Doctor men
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
Kebiasaan Sehat

Berhenti Merokok dengan Cara Hipnotis

Update terakhir: NOV 14, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.050.448 orang

Berhenti Merokok dengan Cara Hipnotis

Berhenti merokok menjadi tantangan berat bagi banyak orang. Penyebabnya adalah efek ketergantungan yang disebabkan oleh zat kimia yang ada dalam rokok. Padahal risiko kesehatan akibat merokok juga sangat tinggi, di mana merokok menjadi penyebab utama dari penyakit kanker. Beberapa risiko penyakit kronis juga bisa terjadi, seperti jantung, paru-paru, stroke, bahkan katarak dan retak tulang.

Untuk menghindari berbagai risiko tersebut, ada baiknya untuk segera berhenti merokok. Akan tetapi, persoalan utamanya adalah tidak mudahnya keinginan untuk berhenti merokok. Beberapa cara yang dapat dicoba untuk membantu menghentikan kebiasaan merokok antara lain menjalani pengobatan akupuntur atau berpindah ke vape yang katanya dapat mengurangi ketergantungan pada rokok.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Baca juga: Fakta Metode Akupuntur untuk Membantu Berhenti Merokok

Tetapi jika berbagai metode untuk menghentikan kebiasaan merokok masih tidak ampuh, maka metode hipnotis terapeutik mungkin bisa menjadi salah satu alternatif. Berdasarkan beberapa studi diketahui bahwa beberapa perokok bisa berhenti merokok setelah dihipnotis. 

Apa Itu Hipnotis?

Hipnotis merupakan perubahan kondisi kesadaran seseorang yang berada dalam keadaan trance atau seakan tertidur. Metode hipnotis klinis dipakai untuk mengobati persoalan fisik ataupun psikologis. Hipnotis seringkali dipakai untuk menolong pasien dalam mengendalikan rasa sakit. Kondisi lainnya seperti persoalan berat badan, ketergantungan, hingga kelainan berbicara bisa diatasi dengan bantuan hipnotis.

Memang tidak jarang terdapat perdebatan mengenai cara kerja metode hipnotis ini. Beberapa orang mempercayai bahwa ketika dihipnotis, badan menjadi rileks dan konsentrasi juga meningkat. Bahkan metode hipnotis ini juga dianggap ampuh karena seseorang menjadi lebih bersedia mendengar sugesti yang diberikan, seperti anjuran berhenti merokok.

Meskipun seperti berada dalam kondisi tidak sadar, namun Anda tetap bisa mengendalikan diri. Karenanya Anda tidak akan melakukan hal di luar kehendak pribadi. Uji otak yang dilakukan kepada pasien hipnoterapi menunjukkan tingginya aktivitas neurologis (sistem saraf).

Hipnotis untuk Perokok

Selama mengikuti hipnoterapi untuk membantu menghilangkan kebiasaan merokok, Anda diminta membayangkan dampak buruk merokok bagi tubuh. Contohnya, hipnoterapis memberikan sugesti tentang asap rokok seperti asap kendaraan yang menyebabkan polusi udara atau sugesti bahwa merokok dapat menyebabkan mulut menjadi sangat kering.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Dalam praktiknya, teknik hipnotis terpopuler adalah metode Spiegel yang berfokus pada 3 hal utama. Tiga hal tersebut meliputi merokok meracuni tubuh, Anda memerlukan tubuh untuk bertahan hidup, dan Anda harus menghargai serta melindungi tubuh Anda. Hipnoterapis mengajarkan pasiennya untuk mengulang beberapa kalimat tersebut ketika keinginan merokok muncul kembali.

Apakah Hipnotis Ampuh untuk Berhenti Merokok?

Tidak semua orang bisa dihipnotis. Perbandingannya adalah 1:4, yaitu 1 di antara 4 orang tidak bisa dihipnotis. Penelitian tahun 2012 menunjukkan adanya manfaat pemakaian hipnotis terhadap mengurangi kebiasaan merokok. American Cancer Society menyebut bahwa ada beberapa orang merasakan manfaat hipnotis.

Meskipun beberapa situs dan hasil studi mengklaim manfaatnya, namun hipnotis belum disetujui secara ilmiah. Para peneliti menyatakan bahwa dibutuhkan lebih banyak lagi studi menyeluruh tentang hipnotis. Apakah hipnotis benar-benar membantu menghilangkan ketergantungan pada perokok atau tidak, sehingga cara terbaik agar berhenti merokok adalah mengombinasikan beberapa teknik, termasuk niat yang kuat dari dalam diri sendiri untuk tidak merokok.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Hipnoterapi

Jika ingin mencoba hipnotis agar berhenti merokok, maka mintalah tenaga medis untuk merekomendasikan seorang hipnoterapis. Terdapat beberapa tips untuk mendapatkan hipnoterapis terpercaya. Pertama, pastikan bahwa hipnoterapis mempunyai lisensi dan sudah terlatih. Hal ini berkaitan dengan metode hipnotis yang hanya berhasil dilakukan oleh seorang yang profesional.

Tips yang kedua adalah waspada terhadap jaminan atau klaim yang menjanjikan. Mengingat hipnotis tidak selalu berhasil pada semua orang, maka upayakan mendapat hipnoterapis andal. Upaya ini sangat penting demi keberhasilan dalam menghilangkan rasa ketergantungan pada  rokok. Akan lebih baik jika Anda sudah berhenti merokok sebelum usia 50 tahun.

Baca juga: Fakta Seputar Hipnotis untuk Menghentikan Kebiasaan Merokok

Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki setiap hal, termasuk berhenti merokok. Hanya saja, semua butuh proses dan konsistensi agar berhasil. Banyak hal positif yang akan diperoleh ketika berhenti merokok. Tubuh bisa kembali bugar dan terhindar dari penyakit kronis. Bahkan setengah risiko kematian hingga 15 tahun ke depan bisa dikurangi.

Referensi

WebMD. Hypnosis for Quitting Smoking

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit