Kesehatan Anak

Cara Membuat Anak Tidak Gampang Sakit

Dipublish tanggal: Apr 10, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Jul 11, 2019 Waktu baca: 3 menit
Cara Membuat Anak Tidak Gampang Sakit

Mengapa anak gampang sakit? Bagaimana cara membuat anak tidak gampang sakit? Pertanyaan ini seringkali muncul dan ditanyakan oleh para orang tua karena memang penting untuk mengetahui masalah apa yang menyebabkan anak rentan terserang penyakit.

Pada usia sekitar setahun, kebanyakan anak umumnya sakit sebanyak 8-12 kali setahun, setelahnya rata-rata anak mengalami sakit sebanyak 6-8 kali setahun. Tetapi penyakit yang biasanya dialami bukanlah penyakit kronis atau penyakit berat, melainkan penyakit ringan seperti batuk, pilek, diare, dan flu.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Memiliki anak yang sehat dan bertumbuh dengan baik merupakan keinginan setiap orang tua sehingga para orang tua akan melakukan apapun untuk menjaga kesehatan anaknya. Karena ketika anak sakit, orang tua pasti langsung merasa khawatir dan mencari berbagai cara untuk membuat anaknya sembuh. 

Umumnya penyakit yang menyerang tubuh itu disebabkan oleh daya tahan tubuh yang lemah dalam melawan bakteri atau virus, ditambah lagi dengan faktor lingkungan yang tidak sehat serta kondisi cuaca yang tidak menentu sehingga para orang tua perlu mengetahui cara membuat anak tidak gampang sakit.

5 Cara membuat anak tidak gampang sakit

Daya tahan tubuh berperan penting dalam menjaga tubuh anak agar tetap sehat dan mencegah terjadinya infeksi membuat anak tidak gampang sakit anak tidak gampang sakit. Tetapi bagaimana cara membuat anak tidak gampang sakit?

Ada berbagai cara membuat anak tidak gampang sakit yang bisa dilakukan oleh para orang tua dalam meningkatkan daya tahan tubuh anak, di antaranya:

Menjaga kebersihan

Kebersihan tubuh, makanan atau minuman, dan lingkungan perlu diperhatikan karena virus dan bakteri ada di mana-mana. Biasakan anak mandi minimal dua kali sehari setelah pulang sekolah dan setelah bermain di luar rumah serta mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan.

Orang tua juga perlu mengajarkan anak supaya menjaga kebersihan diri dan menerapkan pola hidup sehat sejak dini sehingga dapat membentuk kebiasaan baik, termasuk rajin membersihkan mulut dan gigi serta merawat kesehatan kuku, kulit, dan rambut.

Iklan dari HonestDocs
Dermal Fillers Treatment di Reface Clinic

Dermal Filler merupakan perawatan wajah yang berfungsi untuk memperbaiki area tertentu yang memang diperlukan. Misalnya, untuk membantu mengatasi kerutan, garis halus atau cekungan yang disebabkan penuaan, meratakan tekstur dan menghaluskan kulit, hingga menghilangkan bekas luka. Perawatan wajah ini dilakukan dengan menyuntikan cairan seperti asam hialuronat atau kolagen, maupun zat sintesis kebagian wajah yang bermasalah, Contohnya pipi,hidung,bibir,rahang,dagu,area sekitar muka, dan lainnya. Perawatan dermal filler akan menjadikan wajah menjadi lebih berisi sehingga keriput atau garis-garis halus jadi tersamarkan.

Dermal fillers treatment di reface clinic

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi

Asupan makanan yang sehat dan bergizi sangat penting bagi anak, terutama sayur-sayuran dan buah-buahan karena kaya akan vitamin dan mineral yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak dan membantu tubuh melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Baca juga: Makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh

Mengonsumsi air putih juga penting karena dapat membantu membawa nutrisi, vitamin dan mineral ke seluruh tubuh sehingga tidak terjadi dehidrasi atau cairan tubuh yang hilang akibat berkeringat, buang air kecil maupun besar. Bisa juga menambahkan vitamin penambah daya tahan tubuh dan suplemen penambah nafsu makan pada anak sehingga perlindungan tubuh akan lebih maksimal.

Melakukan olahraga atau kegiatan fisik lainnya

Sistem kekebalan tubuh dapat melemah karena kurang aktif bergerak atau berolahraga. Melakukan olahraga ringan setiap hari dapat mengurangi risiko anak-anak terserang flu karena metabolisme tubuh yang aktif dapat membantu melawan virus atau kuman yang masuk ke tubuh dan memperkuat sistem imun pada anak. 

Olahraga yang dapat dilakukan antara lain bermain bola di taman, berenang, bersepeda, ataupun bermain di sekitar rumah. Dalam melakukan kegiatan fisik ataupun berolahraga, orang tua berperan penting untuk menemani dan mengawasi si kecil dan juga dapat meningkatkan hubungan antara orang tua dan anak. Hal ini baik untuk menghindari penggunaan gadget pada anak secara terus menerus.

Memiliki waktu tidur yang cukup

Tanpa disadari, kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh pada anak dan menyebabkan risiko terserang penyakit meningkat dua kali lipat. Maka dari itu, penting bagi anak untuk tercukupi kebutuhan tidurnya dan disesuaikan dengan usianya. Karena ketika tidur, sel-sel dalam darah bekerja melawan infeksi untuk menjaga kesehatan tubuh dan membuat anak tidak gampang sakit. Baca selengkapnya: Kebutuhan tidur anak sesuai usia

Melakukan imunisasi

Dalam melawan serangan berbagai virus dan bakteri, imunisasi untuk anak wajib dilakukan. Imunisasi biasanya diberikan pada masa anak-anak karena sistem kekebalan tubuh mereka masih sangat rentan terhadap serangan penyakit berbahaya. Baca selengkapnya: Mengapa anak perlu imunisasi?

Demikianlah cara membuat anak tidak gampang sakit yang perlu diketahui oleh orang tua. Jika anak tidak gampang sakit, aktivitas bermain dan belajar anak pasti akan jauh lebih menyenangkan sehingga orang tua juga tidak perlu khawatir terhadap kesehatan anaknya.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Healthy Kids: 6 Secrets of Kids Who Rarely Get Sick. Parents. (https://www.parents.com/health/cold-flu/cold/6-secrets-of-kids-who-rarely-get-sick/)
Sick Kids at Home? How to Keep Them Comfortable. WebMD. (https://www.webmd.com/cold-and-flu/child-cold-flu-18/comfort-child-flu)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app