Doctor men
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
Kesehatan Fisik

Cara Cepat Meredakan Mata Sembap Setelah Menangis

Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 909.470 orang

Cara Cepat Meredakan Mata Sembap Setelah Menangis

Wajar saja kalau mata Anda tampak sembap atau bengkak setelah selesai menangis. Namun apa pun alasannya, kondisi ini harus segera ditangani, apalagi kalau Anda harus berangkat ke luar rumah dan bertemu dengan orang. Lalu, bagaimana cara mengatasi mata sembap setelah menangis tanpa membuang banyak waktu?

Cara mengatasi mata sembap setelah menangis

Menangis terlalu lama dapat menyebabkan mata sembap karena terjadi penumpukan cairan air mata yang terlalu banyak pada kantung mata bagian dalam. Cairan air mata sendiri mengandung garam yang berpotensi menyebabkan mata menjadi bengkak karena sifat garam yang menyerap air dalam tubuh. Berikut cara mengatasi mata sembap setelah menangis:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat v2

1. Kompres dingin

Suhu dingin akan membantu mengencangkan kulit di sekitar mata. Tak hanya itu, kompres dingin juga dapat mengendurkan pembuluh darah di sekitar mata sehingga sedikit demi sedikit dapat membantu mengurangi mata yang bengkak.

Untuk mengatasi mata sembap dengan menggunakan kompres dingin, awali dengan meletakkan beberapa es batu pada handuk atau kain, lalu bungkus. Tempelkan kompres dingin ini di kedua mata selama beberapa detik untuk membuat mata yang sembap menjadi lebih rileks.

Selain itu, Anda juga bisa membasahi kain bersih dengan air dingin dan menahannya di mata selama beberapa detik. Sebaiknya lakukan kompres sambil berbaring, sebab hal ini dapat membantu mengurangi rasa gatal dan pembengkakan yang mungkin terjadi. 

Baca Juga: 5 Penyebab Mata Bengkak Saat Bangun Tidur

2. Pijatan lembut

Pijatan lembut pada mata bisa menjadi cara ampuh untuk mengatasi mata sembap setelah menangis. Tekanan pada area mata dapat membantu membersihkan area mata yang tersumbat dan membuat pembuluh darah di wajah bekerja dengan lebih optimal. Anda cukup mengoleskan beberapa tetes minyak kelapa atau minyak zaitun di sekitar mata, lalu pijat secara perlahan dan lembut. Setelah dipijat, berbaringlah dengan kepala menghadap ke atas dan rilekskan tubuh Anda.

3. Kompres dengan kantung teh celup

Dalam mengatasi mata sembap setelah menangis dengan cepat dan praktis, Anda dapat melakukan kompresan dengan kantung teh celup bekas. Karena kandungan kafein yang terdapat dalam teh celup akan membantu mengurangi pembengkakan pada mata. Celupkan kantung teh ke dalam air es selama 20 menit, lalu tempelkan pada mata selama 10-15  menit.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat v2

Setelah memberi jeda, lakukan pijatan ringan di sekitar area mata. Hal ini dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah dan meredakan bengkak pada mata akibat menangis.

Baca Juga: Cara Mengobati Mata Bengkak Dengan Obat Rumahan

4. Tempelkan irisan mentimun atau kentang

Irisan mentimun juga dapat digunakan untuk membantu meredakan mata sembap sehabis menangis. Pasalnya, mentimun memiliki kandungan astringen yang dapat membantu mengecilkan kantung mata. Selain itu, timun juga mengandung nutrisi dan sifat hidrasi yang bermanfaat bagi kesehatan mata.

Cara menggunakan mentimun untuk mengatasi mata bengkak adalah dengan mendinginkan irisan mentimun selama 15 menit di dalam kulkas terlebih dahulu, lalu taruh irisan mentimun dingin tersebut pada mata. Jika sudah dirasa tidak dingin, ganti irisan timun dengan yang baru.

Selain timun, Anda juga bisa menggunakan kentang. Seperti halnya mentimun, ternyata kentang juga efektif untuk mengatasi mata sembap. Kandungan pati pada kentang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi pada mata sembap. 

Cara menggunakan kentang untuk meredakan mata bengkak adalah dengan mengupas, mencuci, dan mengeringkan kentang terlebih dahulu. Lalu parut kentang dan letakkan pada kain bersih. Setelah kain bersih tersebut berisi pati kentang, tempelkan di atas kelopak mata yang sembap. Anda dapat melakukan ini secara berulang hingga mata sembap Anda mereda. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat v2

5. Kompres sendok

Sendok yang didinginkan dapat membantu membuat pembuluh darah di bawah kulit Anda rileks sekaligus membantu mengencangkan kulit di sekitar area mata dan membuat mata terlihat lebih fresh.

Anda cukup memasukkan sendok logam bersih ke dalam freezer kulkas selama 10-20 menit. Kemudian tempelkan sendok secara perlahan langsung di bawah mata Anda selama beberapa menit hingga sendok tidak lagi terasa dingin

Setelah beberapa waktu, ganti sendok tersebut dengan yang baru dan lakukan kembali dengan cara yang sama. Gunakan 2-3 sendok untuk masing-masing mata dan tempelkan hingga Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

6. Pakai concealer

Selain menyebabkan mata menjadi bengkak, dengan menangis, mata akan menjadi kemerahan, kering, dan munculnya warna kehitaman di area sekitar mata. Tetapi jika Anda tidak memiliki waktu banyak dan membutuhkan cara cepat untuk mengatasinya, Anda bisa menutupinya dengan concealer. 

Aplikasikan concealer pada area sekitar mata dengan membentuk segitiga terbalik, lalu ratakan dengan tangan untuk kelembapan ekstra. Jangan lupa juga untuk mengaplikasikan sedikit concealer pada hidung yang memerah setelah menangis agar penggunaan concealer tidak terlalu terlihat.

Baca selengkapnya: Apa Itu Concealer?

Referensi

Healthline. (2018). Eyes Swollen from Crying? Try One of These 13 Home Remedies.

Medical News Today. (2017). Twelve Causes and Treatment a Swollen Eyelid.

All About Vision. How to Avoid Swollen Eyelids.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit