Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR. VINA SETIAWAN
Kebiasaan Sehat

Cara Ampuh Hentikan Alasan Klise Agar Tidak Merokok Lagi

Update terakhir: NOV 11, 2019 Tinjau pada NOV 11, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.203.090 orang

Mungkin sebagian dari Anda pernah mendengar alasan klise dari seorang perokok yang mengatakan bahwa ia akan berhenti merokok namun meminta kesempatan satu kali untuk merokok lalu akan berhenti merokok lagi. Alasan klise tersebut mungkin sudah sering Anda dengar. 

Biasanya pikiran untuk berhenti merokok bisa muncul saat anda mulai mengalami gejala sakau akibat yang ditimbulkan oleh kandungan nikotin dari dalam rokok tersebut. Hal tersebut membuat pikiran anda harus mencoba sekuat tenaga supaya bisa meyakinkan sekitar Anda agar memberikan kesempatan merokok meskipun cuma sekali.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Jangan sampai pikiran Anda tersebut menguasai anda meskipun normal namun dalam proses pemulihan dari kecanduan nikotin. Berupayalah untuk tidak menggubris pikiran yang muncul tersebut lalu fokuslah untuk masa depan Anda jangan sampai rokok merenggut masa depan anda. 

Janganlah khawatir tentang hari esok anda tidak akan merokok lagi. Namun Anda harus berpikir untuk memulai hari ini tanpa dengan merokok.

Biasanya alasan klise khas pecandu bisa muncul tiba-tiba dan membuat pikiran Anda ingin mencoba ingin merokok lagi meskipun hanya sekali. Anda perlu waspada karena hal ini merupakan bentuk gejala kecanduan rokok. Kebiasaan tersebut berbicara dan meminta perhatian Anda untuk merokok kembali.

Menjaga Pikiran Anda

Untuk menghentikan alasan klise berhenti merokok maka silakan gunakan daftar alasan untuk berhenti merokok dan ingatkan kembali alasan kenapa Anda harus berhenti merokok lalu seberapa jauh Anda sudah berhenti. 

Janganlah berpikiran bahwa Anda sudah berhasil berhenti merokok yang membuat Anda bisa berhenti merokok lagi dengan mudah saat Anda merokok lagi. Biasanya orang-orang berhenti merokok lalu merokok lagi akan menghabiskan waktu lebih lama untuk bisa kembali berhenti merokok lagi.

Bila anda benar-benar berkeinginan untuk kembali merokok, maka ambilah beberapa waktu untuk berpikir mengenai beberapa pertanyaan berikut:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat
  1. Mengapa saya harus berhenti merokok?
  2. Berapa lama saya menjadi seorang perokok?
  3. Berapa lama saya sudah bebas dari rokok?
  4. Berapa lama waktu yang diperlukan agar bisa bebas dari kebiasaan merokok?
  5. Apakah sebatang rokok sebanding dengan usaha saya untuk bisa berhenti merokok setelah berusaha berhenti berbulan-bulan?
  6. Bagaimana merokok bisa memberikan saya manfaat?
  7. Apakah berhenti merokok di lain waktu bisa lebih mudah dilakukan?
  8. Berapa lama saya bisa berhenti merokok lagi? Berapa minggu, bulan atau tahun?
  9. Bagaimana jika penyakit akibat merokok sudah muncul?

Memang pertanyaan tersebut akan sulit dijawab tetapi bagi anda yang berpikir untuk mencoba kembali merokok maka silakan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas secara jujur. Jagalah kebebasan anda dari kebiasan yang bisa mematikan tersebut. 

Perlu Anda ingat bahwa rantai kecanduan akan patah satu persatu. Untuk itulah bersabarlah dengan diri Anda sendiri lalu biarkanlah waktu yang akan membantu anda. Jangan sampai biarkan klise khas pecandu rokok tersebut bisa memperdaya Anda agar kembali pada kebiasaan merokok yang sebelumnya sudah mulai Anda benci. 

Anda mungkin tak menemukan cara untuk bisa kembali bebas dari rokok. Namun berikanlah waktu agar bisa berhenti dan terbebas dari rokok. Berikanlah juga waktu untuk merokok namun rokok jugalah yang akan membunuh Anda.

Saat Anda berkeinginan berhenti merokok maka tak menutup kemungkinan akan muncul pikiran untuk mencoba merokok kembali meskipun hanya sekali. Namun jangan sampai pikiran tersebut anda turuti karena bisa menghancurkan komitmen Anda berhenti merokok. 

Sebab bila sudah terpengaruh rokok maka Anda harus membutuhkan waktu lebih lama lagi untuk berhenti. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit