan dapat dihilangkan dengan obat minum atau obat kumur. Untuk obat minum, Anda bisa menggunakan parasetamol, ibuprofen, atau asam mefenamat (penggunaan dosis dan kontraindikasi obat harap diperhatikan).

Sementara itu, obat kumur penghilang rasa sakit pada sariawan dapat dibantu dengan menggunakan antasida yang dikombinasikan dengan difenhidramin (benadryl). Cara mengobati sariawan menggunakan obat kumur adalah dengan mencampurkan kedua obat tersebut dengan takaran yang seimbang dan dicampur 1,5 sendok air matang. Jika sudah tercampur, gunakan untuk berkumur dan tahan selama 30-60 detik, lalu buang.

Frekuensi obat kumur yang boleh digunakan hanya 4 kali sehari. Larutan ini akan membantu melapisi luka atau tukak sariawan dan menghilangkan rasa sakit. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan obat kortikosteroid untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan.

5. Periksa ke dokter untuk mengobati sariawan

Jika rasa sakit akibat sariawan masih belum sembuh dan berlangsung lebih dari 7 hari, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Karena ada beberapa penyakit lain yang mungkin terjadi dan berkaitan dengan sariawan. Gejala sariawan yang perlu diwaspadai, antara lain:

  • Sariawan dengan ukuran yang sangat besar
  • Sariawan yang sering kambuh
  • Sariawan tidak hilang dalam waktu lebih dari 2 minggu
  • Sariawan yang meluas hingga ke bibir (batas vermillion)
  • Rasa nyeri pada sariawan yang sangat mengganggu
  • Terjadi gangguan makan dan minum (penurunan nafsu makan)
  • Demam tinggi

6. Mengobati sariawan dengan kondisi khusus 

Pada kondisi khusus seperti angular chelitis, di mana sariawan yang terjadi pada lipatan bibir akan memerlukan pengobatan dengan tambahan vitamin B dan juga obat oles berupa krim antibiotik yang dikombinasikan dengan hidrocortisone 1%. Untuk mendapatkannya, diperlukan resep dokter.

Referensi

Friedman, M. WebMD (2017). Stomatitis.

Giorgi, A. Healthline (2018). Oral Thrush.

Khatri. M. WebMD (2016). What is Thrush?

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit