Benarkah Olahraga Dapat Membantu Berhenti Merokok?

Dipublish tanggal: Jun 21, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 2, 2019 Waktu baca: 2 menit
Benarkah Olahraga Dapat Membantu Berhenti Merokok?

Anda sebagai seorang perokok mengetahui jika bahaya rokok sangat mengancam jiwa secara perlahan. Akan tetapi hal yang anda hadapi adalah kesulitan untuk berhenti dari aktivitas tersebut, dimana akan menimbulkan banyak gangguan secara emosional.

Gejala-gejala yang timbul akibat berhenti merokok itu sangat menguras kesabaran dan keteguhan kita dalam memegang niat awal. Dimana anda tidak bisa tidur nyenyak, sakit kepala dan menghasilkan suatu gejala depresi yang cukup menekan diri sendiri.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Anda memerlukan berbagai bantuan dan dukungan dari banyak hal. Seperti harus belajar makan makanan yang sehat, tidur dan bangun lebih awal, memilih pergaulan dan menemukan minat baru atau hobi. 

Kemudian ada pendapat yang menyebutkan jika olahraga juga berperan bagi proses pemulihan akibat berhenti merokok. Benarkah pernyataan berikut? Simak penjelasannya berikut ini.

Fungsi Olahraga Bagi Perokok

Sebuah penelitian menyampaikan jika melakukan olahraga selama 10 menit dapat mengurangi keinginan untuk menikmati nikotin.

Sebagaimana pendapat Dr. Balley bersama timnya mengadakan sebuah penelitian pada seekor tikus, yakni dengan merawat tikus tersebut selama 2 minggu menggunakan nikotin. 

Kemudian dapat disimpulkan bahwa tikus yang dimasukkan ke dalam roda putar 24 jam mengalami penurunan signifikansi pada gejala akibat penarikan mundur. Jika dibandingkan dengan kelompok yang mengalami kekurangan gerak.

Dengan demikian Dr. Balley menyimpulkan bahwa olahraga dapat mengurangi kecanduan akan nikotin. Hal itu pula yang dapat anda lakukan jika memang beberapa cara yang anda pilih tidak begitu efektif dalam menghentikan kebiasaan merokok.  

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Beberapa jenis Olahraga yang Bisa Dipilih

Apabila anda sudah bersiap untuk menjadikan olahraga sebagai cara menghentikan kebiasaan merokok. Maka anda bisa melakukan kegiatan berolahraga secara rutin setiap hari untuk mengurangi risiko tumpukan nikotin.

Meskipun terdapat gejala yang bisa membuat anda kesulitan untuk berkonsentrasi, hal itu sebagai reaksi tubuh untuk mengeluarkan jumlah nikotin dalam kurun waktu yang cukup lama. Akan tetapi anda hanya memerlukan sedikit kesabaran hingga akhirnya bisa terlepas dari ikatan dengan kecanduan rokok.

Jogging

Olahraga yang paling mudah untuk anda lakukan adalah berlari santai di sekitar perumahan atau taman kota di akhir pekan. Minimal anda berolahraga selama 30 menit setiap hari dengan jarak minimal 5 km. 

Kemudian olahraga jogging yang dilakukan secara rutin bisa membuat anda terbiasa untuk menaklukan jarak yang lebih jauh. Kemudian berdampak bagi sistem pernafasan, dimana sebelumnya rokok sudah berhasil memperburuk fungsi paru-paru itu sendiri.

Berjalan Cepat

Brisk Walking atau berjalan cepat menjadi salah satu jenis olahraga yang bisa anda lakukan sebagai alternatifnya. Dimana berjalan cepat bisa membuat anda memiliki sirkulasi darah yang lancar sehingga memberikan proses metabolisme yang baik. Selain itu fungsi jantung dan suplai oksigen akan kembali diperbaiki menuju tingkat normal.

Berenang

Efek positif yang bisa anda peroleh dari olahraga renang adalah meningkatnya fungsi paru-paru menjadi lebih normal. Selain itu anda akan memiliki kekebalan dan otot lebih fleksibel yang akan mendukung produktivitas menjadi lebih baik esok hari.

Secara psikologis anda akan merasakan jiwa dan hati yang lebih tenang, akibat interaksi tubuh dengan air dalam waktu yang cukup lama. hal tersebut dapat berdampak positif terhadap mood harian yang lebih baik.

Demikian beberapa jenis olahraga yang bisa anda pilih agar membantu proses pemulihan dari ketergantungan terhadap rokok. Pastikan anda untuk lebih bersemangat setiap hari supaya rencana anda untuk sepenuhnya berhenti merokok bisa terwujudkan dengan segera. 

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How exercise can help you to quit smoking. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/320484)
Exercise-based smoking cessation interventions among women. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5718352/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app